Cara Mendapatkan ISBN Agar Terhindar dari Agen Penipuan!

cara mendapatkan ISBN | cara mendapatkan ISBN sendiri | cara mendapatkan ISBN buku | cara mendapatkan ISBN mudah | cara mendapatkan ISBN asli

Jika Anda berencana untuk me’legal’kan buku Anda, maka Anda harus mengetahui cara mendapatkan ISBN agar tidak terjerumus oleh agen penipuan.

Cara Mendapatkan ISBN | Banyak orang mengira bahwa mendapatkan ISBN ditempuh dengan susah payah. Kebanyakan orang (terutama yang masih awam) berpikir bahwa mengurus ISBN itu sulit, sehingga mereka menyerahkannya kepada agen-agen yang membantu mengurus ISBN.

Tahukah? Biasanya agen-agen yang mengaku mengurusi ISBN biasanya meminta naskah Anda dan mengiming-imingi bahwa buku Anda akan legal. Kenyataannya, agen tersebut bisa jadi menjual naskah Anda ke penerbit buku lain dan mengganti nama penulis menjadi bukan nama Anda. Padahal buku tersebut jelas-jelas karya Anda. Kejadian ironis adalah rahasia umum bagi orang-orang yang telah malang melintang di dunia bisnis penerbitan buku.

Padahal, jika Anda mengetahui metode cara mendapatkan ISBN yang benar, maka hal itu tak akan menyusahkan kita. Yang membutuhkan upaya ekstra hanyalah akomodasi Anda nantinya. Tapi alangkah lebih baik bukan? Daripada kena tipu? Hehe

Baca juga: Berbagai alasan mengapa naskah Anda ditolak oleh penerbit!

Berikut ini tata cara mendapatkan ISBN bagi Anda yang masih awam

Pertama, siapkan kelengkapan berkas berikut ini dalam bentuk printout:

  • Mengisi formulir surat pernyataan disertai dengan stempel penerbit buku tempat Anda menerbitkan buku tersebut.
  • Membuat surat permohonan atas nama penerbit (berstempel) dari buku yang diterbitkan.
  • Mengirimkan fotokopi : – halaman judul – balik halaman judul (dapat diketahui pengarang dan penerbit buku yang bersangkutan) – daftar isi – kata

Kedua, datanglah ke Perpusnas. Perpusnas hanya berada di satu kota yaitu Jakarta. Bagi Anda yang berada di Jakarta, langsung datanglah ke Perpusnas beralamatkan di Jl. Salemba Raya 28 A/Kotak Pos 3624 Jakarta.

Lalu bagaimana dengan Anda yang berada diluar Jakarta? Atau Anda yang berada di ujung nusantara seperti sabang ataupun merauke? Akan memakan akomodasi dan tenaga yang tidak sedikit bukan?

Atau bagi Anda berada tidak jauh dari Jakarta tapi disibukkan dengan banyaknya pekerjaan atau sekedar malas dan mengingikan hal yang serba praktis, Anda dapat mengirimkan naskah Anda via faks Perpusnas di (021) 3927919; (021) 3923067.

Simak pula: Cara menulis buku biografi

Ketiga, tunggulah sejenak. Biasanya Perpusnas akan mengirimkan nomor ISBN untuk buku kita dalam rentang waktu 2 jam sampai sehari.

Keempat, setelah mendapatkan ISBN segera masukkan ke dalam buku yang akan diterbitkan.

Untuk kode barcode, kami menyarankan untuk membuat sendiri saja karena memakai aplikasi corel draw..

Kelima, kalau buku sudah dicetak kirimkanlah 2 eksemplar buku ke kepada Tim ISBN/KDT Perpustakaan Nasional RI ( Jl. Salemba Raya 28 A/Kotak Pos 3624 Jakarta), agar dapat dipantau pemakaian ISBN/KDT.

Keenam, kalau semisal Anda mengalami kesulitan dalam mengurus ISBN Anda, Anda dapat menghubungi nomor telepon (Ibaratnya customer service-nya Perpusnans) di : (021) 68293700; (021) 92920979. Berdasarkan pengalaman kami, Perpusnas sangatlah ramah dalam menjawab segala permasalahan ISBN yang terjadi pada Anda.

Demikianlah tata cara membuat ISBN jika Anda ingin mengurusnya secara mandiri. Akan tetapi, jika Anda ingin mendapatkan ISBN dengan mudah dan GRATIS, Anda seharusnya bergabung menjadi penulis di penerbit deepublish.

Penerbit deepublish menyediakan fasilitas menerbitkan buku secara GRATIS termasuk tentang pengurusan ISBN. Penulis tidak akan dikenai biaya penerbitan 1 (satu) rupiah sekalipun, karena penulis cukup mengganti biaya cetak saja. Mudah bukan? Tunggu apalagi! Ayo bergabung dengan ribuan penulis yang telah bekerjasama dengan kami!

[mag]



This post has been seen 263 times.
(Visited 57 times, 1 visits today)

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *