Cara Menerbitkan Buku : Cerdas Memilih Penerbit Buku

Cara menerbitkan Buku penerbit buku g025

Cara Menerbitkan Buku | Banyak penerbit buku di Indonesia yang bisa dijadikan mitra untuk buku yang ingin Anda terbitkan. Jika Anda sedang atau sudah menulis naskah tetapi belum menemukan penerbit yang tepat, maka Anda tak perlu khawatir. Tulisan ini akan membantu Anda memilih penerbit yang tepat untuk bekerjasama dalam menerbitkan naskah Anda. Apa saja yang bisa Anda lakukan untuk menemukan penerbit buku yang tepat? Uraian berikut akan menuntun Anda menemukan penerbit buku yang tepat untuk karya-karya Anda.

Cara menerbitkan buku yang tepat adalah dengan Cerdas memilih penerbit Buku

Tidak semua penerbit bisa Anda samaratakan. Masing-masing penerbit memiliki kekhususan dalam menerbitkan buku-buku. Ada penerbit buku yang terkenal karena buku populer, buku dengan tema tertentu, novel, bahkan buku ajar dan buku teks. Pertama kali yang bisa Anda lakukan adalah mencari tahu penerbit-penerbit dan genre buku yang diterbitkannya. Mencari nama penerbit yang sering menerbitkan buku seperti genre naskah buku Anda bisa dilakukan dengan mengunjungi toko buku. Jika sudah menemukan penerbit yang pas, Anda bisa mencatat alamat dan kontaknya untuk dihubungi. Mencari penerbit juga bisa dilakukan dengan menelusuri website tempat-tempat menerbitkan buku yang sesuai genre naskah Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menghubungi rekan sesama penulis yang telah menerbitkan bukunya dan memiliki bidang atau jenis naskah yang sama dengan Anda. Darinya, Anda dapat bertanya cara menerbitkan buku, juga menanyakan manakah penerbit yang cocok untuk naskah Anda dan bagaimana prosedur penerbitannya. Lebih jauh, Anda bisa mencari jawaban tentang kriteria naskah yang berpeluang untuk diterima penerbit. Anda bisa juga menanyakan kelebihan dan kekurangan penerbit untuk mempertimbangkan tujuan pengiriman naskah.

Mengikuti komunitas penulis atau grup penulisan juga tidak ada salahnya bagi Anda untuk mendapat referensi penerbit buku. Anda bisa mendapatkan banyak pengetahuan seputar cara menerbitkan buku atau info dari dunia menulis lainnya. Menjadi bagian dari komunitas atau suatu kelompok tidaklah merugi untuk dilakukan. Banyak pengalaman dan informasi dari dunia tulis-menulis yang bisa dibagikan, tak terkecuali informasi tentang penerbit buku yang bisa dijadikan mitra penulis.

Mencari dan memahami penerbit dan genre buku yang diterbitkannya akan menghindarkan Anda dari kesalahan memilih mitra untuk bekerjasama. Kesalahan memilih penerbit bisa membawa Anda pada penolakan naskah. Hal ini tentu tidak Anda inginkan, bukan? Terkadang penolakan terjadi bukan karena konten buku tidak bagus, melainkan karena ketidaksesuaian naskah dengan spesialisasi penerbit buku.

Penting juga bagi Anda untuk memilih penerbit yang termasuk dalam keanggotaan Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI). Penerbit yang telah menjadi anggota IKAPI lebih terpercaya, diakui, sah secara nasional, dan resmi. Kredibilitas dan akuntabilitasnya tinggi dalam pengelolaan bisnis pernerbitan. Penerbit buku anggota IKAPI biasanya lebih populer dan bisa membantu Anda untuk lebih gencar dalam hal promosi. Penerbit seperti itu juga seringkali turut serta dalam berbagai macam pameran buku yang diselenggarakan oleh IKAPI.

Belum cukup sampai di situ, Anda sebagai penulis juga harus jeli menentukan penerbit yang bisa bekerjasama dengan Anda. Memilih penerbit yang amanah sangat penting, sebab seringkali terjadi kegagalan dalam menerbitkan buku akibat penerbit tidak memenuhi janjinya sebagai mitra. Anda sebaiknya memilih penerbit yang memudahkan Anda dalam proses percetakan buku yang ingin Anda terbitkan.

Sebagai seorang penulis, Anda juga perlu mempertimbangkan besarnya biaya penerbitan, harga jual buku, dan royalti yang akan diterima. Akan lebih baik jika Anda memastikan bahwa buku yang Anda terbitkan nantinya memiliki nomor terdaftar ISBN/ISSN sehingga Anda tidak setengah-setengah dalam menerbitkan buku.

Melihat beberapa kriteria penerbit yang dipaparkan di atas, tidak ada salahnya jika Anda mencoba menjalin kerjasama dengan Penerbit Deepublish. Bekerjasama dengan Penerbit Deepublish akan memberikan keuntungan bagi Anda dalam menerbitkan naskah yang telah Anda tulis. Proses penerbitan buku selama kurang-lebih enam pekan sudah termasuk dua pekan proses cetaknya. Pengurusan registrasi ISBN/ISSN gratis. Pengerjaan percetakan akan disesuaikan dengan menerapkan metode pembobotan antrian dengan kecepatan dan ketepatan tinggi. Royalti yang diberikan pun lebih cenderung menguntungkan penulis.

Dalam mencetak buku, Penerbit Deepublish akan mengefisienkan biaya produksi sehingga bisa memaksimalkan royalti atau profit bagi penulis. Pencetakan buku dilakukan berdasarkan pada permintaan jumlah eksemplar sesuai yang dibutuhkan konsumen.

Di samping itu, ada suatu poin plus bagi para penulis buku ajar dan buku referensi yang memilih Penerbit Deepublish sebagai mitra. Sesuai dengan salah satu misinya, Penerbit Deepublish didirikan untuk “Menyediakan Sarana Prasarana serta Buku-Buku Pendidikan Berkualitas yang Dibutuhkan Masyarakat”. Dalam mencapai tujuannya, Deepublish hingga kini telah bekerjasama dengan 879 penulis yang sebagian besar merupakan dosen. Institusi atau perguruan tinggi yang bekerja sama dengan Penerbit Deepublish ada 224 institusi. Dengan begitu, para penulis yang juga merupakan akademisi akan banyak terbantu dalam menyediakan sarana belajar bagi mahasiswa di kampus.

Sekian Artikel “Cara Menerbitkan Buku : Cerdas Memilih Penerbit Buku” semoga artikel ini bisa bermanfaat. Selain itu Anda bisa juga membaca artikel berikut:

Bagaimana Cara Membuat Buku Ajar yang Dicintai Mahasiswa?

Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis kami, buku Anda kami terbitkan secara gratis. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini. di penerbit buku Deepublish

 

[Wiwik Fitri Wulandari]

 

Referensi:

 

  1. http://www.deepublish.co.id/penerbit/halaman/tentang-kami/1/Anggota-IKAPI
  2. http://www.deepublish.co.id/penerbit/halaman/tentang-kami/3/Juara-1-Nasional
  3. http://www.deepublish.co.id/penerbit/halaman/tentang-kami/4/Biaya-Terjangkau
  4. http://iwok.blogspot.co.id/2011/07/tips-memilih-penerbit-yang-cocok.html

 

 



This post has been seen 489 times.
(Visited 134 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *