Promo Terbatas! ⚠️

Cetak buku diskon 35%, bonus tambahan eksemplar dan gratis ongkir se-Indonesia, MAU? Ambil diskon di sini!

⚠️ Cetak buku diskon 35% dan gratis ongkir se-Indonesia, MAU? Ambil diskon di sini!

10 Cara Mengisi Waktu Luang yang Menghasilkan Uang

cara mengisi waktu luang

Memiliki waktu luang yang lumayan bisa disebut sebagai rejeki atau berkah, tetapi beberapa orang merasa menjadi tidak produktif. Jika merasakan hal seperti ini, tidak ada salahnya menerapkan salah satu cara mengisi waktu luang yang menghasilkan uang. 

Sebab ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di waktu luang dan kemudian memberi pemasukan tambahan. Jika Anda bisa menerapkan hal ini maka dijamin akan merasa lebih produktif dan kesehatan finansial pun semakin terjamin. Simak cara isi waktu luang yang bercuan!

Cara Mengisi Waktu Luang yang Menghasilkan Uang

Ada banyak cara mengisi waktu luang bisa diterapkan, beberapa diantaranya bisa memberikan uang atau penghasilan. Jadi, jika selama ini merasa memiliki waktu luang yang cukup banyak dan bingung hendak diisi kegiatan apa. 

Tidak ada salahnya diisi dengan kegiatan yang bermanfaat dan memberikan penghasilan. Pilihannya pun beragam, dikutip dari berbagai sumber, berikut cara mengisi waktu luang yang menguntungkan:

1. Bergabung Program Net Promoter 

Cara yang pertama adalah dengan bergabung sebagai Mitra Plus di program Net Promoter Penerbit Deepublish. Lewat program ini, siapa saja berkesempatan menjadi mitra yang menghubungkan penulis dengan Penerbit Deepublish. 

Cukup memanfaatkan gadget dan media sosial, Anda bisa menjaring banyak penulis yang berpotensi menggunakan jasa Penerbit Deepublish. Setiap mitra akan diberi pendampingan dan marketing kit untuk hasil lebih optimal. 

Lewat cara ini, Anda bisa mengisi waktu luang dengan bertemu dan berkomunikasi dengan orang baru. Bahkan bisa memperbaiki silaturahmi dengan semua orang yang dikenal selain mendapat komisi sampai belasan juta per bulan. 

Berminat? Gabung jadi Mitra-Net Promoter Deepublish dan hasilkan penghasilan jutaan per bulan!

2. Membuat Kerajinan Tangan 

Cara mengisi waktu luang yang menghasilkan uang kedua adalah membuat kerajinan tangan. Baik pria maupun wanita bisa membuat kerajinan tangan apapun yang dikuasai dan disukai. 

Selain mengusir rasa bosan di waktu luang yang panjang, hasil kerajinan tangan kemudian bisa dijual dan menghasilkan uang. Tidak ada salahnya dicoba untuk dipasarkan, karena produk kerajinan tangan punya penggemar yang luas. 

3. Menulis Buku 

Jika Anda memiliki waktu luang dan kemudian juga suka menulis, maka bisa diisi dengan kegiatan tersebut. Anda bisa mempertimbangkan untuk menulis karya tulis apapun. Jika ingin menghasilkan uang, maka karya tulis yang bisa menghasilkan uang. 

Misalnya menulis cerpen kemudian dikirimkan ke redaksi koran atau majalah, sehingga bisa mendapatkan fee atau pemasukan. Pilihan lain adalah menulis buku dan menerbitkannya ke penerbit kredibel. 

Kenapa buku? Sebab menerbitkan buku membantu Anda mendapatkan pemasukan dalam bentuk royalti. Bahkan, royalti ini bisa menjadi passive income karena bisa terus cair selama buku terus di order oleh para pembaca. 

4. Menulis di Blog 

Pilihan lain untuk Anda yang gemar menulis, adalah menulis di blog. Cukup buka gadget atau perangkat komputer di rumah. Selama terhubung ke internet maka bisa digunakan untuk membuka alamat  blog pribadi. 

Anda bisa mengisi waktu luang untuk menulis blog. Jika nyaris setiap hari punya waktu luang setidaknya 1 atau 2 jam maka cocok diisi dengan kegiatan menulis blog. Selain bisa mengungkapkan isi pikiran dan perasaan. 

Tulisan Anda di blog bisa mengundang lebih banyak pengunjung untuk membaca. Lambat laun jumlah pengunjung semakin banyak sehingga bisa ikut lomba blog atau menyewakan space iklan. Sehingga bisa mendapat penghasilan tambahan. 

5. Menjadi Penulis Lepas 

Satu lagi aktivitas menulis yang bisa dilakukan sebagai cara mengisi waktu luang yang menghasilkan uang, yakni menjadi penulis lepas. Bedanya, disini Anda akan terikat oleh kewajiban menulis. 

Baik dari perusahaan tempat Anda menjadi penulis lepas di dalamnya, maupun dari proyek karya tulis yang didapatkan sebagai freelancer profesional. Meskipun begitu, Anda cukup diam di rumah dan membuat tulisan sesuai ketentuan klien atau perusahaan. 

Lewat aktivitas ini, Anda bisa menerima penghasilan tambahan dan bahkan bisa lumayan. Apalagi sudah ada banyak situs freelancer yang menghubungkan Anda dengan klien dari luar negeri, dimana mata uangnya berbeda dan bernilai tinggi saat di-Rupiah-kan. 

Baca Juga: Rekomendasi Kerja Sampingan Online dan Berkelanjutan

6. Membuat Vlog 

Cara berikutnya untuk mengisi waktu luang dan menghasilkan uang adalah dengan membuat vlog. Apa itu vlog? Vlog adalah sebuah blog, di mana terdapat konten berupa video di dalamnya dan nantinya akan diunggah melalui situs berbagi video seperti YouTube. 

Orang yang gemar dan rutin membuat vlog disebut vlogger. Jika diunggah di YouTube maka ada kesempatan untuk dimonetisasi dan memberi penghasilan. Semakin banyak yang menonton videonya, semakin tinggi penghasilan yang diterima. 

Adapun rekaman video yang dibuat bisa apa saja. Jika Anda sering memasang, maka aktivitas di dapur ini bisa direkam dan diunggah. Jika Anda ingin membagikan rutinitas, maka bisa merekam keseharian dan diunggah ke YouTube. 

7. Jualan Pulsa dan Kuota Internet 

Cara mengisi waktu luang sekaligus memberi penghasilan selanjutnya adalah jualan pulsa dan kuota internet. Anda bisa memanfaatkan teras rumah, garasi, dan bagian rumah lain yang bisa diberi meja kecil atau etalase kecil. 

Kemudian Anda bisa memasang poster yang menjelaskan ada konten pulsa dan kuota internet. Sambil mengisi waktu luang, Anda bisa menjaga konter mini tersebut dan menunggu pembeli datang yang mayoritas adalah tetangga sekitar rumah. 

8. Buka Jasa Titip 

Jika Anda suka belanja dan tidak ingin boros, ada baiknya memenuhi hasrat belanja tanpa keluar uang. Bagaimana caranya? Anda bisa membuka jasa titip terutama jika tinggal di kota besar dan dekat dengan tempat belanja ikonik. 

Entah itu tempat belanja oleh-oleh khas kota Anda, tempat belanja populer seperti IKEA atau yang lainnya, dan sebagainya. Anda bisa mengisi waktu luang dengan membuka jasa titip di media sosial atau grup chat di WhatsApp dan Telegram. 

Setelah order terbentuk, baru berangkat ke tempat belanja dan membelikan barang-barang yang diorder. Puas belanja, Anda tidak kehilangan uang malah mendapat uang dari jasa titip yang dibuka. 

9. Membuat Kue 

Anda punya hobi membuat kue? Pertimbangkan untuk dijadikan cara mengisi waktu luang yang menghasilkan uang. Anda bisa sengaja membuat aneka kue yang disukai dan pembuatannya dikuasai dengan baik di tengah waktu luang. 

Hasilnya bisa dijual dengan ditawarkan ke orang terdekat atau lewat media sosial. Opsi lain, membuka pemesanan kue sehingga saat ada orderan bisa dibuat langsung saat waktu luang dimiliki. Menarik, bukan? 

10. Mengambil Foto 

Terakhir, Anda bisa mengisi waktu luang dengan mengambil foto. Baik itu memakai smartphone biasa maupun dengan gadget khusus untuk memotret seperti kamera mirrorless sampai DSLR. 

Foto yang Anda ambil bisa pemandangan di sekitar rumah atau di dalam rumah, memotret aneka bahan makanan dan bumbu dapur, dan sebagainya yang mudah ditemui. Hasil foto silahkan dijual di situs jual beli foto seperti ShutterStock, Anda akan menerima uang dari aktivitas sederhana ini. 

Itulah beberapa cara mengisi waktu luang yang menghasilkan uang dan menarik untuk dicoba. Jangan sia-siakan waktu luang Anda. Istirahat boleh, tapi kalau juga diisi dengan aktivitas yang bisa menambah pendapatan, kenapa tidak?

Bagikan artikel ini ke rekan Anda yang bercita-cita financial freedom dengan klik tombol share. Perbanyak keran pendapatan, hidup tenang kemudian.

Mau menulis tapi waktu Anda terbatas?

Gunakan saja Layanan Parafrase Konversi!

Cukup siapkan naskah penelitian (skripsi, tesis, disertasi, artikel ilmiah atau naskah lainnya), kami akan mengonversikan jadi buku yang berpeluang memperoleh nomor ISBN!

Satu tanggapan untuk “10 Cara Mengisi Waktu Luang yang Menghasilkan Uang”

Terimakasih infonya, sangat membantu saya yang mau memulai mengisi waktu luang untuk sesuatu yang menghasilkan income.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

logo deepublish

Penerbit Deepublish adalah penerbit buku yang memfokuskan penerbitannya dalam bidang pendidikan, pernah meraih penghargaan sebagai Penerbit Terbaik pada Tahun 2017 oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).

Kritik/Saran Pelayanan  : 0811-  2846 – 130

Alamat Kantor

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581

Telp/Fax kantor : (0274) 283-6082

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© 2024 All rights reserved | Penerbit Buku Deepublish - CV. Budi Utama