Mudah Kok, Beginilah Cara Menulis Buku Biografi

cara membuat biografi guru penerbit deepublish

Terdapat beragam jenis buku. Mulai dari buku jenis novel, cergam, komik, karya ilmiah, biografi, dan masih banyak lainnya. Dari banyaknya jenis buku, buku biografi salah satu yang menarik untuk dikulik.

Biografi merupakan jenis buku yang menceritakan tentang kisah atau keterangan kehidupan seseorang. Sebuah biografi lebih kompleks daripada sekadar daftar tanggal lahir atau mati dan data-data pekerjaan seseorang. Biografi juga bisa bercerita tentang perasaan yang terlibat dalam mengalami kejadian-kejadian. Biografi bisa ditulis oleh siapa saja, namun jika biografi ditulis sendiri oleh tokohnya dinamakan autobiografi.

Cara menulis buku biografi pun tidak bisa disamakan saat menulis artikel biasa. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya pesan dalam buku biografi dapat tersampaikan dengan baik. Tantangan menulis buku biografi adalah bagaimana rangkaian kata demi kata dapat mengungkapkan riwayat hidup seseorang. Cara menulis buku biografi dapat dilakukan dengan dua cara, yakni si penulis menulis bukunya sendiri atau yang disebut dengan autobiografi atau buku biografi ditulis oleh penulis lain.

cara membuat buku biografi diri sendiri penerbit deepublish

Sisi menarik dari buku biografi adalah isinya yang mengungkap fakta-fakta dari kisah hidup seseorang secara lebih lengkap. Oleh karena itu, menulis buku biografi sebenarnya merupakan aktivitas memindahkan cerita lisan ke dalam tulisan dari kisah hidup seseorang yang kita angkat. Tidak mengherankan apabila buku biografi berisi berbagai kisah nyata hidup seseorang yang kemudian didramatisir dengan foto-foto nyata dari tokoh yang diangkat. Hal tersebut dilakukan supaya daya imajinasi pembaca juga mengikuti alur tulisan yang kita buat.

Selain itu, supaya isi dari buku biografi dapat mengena ke pembaca, maka kit aperlu melakukan analisis terhadap kisah dan kejadian-kejadian dalam hidup seseorang. tokoh yang ditulis. Kita perlu mencari poin penting apa saja yang akan disampaikan. Kita tidak selalu menceritakan secara gamblang kisah hidup seseorang dari lahir hingga usia tertentu. Kita hanya perlu mengambil satu sisi saja dari tokoh yang kita angkat. Untuk lebih menarik pembaca, kita juga bisa mengambil tema tentang kisah awal masa susah, ambisi, motivasi, riwayat sukses, pemikiran politik, dan lain sebagainya. Yang terpenting kita bisa menemukan hubungan atau arti dari tindakan yang dilakukan oleh tokoh yang kita angkat. Kita dapat melihat sudut pandang dari berbagai tindakan yang dilakukan tokoh tersebut.

Pada dasarnya menulis buku biografi tidak terbatas pada tokoh terkenal semata. Kita juga bisa kok menulis tokok yang tidak terkenal dengan tips-tips khusus. Justru akan menjadi sebuah tantangan bagi penulis untuk menulis buku biografi sosok yang belum terkenal. Buku biografi yang mengangkat tokoh yang tidak terlalu terkenal cenderung bercerita mengenai satu atau lebih tempat atau masa tertentu.

isi buku biografi penerbit deepublish

Pada proses penyusunannya, kita terlebih dahulu harus mengumpulkan data atau referensi melalui teknik wawancara atau pengumpulan bahan literatur. Pengumpulan bahan literatur tersebut bisa diperoleh dari berbagai informasi yang tersedia di media atau orang-orang terdekatnya. Kita bisa mencari dari kliping, surat kabar, majalah, ataupun internet. Kita juga bisa menggunakan teknik wawancara kepada tokoh bersangkutan atau orang-orang terdekat si tokoh. Teknik wawancara bertujuan untuk menggali berbagai informasi yang lebih mendalam terhadap tokoh yang kita angkat. Apabila tokoh yang kita angkat sudah meninggal, maka wawancara bisa dilakukan dengan orang atau kerabat dekat dari tokoh yang kita angkat. Berbicara tentang cara menulis buku biografi, terdapat berbagai cara yang bisa kita lakukan. Berikut ini merupakan cara-cara menulis buku biografi yang perlu Anda ketahui.

Tentukan Tokoh

Hal pertama yang harus dipikirkan saat menulis buku biografi adalah tokoh yang ditulis. Berbeda dengan dengan autobiografi, dalam buku biografi Anda harus mengkonfirmasi terlebih dahulu siapa tokoh yang akan Anda tulis. Apakah masih hidup ataupun sudah wafat, pertimbangannya daripada keduanya sangat berbeda. Maka sebelum menulis buku biografi, pertimbangkan dulu tokoh siapakah yang tepat.

Tentukan Bahan

Setelah mengetahui sosok siapa yang akan ditulis, langkah selanjutnya kumpulkan bahan-bahan untuk mendukung informasi dalam tulisan kita. Kumpulkan bahan utama dan pendukung sebanyak-banyaknya. Pada sesi pertama ini Anda dapat berfokus kepada kuantitas bahan terlebih dahulu. Biasanya dibutuhkan waktu 2 sampai satu bulan penuh untuk mendapatkan segala sumber untuk penulisan biografi. Waktu dapat lebih singkat ataupun lebih lama tergantung tingkat eksitensi dan influensi tokoh tersebut. Sumber data juga dapat berasal dari video, foto-foto jurnal, dan hardcopy atau softcopy.

Temukan Fakta-fakta Utama

Setelah menemukan bahan, temukan fakta-fakta unik, menarik, dan utama dari kisah hidup seorang yang kita angkat. Fakta tersebut menjadi penting untuk diungkap karena peristiwa penting tersebut dapat berdampak pada kehidupan, baik tindakan atau pemikiran dari tokoh yang kita angkat.

Tentukan Bagian Penting

Selanjutnya, aspek penting lain yang perlu kita ketahui adalah menentukan bagian penting dari kehidupan tokoh yang kita angkat. Berhubung buku yang kita buat adalah model biografi, maka menjadi penting bagi kita untuk menceritakan kisah hidup seseorang secara kronologis. Artinya waktu menjadi salah satu indikator yang bisa kita gunakan untuk mengurutkan setiap peristiwa yang dialami oleh tokoh yang kita angkat.

Tentukan Daya Tarik Tokoh yang Kita Angkat

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan daya tarik dari tokoh yang diangkat. Terlepas dari terkenal atau tidaknya tokoh yang kita angkat, kita harus memiliki argument kuat mengapa tokoh yang kita pilih perlu diangkat. Dengan kata lain, mengapa masyarakat perlu tahu tentang tokoh yang akan kita angkat tersebut. Misalnya, bagaimana pemikiran demokrasi Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Sebagian besar mungkin kita menilai bahwa seorang sultan adalah sosok feodal dengan sistem monarki, namun berbeda ketika kita membaca kisah Sri Sultan HB IX yang menjunjung pemikiran demokrasi.


Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara GRATIS. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini. atau Anda bisa langsung Kirim Naskah dengan mengikuti prosedur berikut ini: KIRIM NASKAH

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang buku biografi, Anda dapat melihat artikel-artikel kami berikut:

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS disini!

Kontributor: Novia Intan



This post has been seen 122 times.
(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.