Cara Menerbitkan Buku: Tonjolkan Kelebihan Buku dengan Sinopsis agar Dilirik Penerbit Buku

cara menerbitkan buku

Setelah naskah buku rampung, cara menerbitkan buku adalah dengan mengirimkan naskah kepada penerbit buku.

Cara Menerbitkan buku dengan mengirimkan naskah buku kepada penerbit buku memakan waktu yang tidak sebentar. Pada umumnya memerlukan waktu sekita tiga (3) bulan sampai mendapat kepastian dari penerbit buku, apakah naskah buku yang kita kirimkan dapat diterbitkan atau sebaliknya. Pihak penerbit buku perlu membaca terlebih dahulu isi naskah, tidak jarang naskah yang telah kita tulis harus dengan besar hati tidak lolos atau sebaliknya kita menerima kabar gembira dari editor untuk naskah buku yang lolos.

Penulis biasanya dapat mengirimkan naskah kepada penerbit buku melalui email. Setelah naskah diterima oleh penerbit, selanjutnya penerbit akan melakukan seleksi terhadap nakah yang masuk. Proses seleski terhadap naskah yang masuk ini biasa membutuhkan waktu sekitar 3-6 bulan.  Setelah itu, penerbit buku akan menginformasikan kepada penulis mengenai apakah naskah dapat diterbitkan atau tidak. Apabila naskah diterbitkan, maka selanjutnya editor akan melakukan editing dan revisi naskah. Tidak lupa sebelum itu, penerbit buku dan penulis akan membuat perjanjian terkait dengan penerbitan buku.

Lama atau tidaknya proses editing terhadap naskah buku tergantung dengan seberapa banyak tulisan yang perlu direvisi. Dimana proses revisi ini dilakukan oleh penulis sesuai dengan saran yang diberikan oleh editor. Setelah revisi selesai, maka selanjutnya akan menentukan desain dan layout buku. Ketika desain dan layout telah disetujui oleh penulis, maka buku dapat dilakukan proses pencetakan buku yang selanjutnya akan didistribusikan. Melihat rangkaian proses menerbitkan buku yang tidak sebentar, maka cara menerbitkan buku agar lebih memudahkan pada tahap proses seleksi naskah kita perlu membuat sinopsis. Penulisan sinopsis bertujuan untuk memudahkan editor memahami isi dan gambaran buku secara keseluruhan.

Cara menerbitkan buku melalui penerbit buku memakan waktu yang cukup lama, sehingga penulisan sinopsis juga menjadi penentu kelanjutan naskah buku yang kita kirim. Sinopsis adalah rangkuman yang menggambarkan keseluruhan isi buku. Kesan pertama dari sebuah buku diwakili oleh sinopsis yang kita tulis. Sehingga bukan hal berlebihan ketika mendengar “Sinopsis menjadi penentu sebuah karya”. Membuat sinopsis buku yang mampu memberikan gambaran kelebihan dan keseluruhan isi buku menjadi bagian penting sebelum menyerahkan naskah kepada penerbit buku.


Berbeda dengan penerbit umum, proses penerbitan di Penerbit Deepublish lebih cepat, bisa kurang dari 1 bulan. Peluang besar bagi naskah Anda untuk Lolos. Mari daftarkan diri Anda sebagai penulis.


Bisa kita bayangkan berapa banyak naskah buku yang diterima oleh penerbit buku dalam satu hari. Naskah-naskah tersebut harus dikaji terlebih dahulu oleh editor. Dimana editor juga memiliki keterbatasan dalam menghadapi puluhan bahkan ratusan naskah. Di sini sinopsis berperan penting sebagai bahan pertimbangan kepada editor untuk mengkaji naskah lebih lanjut atau dicukupkan. Penulisan sinopsis tidak hanya untuk buku fiksi, melainkan juga dapat ditulis untuk buku nonfiksi. Untuk membuat sinopsi yang baik dalam artian mudah dipahami dan memiliki informasi yang lengkap, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

 

1. Menggunakan Bahasa yang Efektif

Penulisan sinopsis tidak perlu menggunkanan bahasa yang berteke-tele. Pada dasarnya tidak ada batasan panjang pendek dalam penulisan sinopsis, akan tetapi yang perlu diingat, penulisan sinopsis bertujuan untuk mempermudah editor memahami keseluruhan isi buku. Maka sebaiknya ditulis dengan ringkas dan mencakup keseluruhan isi buku. Waktu editor juga terbatas untuk membaca puluhan bahkan ratusan naskah buku yang diterima. Gunakan bahasa yang mudah dipahami dan menggambarkan isi naskah.

 

2. Isi Sinopsis Informatif

Cara menebitkan buku melalui penerbit harus melalui proses panjang, bersaing dengan naskah lainnya, sehingga untuk mempermudah dan memberi kesan perlu memberikan informasi mengenai gambaran dan jenis naskah yang akan diterbitkan. Umumnya naskah yang laris sepanjang masa adalah naskah-naskah jenis: buku anak, buku agama, buku  motivasi, nove, IT terapan, bisnis, pelajaran, humor, ketrampilan praktis, dan kesehatan (Kinoysan, 2016). Terdapat perbedaan dalam penulis sinopsis buku fiksi dan non-fiksi, dimana pada penulisan sinopsis buku fiksi berisi mengenai siapa saja tokoh yang terlibat dalam cerita, siapa karakter utama dan gambaran karakter minor.  Seperti apa konflik yang dibangun, bagaimana ending dari cerita tersebut, tujuan atau pesan yang ingin disampaikan serta segmen pembaca yang diinginkan. Sementara untuk penulisan sinopsi buku nonfiksi berisi gambaran secara umum isi naskah, bagaimana penyajian materi dalam buku, apakah melalu bab demi bab?

 

3. Penulisan Sinopsis Harus Detail

Sinopsis dapat ditulis per bab yang menggambarkan naskah buku secara utuh. Meskipun demikian, tidak perlu menulis sinopsis yang terlalu panjang yang penting detail dan menggambarkan keseluruhan isi buku sehingga editor paham. Tidak perlu mencantumkan banyak kalimat yang mengutip naskah buku atau mencantum banyak dialog (untuk sinopsis fiksi). Cukup mencantumkan isi dari masing-masing bab dalam buku nonfiksi. Sekali lagi hanya cantumkan gambaran dari masing-masing bab dan gambaran cerita untuk buku fiksi.

 

4. Sampaikan Kelebihan Buku agar Dilirik Oleh Penerbit

Sampaikan kelebihan buku dibanding dengan buku sejenis lainnya. Hal ini mempermudah editor menemukan kelebihan tulisan. Misalnya topik yang menarik, ending cerita tak terduga, atau karakternya yang unik. Naskah sangat komprehensif, bahasa sederhana, detail, dilengkapi dengan data dan gambar pendukung serta mampu bersaing dengan buku sejenis di pasaran. Pencapaian terbesar seorang penulis adalah ketika tulisannya dapat dinikmati oleh banyak orang, salah satunya dengan cara menerbitkan buku.

Selamat Menulis.

Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara gratis. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang teknik menulis anda dapat melihat Artikel-artikel berikut:

  1. Inilah Cara Mengidentifikasi Penerbit Buku Ajar
  2. Teknik Menulis Buku Fiksi Sampai Penyerahkan Naskah ke Penerbit Buku
  3. Teknik Menulis: Optimalisasi Kemampuan Menulis Sehingga Naskah Diterima Penerbit Buku
  4. Trik Jitu Latihan Menulis Buku Tanpa Pusing

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS di sini!

Referensi:

  • Zainudin, Akbar, 2015. UKTUB! Panduan Lengkap Menulis Buku dalam 180 Hari. Jakarta: renebook
  • Kinoysan, Ari, 2016. Jadi Penulis Nonfiksi? Gampang Kok!. Yogyakarta: Penerbit ANDI


This post has been seen 1606 times.
(Visited 606 times, 1 visits today)

2 Pings & Trackbacks

  1. Pingback:

  2. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *