Cara Menerbitkan Buku : Pahami dan Terapkan Proses Publikasi Berikut!

cara menerbitkan buku

Menulis buku dan menerbitkannya memang melewati proses yang panjang. Penulis harus melewati banyak tahapan untuk membuat bukunya bisa diterbitkan dan dibaca oleh banyak orang. Untuk membawa karyanya sampai ke banyak orang, seorang penulis perlu melakukan upaya lebih, tidak hanya berhenti hingga buku diterbitkan.

Penulis memiliki tugas penting lagi setelah mengetahui cara menerbitkan buku, yaitu cara mempublikasikannya.

Penulis tidak hanya berhenti setelah menulis buku dan menerbitkannya, tetapi masih perlu bekerja keras untuk mempublikasikan bukunya. Terkadang proses promosi dan publikasi memang dilakukan oleh penerbit. Namun perlu menjadi perhatian juga bahwa penulis harus memiliki andil dalam tahapan ini. Penulis juga sebaiknya membantu promosi dan publikasi bukunya sendiri. Jadi tugasnya tidak hanya menunggu royalti setelah buku selesai diterbitkan.

Dalam proses publikasi, penulis dapat melakukan berbagai hal. Berikut adalah poin-poin penting yang dapat dipersiapkan oleh penulis dalam proses publikasi bukunya.

  1. Merancang desain buku semenarik mungkin [cara menerbitkan buku]

Tidak dapat dipungkiri bahwa pembaca atau pembeli buku akan tertarik dengan bagian sampul depan, sampul belakang, dan daftar isi. Oleh karena itu, penulis sebaiknya tidak ragu untuk merancang ketiga bagian buku tersebut agar menarik hati para pembeli atau pembaca. Sebagai saran, penulis bisa menyewa jasa desainer grafis untuk mengerjakan bagian ini. Penulis juga boleh bertukar pikiran dengan desainer sampul yang bekerja padapenerbit.  Dengan begitu, ia dapat menentukan sendiri desain bukunya agar dapat menarik minat pembaca.

Menulis buku, menerbitkan, lalu mempublikasikannya memang bukan tanpa pengorbanan. Penulis terkadang perlu mengorbankan uangnya untuk membuat desain yang menarik agar memperoleh keuntungan yang besar. Sebagaimana yang kita ketahui, menyewa jasa desain grafis memang tidak murah. Namun bisa juga penulis memaksimalkan kerja desainer sampul agar dapat membuat desain cover semenarik mungkin.

 

  1. Membagikan buku secara gratis dan meminta pembaca menulis resensi [cara menerbitkan buku]

Penulis tidak hanya perlu memikirkan penjualan buku dan promosi bersama penerbit. Penting juga bagi penulis untuk membagikan bukunya kepada siapapun. Penulis bisa membagikan bukunya kepada orang-orang terdekat yang berminat dengan buku tersebut terlebih dahulu. Setelah itu, penulis bisa meminta mereka sebagai pembaca untuk menuliskan resensi di amazon.com.

Adanya resensi tersebut kemungkinan dapat menaikkan angka penjualan buku. Pembeli biasanya akan mengandalkan resensi pada laman tersebut untuk mengetahui gambaran isi buku. Jika buku yang diterbitkan memiliki resensi dapat dipastikan bahwa penjualannya akan lebih baik daripada buku yang tidak diresensi.

 

  1. Mendapatkan contoh buku sebelum dicetak [cara menerbitkan buku]

Setelah menulis buku, penulis dapat mencoba mencetak satu eksemplar bukunya. Hal sangat penting untuk penulis untuk meninjau kekurangan yang ada pada buku. Penulis perlu memeriksa apabila ada kekurangan, revisi, bahkan tambahan konten sebelum buku dicetak dalam jumlah yang banyak. Selanjutnya, penulis dapat memantapkan hati agar bukunya bisa dicetak dalam jumlah yang banyak.

 

  1. Promosi dan publikasi dengan benar [cara menerbitkan buku]

Sama halnya dengan menulis buku, penulis juga harus mempublikasikannya dengan baik. Tidak hanya bermodal tulisan yang berkualitas dan cepat selesai saja, penulis juga harus gigih untuk membuat bukunya diminati di pasaran. Pada tahapan ini penulis perlu melakukan upaya publikasi dengan baik. Ia harus gencar mempromosikan bukunya agar banyak dibeli dan dibaca orang. Buku yang dipublikasikan dengan baik dan benar akan mendapatkan keuntungan bagi penulisnya. Walaupun buku yang ditulis sudah sangat bagus, tetapi sia-sia saja jika angka penjualannya rendah karena tidak dipromosikan dengan baik.

Promosi buku dapat penulis lakukan melalui siaran pers, blog, website, media sosial, dan lain sebagainya. Pastikan penulis memasarkan bukunya dan memastikan banyak orang untuk membelinya. Penulis juga bisa masuk ke sebuah kelompok penulis indie atau penerbit mandiri. Dalam sebuah kelompok penulis, ia akan memperoleh banyak masukan mengenai bukunya.

 

  1. Mendaftar semua buku di amazon.com [cara menerbitkan buku]

Penulis perlu membuat daftar semua buku di amazon.com. Ia perlu meluangkan waktu untuk menulis “komentar penerbit” dan memastikan bahwa komentar tersebut tertulis dengan baik dan bertata bahasa sempurna. Dengan begitu calon pembeli dapat menentukan akan membeli bukunya atau tidak. Kemudian penulis juga dapat membuat deskripsi buku yang ditulisnya sebagus mungkin agar menarik pembeli. Tidak perlu deskripsi yang panjang, ia cukup menulis dengan ringkas dan tegas tetapi bermakna serta menarik.

Penulis pun dapat membuat situs web dan menghubungkannya dengan toko buku Amazon. Dengan begitu, ia telah melakukan publikasi sekaligus pada dua laman. Hal ini juga memungkinkan lebih banyak pengunjung laman yang bisa jadi membeli bukunya.

 

  1. Memastikan proofreading [cara menerbitkan buku]

Proofreading harus dipastikan secara menyeluruh oleh penulis. Ia harus memastikan juga bahwa bukunya tidak mendapat resensi yang jelek karena kesalahan pengetikan dan/atau berformat buruk. Penulis bisa bekerjasama dengan editor untuk melakukan pekerjaan ini. ia bisa membuat ulasan yang sempurna.

 

  1. Tidak mencetak terlalu banyak buku [cara menerbitkan buku]

Alangkah baiknya jika penulis tidak mencetak buku terlalu banyak. Mencetak terlalu banyak berarti membayar terlalu mahal dan belum tentu mendapatkan banyak keuntungan.

 

Dengan mencoba tips di atas, penulis dapat mendulang kesuksesan dalam menulis dan buku. Ia hanya bermodal aktif untuk melakukan promosi melalui internet, terutama jejaring sosial. Ia juga dapat membangun jaringan dengan orang-orang yang akan membaca karyanya untuk turut mempromosikan buku yang ditulisnya. Paling tidak, ia terus berjuang menjual karyanya dan tidak hanya berhenti bekerja setelah bukunya terbit.

Apakah Anda sedang atau ingin menerbitkan buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara gratis. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang cara menerbitkan buku  anda dapat melihat Artikel-artikel berikut:

  1. Cara Menerbitkan Buku sendiri Menggunakan Sistem Self Publishing sebagai Alternatif Jitu
  2. Mengapa Naskah Saya Ditolak Penerbit? | Cara Menerbitkan buku
  3. Cara menerbitkan buku dengan 5 Rahasia Agar Penerbit Buku Melirik Naskah Kita
  4. Cara Menerbitkan Buku Sendiri | Jika Skripsi Anda Bagus, Mengapa Tidak Dibukukan?

Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS disini!

Referensi:

  1. http://id.wikihow.com/Menerbitkan-Sendiri-Buku-Anda

 

 

[Wiwik Fitri Wulandari]



This post has been seen 580 times.
(Visited 108 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *