Cara Menerbitkan Buku: 5 Manfaat Menulis Buku Bagi Seorang Pengusaha

cara menerbitkan buku

Cara Menerbitkan Buku | Menjadi seorang pengusaha akan lebih lengkap apabila bisa menularkan virus kewirausahaan melalui menulis buku.

Cara menerbitkan buku perlu dikerjakan seorang pengusaha pada dasarnya tidak dapat dilepaskan dari perjuangannya dalam membangun karir dirinya sendiri. Tidak sedikit pengusaha yang harus jatuh bangun terlebih dahulu sebelum benar-benar mapan dalam hal usahanya tersebut. Di Indonesia pada khususnya, banyak pengusaha-pengusaha terkenal yang memulai karir usahanya dari bawah. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang mengaku menjadi pengusaha sukses dengan modal nol rupiah. Hanya bermodalkan tekad dan niat untuk sukses, seseorang pun bisa menjadi seorang pengusaha yang sukses. Cerita lain yang sering kita jumpai yaitu seorang pengusaha sukses dahulunya memiliki latar belakang kehidupan yang menyedihkan, bahkan bisa dikatakan cukup buruk. Kemudian tidak sedikit dari mereka yang bertransformasi menjadi seorang pengusaha sukses yang bisa mendapatkan jutaan rupiah dalam beberapa hari. Cerita-cerita inspiratif tersebut tentu tidak dapat dilepaskan dari media komunikasi yang disebut dengan cara menerbitkan buku. Banyak pengusaha yang menuliskan kisah hidupnya dengan cara menerbitkan buku.

Apabila kita adalah seorang pengusaha yang mandiri, maka cara menerbitkan buku bisa menjadi aktivitas pelengkap kita dalam berkarir. Cerita-cerita tentang pengusaha sukses pun sering kita jumpai melalui buku. Artinya tidak sedikit dari mereka yang memang menjadikan aktivitas menulis buku sebagai pekerjaan keduanya selain menjadi seorang pengusaha mandiri. Seorang pengusaha yang luar biasa adalah mereka yang bisa menularkan virus-virus kewirausahaannya kepada orang lain melalui buku. Sebagai contohnya, Jackie Ambadar, pemilik usaha perlengkapan bayi Le Monde, bersama dua rekan wanita pengusaha lainnya (Miranty Abidin dan Yanti Isa) berhasil membuat sebelas buku seri kewirausahaan. Hal tersebut menunjukkan bahwa mereka memiliki niat yang kuat untuk berbagi tips sebagai seorang pengusaha kepada publik. Oleh karena itu, menulis buku adalah sebuah aktivitas yang diharapkan dapat diaplikasikan oleh para pengusaha sukses Indonesia.

Secara umum, cara menerbitkan buku pada dasarnya tidak hanya bertujuan untuk mencari keuntungan berupa finansial belaka, tetapi juga memiliki tujuan yang lebih luas. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan apabila kita (sebagai pengusaha) bisa melakukan cara menerbitkan buku sebagai pekerjaan sampingan.

  1. Sebagai Marketing Tool yang Efektif | Cara Menerbitkan Buku

Buku yang kita hasilkan pada dasarnya bisa menjadi alat pemasaran yang efektif. Dengan kata lain, konten atau isi dari buku yang kita tulis bisa berupa hal-hal yang berkaitan dengan bidang yang kita geluti, termasuk dalam urusan kewirausahaan. Berkaca pada hal tersebut, maka di dalam buku tersebut dapat terkandung unsur promosi, penjelasan produk, harga, dan lain sebagainya. Tidak sedikit perusahaan yang mengakui bahwa dengan buku atau tulisan, marketing tool sebuah perusahaan menjadi lebih berkelas dan terpercaya. Bahkan buku tersebut juga bisa kita gunakan sebagai sarana untuk mempromosikan diri kita sendiri sebagai pengusaha sukses. Apabila berhasil, maka sosok kita akan lebih dikenal di kalangan masyarakat yang secara tidak langsung akan berdampak positif pada usaha yang sedang kita jalankan.

Selanjutnya, dengan cara menerbitkan buku, maka akan ada dua keuntungan sekaligus yang bisa kita dapatkan yaitu untuk mempromosikan diri kita sendiri dan produk yang kita tawarkan dalam kerangka sebagai seorang pengusaha. Semakin baik tulisan yang kita buat, maka tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kita juga akan semakin meningkat. Terlebih lagi ketika tulisan kita dirasa bermanfaat dan mudah untuk dilakukan oleh masyarakat. Oleh karena itu, cara menerbitkan buku sebagai salah satu pekerjaan tambahan ketika kita menjadi seorang pengusaha membawa dampak yang positif bagi karir kita. Selain itu, kesempatan kita untuk berkembang terkadang juga datang dari arah yang tidak terduga karena banyaknya pembaca yang bisa menikmati tulisan kita.

  1. Publikasi Diri Pemilik Perusahaan

Keuntungan lain yang bisa kita dapatkan dengan cara menerbitkan buku adalah publikasi diri kita sendiri sebagai seorang wirausaha. Bagaimana pun untuk usaha skala kecil dan menengah, nama pemilik cukup berpengaruh terhadap keberlanjutan usaha yang kita lakukan. Hal tersebut berangkat dari asumsi bahwa klien, nasabah, atau konsumen tidak hanya melihat pada perusahaannya, tetapi juga mempertimbangkan sosok pemilihnya. Apabila publikasi diri kita melalui tulisan dapat mempengaruhi mereka, maka setidaknya ada jaminan bahwa diri kita akan dikenal oleh masyarakat luas sebagai seorang wirausaha yang sukses. Kondisi tersebut secara tidak langsung nantinya akan berpengaruh juga pada barang atau jasa yang kita tawarkan kepada publik. Oleh karena itu, cara menerbitkan buku tentang diri kita sendiri menjadi salah satu rekomendasi yang patut untuk dipertimbangkan.

  1. Membangun Relasi

Relasi menjadi salah satu unsur penting dalam dunia wirausaha. Tanpa adanya relasi yang kuat, maka akan cukup sulit bagi kita untuk mengembangkan usaha kita. Kerjasama yang kita bangun dengan pengusaha lain tidak jarang disebabkan karena segurat tulisan atau sebuah buku yang kemudian dapat memberikan motivasi yang sama. Melalui buku, kita akan bisa mengenal banyak orang dari berbagai latar belakang yang berbeda-beda. Buku kita memungkinkan orang lain untuk menghubungi kita, khususnya dalam hal berwirausaha. Tidak hanya dalam urusan bisnis atau untuk memotivasi orang lain, buku kita yang tersebar di seluruh daerah juga memungkinkan orang lain untuk menjalin kerjasama wirausaha. Jadi relasi yang dibangun tidak hanya sekedar relasi konsumen dan produsen, tetapi juga lebih dari itu yaitu menjalin kerjasama usaha.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjalin relasi tersebut tidak hanya melalui buku-buku yang di jual di toko buku. Artinya kita pun sebagai seorang pengusaha dan penulis bisa secara aktif mempromosikan diri kita sendiri. Langkah tersebut bisa kita lakukan dengan cara menggunakan buku kita sebagai souvenir dalam berbagai kegiatan, baik kegiatan seminar ataupun pameran. Souvenir tersebut secara tidak langsung memungkinkan orang lain untuk mengenal kita lebih dalam lagi sehingga apabila ada kepentingan yang sama, kita bisa menjalin kerjasama lebih mendalam lagi. Langkah tersebut tentu juga menjadi terobosan baru ketika souvenir hanya berupa barang-barang yang terkadang tidak bisa menginspirasi orang lain.

  1. Mengurangi Budget Promosi

Promosi menjadi salah satu tahapan penting dan mahal yang harus dihadapi oleh seorang pengusaha, khususnya bagi mereka yang baru saja berkecimpung di dunia bisnis. Terkadang promosi harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit supaya masyarakat mengetahui produk-produk yang kita tawarkan kepada mereka. Ketika kondisi keuangan perusahaan kita belum terlalu bagus, maka kita bisa melakukan cara menerbitkan buku yang intinya secara tidak langsung mempromosikan usaha kita. Bisa jadi promosi melalui buku tersebut merupakan jalan keluar terbaik di tengah kondisi finansial yang terbatas. Selain itu, beberapa perusahaan besar juga telah melakukan hal yang sama untuk mempromosikan perusahaannya. Beberapa contoh yang bisa kita ambil yaitu ada perusahaan Starbuck dengan buku Starbuck Experience-nya dan Toyota dengan buku Toyota Ways-nya. Bukanlah hal yang asing apabila kedua tersebut mendominasi pasar dunia.

  1. Membagikan Ilmu Pengetahuan

Manfaat terakhir yang bisa kita dapatkan dengan cara menerbitkan buku adalah pahala yang sebenarnya tidak dapat dihitung secara pasti. Semua kepercayaan mengamini bahwa meskipun penulis dari sebuah buku sudah tidak ada, pahalanya akan tetap mengalir kepada penulis tersebut selama buku yang dia buat terus dibaca oleh masyarakat luas. Bahkan dengan adanya buku tersebut, tidak sedikit orang yang mengalami kejadian-kejadian yang luar biasa dan terkadang di luar nalar. Artinya alam akan mendukung usaha yang kita lakukan dan membukakan pintu rejeki dari arah yang sebenarnya tidak pernah kita duga. Terkadang kita juga tidak menyadari apabila kemudahan yang selalu kita dapat justru berasal dari buku yang bisa jadi bermanfaat bagi orang lain.

Demikian artikel berjudul Cara Menerbitkan Buku: 5 Manfaat Menulis Buku Bagi Seorang Pengusaha. Semoga bermanfaat

[Bastian Widyatama]

Referensi

Mawardi, Dodi, 2009, Cara Mudah Menulis Buku dengan Metode 12 Pas, Jakarta: Raih Asa Sukses.

 

 

Anda punya RENCANA MENULIS BUKU

atau NASKAH SIAP CETAK?

Silakan daftarkan diri Anda sebagai penulis di penerbit buku kami.

Anda juga bisa KONSULTASI dengan Customer Care yang siap membantu Anda sampai buku Anda diterbitkan.

Anda TAK PERLU RAGU untuk segera MENDAFTAR.

Silakan ISI FORM di laman ini. 🙂

 



This post has been seen 393 times.
(Visited 23 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *