Cara menyalurkan hobi menulis – Ingin menjadi seorang penulis? Tetapi tidak pernah terwujud karena sulit? Tenang, pada kesempatan kali ini saya akan berbagai pengalaman cara menyalurkan hobi menulis yang sifatnya menguntungkan. Tentu saja bentuk keuntungan ini tidak hanya menguntungkan secara personal branding, tetapi juga menguntungkan secara finansial. 

Pastinya sudah tidak sabar bukan, gimana sih cara menyalurkan hobi menulis yang efektif? Simak ulasan berikut. 

download ebook gratis

Cara Menyalurkan Hobi Menulis

cara menyalurkan hobi menulis

1. Menulis Narasi Untuk Youtube 

Cara menyalurkan hobi menulis narasi untuk youtube ini wajib kamu coba. Apalagi sekarang youtube di Indonesia sedang naik daun. Sayangnya di sini tidak hanya membutuhkan kemampuan menulis, tetapi juga membutuhkan kemampuan membuat video juga. Cara ini lebih cocok buat kamu yang memang sudah memiliki channel youtube. 

Atau jika Anda tidak tertarik membuat video atau channel youtube. Jaman sekarang Anda bisa menawarkan diri sebagai penulis narasi untuk para youtuber. Apalagi jaman sekarang banyak youtuber yang memang mencari jasa menulis narasi. Hanya saja jika menawarkan jasa membuat narasi, Anda hanya akan dibayar saat itu juga. 

Sebaliknya, ketika Anda memiliki channel sendiri sekaligus bisa membuat video, Anda akan mendapatkan uang dari google adsanse. Hanya saja lebih untuk sampai bisa mendapatkan uang dibutuhkan waktu dan perjuangan keras. Ingat, segala sesuatu harus diperoleh dengan pengorbanan dan kerja keras. Tidak ada yang dihasilkan secara instan. 

2. Menulis di Blog / Website

Cara menyalurkan hobi menulis yang lebih mudah dan tidak perlu membuat video. Anda bisa menyalurkan dengan membuat blog. Kini membuat blog tidak selalu mahal. Banyak portal yang menyediakan blog gratis. Misalnya google dan wordpress, keduanya menawarkan template blog gratis. Jadi Anda cukup bisa mengisi. 

Ini cocok buat Anda yang bingung mau menyalurkan tulisan Anda kemana. Sayang bukan jika tulisan Anda hanya ditumpuk dan hanya Anda yang membacanya. Padahal jika tulisan tersebut dipublikasikan di blog, akan banyak orang yang akan membaca dan mendapatkan manfaat dari tulisan yang Anda cari. 

Nah, ketika Anda membuat blog, meskipun gratisan, Anda pun juga bisa mendapatkan pemasukan uang juga dari adsense loh. Nah, tentu saja cara untuk sampai bisa menghasilkan uang seperti itu kamu bisa kepo sendiri “cara blog menghasilkan uang adsense” di google sudah tersebar bak kacang goreng.

Baca juga : 5 Manfaat Hobi Menulis Yang Sering Diabaikan Tapi Sangat Penting

3. Menulis di Surat Kabar 

Jika Anda memiliki daya analisa tinggi dan memiliki pendapat sendiri terhadap topic yang sedang hangat. Maka cara menyalurkan hobi menulis yang bisa dicoba adalah mengirimkan opini ke surat kabar. Tentu saja agar tulisan dimuat, tulisan tersebut harus sesuai dengan kriteria penilaian dari pihak surat kabar tersebut.

Biasanya surat kabar memberikan aturan main penulisan kata maksimal di kolom opini. Nah, setiap surat kabar satu dengan yang lain pun memiliki aturan yang berbeda-beda. Setiap tulisan yang dimuat, nanti akan mendapatkan honor. Jumlah honor juga berbeda-beda tiap surat kabar. Tergantung dari jangkauannya. Apakah tingkat regional atau tingkat nasional. 

Sayangnya cara menyalurkan hobi menulis di surat kabar persaingannya ketat. Karena ada banyak penulis yang juga mengirimkan tulisannya di surat-surat kabar. Jadi, ketika tulisan dimuat, harap jangan putus asa. Tetap mencoba, anggap ini sebagai ajang latihan menulis.

4. Menulis Buku 

Cara menyalurkan hobi menulis lewat menulis buku juga bisa dijadikan alternatif pilihan. Nah, cara ini mungkin lebih berat. Karena konteks nya tidak menulis satu atau lima lembar. Tetapi menulis berpuluh-puluh lembar halaman. Tentu saja dari segi waktu, akan menguras banyak waktu dan membutuhkan konsentrasi lebih tinggi dan biaya riset atau tenaga. 

Sama ketika menulis menulis di surat kabar. Menulis buku juga butuh seleksi dari pihak redaksi penerbit buku. Buku yang di ACC biasannya aka nada tahap revisi, sebelum masuk ke tahap editing dari pihak penerbit. Barulah setelah selesai segala sesuatunya, penulis akan mendapatkan honor. 

Honor menulis buku dengan honor menulis di surat kabar tentu saja berbeda. Ada dua sistem pembayaran saat menulis buku, yaitu sistem royalti dan jual putus. Terkait dua sistem tersebut, Anda bisa spoiler di artikel-artikel sebelumnya yang ada di penerbitdeepublish.com tentu saja dari segi nominal, jauh lebih besar dibandingkan honor menulis di surat kabar.

5. Menulis Skenario 

Cara menyalurkan hobi menulis lewat menulis skenario juga bisa dicoba. Kalau cara ini lebih cocok dipraktekan buat Anda yang suka dengan dunia perfilman. Nah, selama ini kita lebih cenderung menonton film, drama, talk show di televisi bulan? Nah, jika Anda memiliki hobi menulis, tidak ada salahnya jika menjadi penulis script. 

Salah satunya menulis script untuk sinetron atau FTV. Dimana menulis script tersebut disebut sebagai penulis skenario. Nah, dalam penulisan skenario caranya jauh berbeda ketika menulis artikel, menulis buku ataupun menulis narasi di youtube loh. Ketika menulis skenario ada elemen-elemen yang itu membantu para pemain untuk memahami isi scenario yang Anda tulis. 

Sekaligus memudahkan sang sutradara memetakan tempat lokasi syuting dan waktu pengambilan syuting yang pas. Jadi saat menulis skenario ada elemen Eks dan Int yang menunjukan lokasi syuting tersebut berada di luar ruangan (eks) atau di dalam ruangan (Int). Kode Eks dan Int ini wajib ditulis agar tidak terjadi kerancuan. 

Begitupun ketika menuliskan percakapan dialog juga ada format penulisannya. Jadi penulisan scenario yang enak dibaca tidak menggunakan program Ms word biasa loh. Barangkali Anda tidak tahu? Sama saya pun dulu juga tidak tahu. Saya tahu ilmu ini pun setelah mengikuti kursus scriptwriter selama 1 semester. 

Oh iya, dalam menulis skenario Anda bisa menggunakan aplikasi Final draft yang bisa kamu download gratis di internet. Di sana sudah ada elemen-elemen yang akan membantu Anda menuliskan imajinasi kamu. Oh iya, dalam satu lembar script, juga memiliki durasi loh. Jadi satu halaman itu sama dengan 1 menit. Jadi jika ingin membuat film selama 1 jam, bisa dihitung sendiri. 

Sebenarnya menyalurkan hobi menulis lewat skenario film ada banyak sekali ilmu yang akan kamu dapatkan. Tentu saja cara penulisannya baru dan berbeda daripada yang lain. 

Baca juga : 5 Cara Mudah Mengembangkan Bakat Menulis

Nah, itulah cara menyalurkan hobi menulis yang sebenarnya bisa Anda coba. Tentu saja Anda baru bisa mencobanya setelah Anda mengetahui betul potensi dan kesenangan Anda. Apakah Anda senang menulis semacam opini di surat kabar? Atau ingin menulis skenario atau menulis yang sifatnya santai tetapi berpenghasilan kecil. 

Sebenarnya semua cara menyalurkan hobi menulis di atas dari segi uang relative. Semuanya ada baik dan buruknya. Apapun itu, semoga cara di atas memberikan ilmu baru tentang dunia tulis menulis. (Irukawa Elisa)