Rahasia Menulis Makalah Disertai Contoh Daftar Pustaka Makalah

rumus daftar pustaka

Bingung ingin menulis daftar pustaka sekaligus tidak tahu contoh daftar pustaka makalah yang baik dan benar? Tenang, sekarang era teknologi semakin canggih. Anda dapat menemukannya banyak di internet. Tidak hanya itu, anda pun bisa juga bisa mencari referensi bagaimana cara menulis judul. Berbicara tentang makalah dan bagaimana menulis daftar pustaka? Anda bisa simak di paparan dibawah ini.

Ketika Anda membaca contoh daftar pustaka makalah dibagian akhir setiap makalah, apa yang Anda dapatkan? Bagi yang sudah tahu, mungkin bingung ingin menulis dengan tema yang seperti apa. Sebaliknya, bagi yang belum tahu apa itu makalah, pertanyaan yang muncul adalah, bagaimana membuat makalah yang baik benar.

Namun, sebelum menyantumkan contoh daftar pustaka makalah, terlebih dahulu akan mengulas beberapa keuntungan menulis makalah. Apa saja, berikut ulasannya.

Mengenal Lebih Jauh Makalah – Contoh Daftar Pustaka Makalah

1. Pengertian Makalah

Nah, karena sebelum bisa menulis dan menunjukan contoh daftar pustaka makalah, Anda harus tahu bagaimana cara membuat makalah yang baik dan benar. Jangankan membuat makalah, melihat makna makalah itu sendiri saja kadang tidak tahu. Menurut KKBI makalah adalah tulisan yang diseminarkan atau dibacakan didepan umum. Pembacaan makalah tersebut juga dapat diterbitkan. Khusus makalah yang ruang lingkupnya untuk pelajar dan mahasiswa, makalah dapat diartikan sebagai karya tulis atau laporan hasil penelitian atau hasil dari pelaksanaan tugas dari sekolah maupun dari Perguruan Tinggi.

Dari sudut kacamata lain, makalah menurut W.J.S Poerwadarminta diartikan sebagai uraian tertulis yang mengulas tentang permasalahan, tema atau topik yang sengaja ditulis secara tersistematis dan ditulis berdasarkan analisis yang ogis dan objektif.

Jika selama ini kita mengenal bahwa contoh daftar pustaka makalah memiliki unsur terpenting, maka ketika menulis makalah itu sendiri juga memiliki standarisasi. Badan tandarisasi Nasional (BSN) mengungkapkan bahwa makalah yang baik setidaknya memiliki beberapa syarat, yang ditulis karena tulisan tersebut merupakan bagian pemikiran sendiri, masih asli atau belum pernah dipublikasikan. Adapun syarat lain, yaitu mengandung unsur kekinian yang tetap menonjolkan sifat keilmiahan.

2. Karakteristik Makalah

Setiap disiplin ilmu atau cabang, pastinya memiliki karakteristiknya masing-masing. Karakteristik yang paling dasar, makalah tersebut fokus atau menelaah tema atau topic yang sudah ada, kemudian dibuat laporan. Tentu saja, laporan tersebut dilaporkan berdasarkan aksi kegiatan atau tindakan nyata dari pihak penulis.

Karakteristik makalah seperti yang disinggung sebelumnya bahwa syaratnya makalah untuk dosen wajib dipresentasikan dalam bentuk diskusi, seminar dan sidang. Sedangkan untuk bagian pokok yang ada di dalam makalah itu sendiri harus lengkap. Dikatakan lengkap apabila susunan tersebut meliputi pendahuluan, isi dan kesimpulan.

3. Kategori Makalah

Dalam penulisan daftar pustaka ada kategori penulisan daftar pustaka. Ada daftar pustaka yang ditulis berdasarkan sumber referensi. Contoh daftar pustaka makalah, yang diambil dari makalah, ada juga yang diambil dari buku. Begitupun dalam penulisan makalah, juga ada beberapa kategori.

Ada tiga kategori makalah. Pertama makalah deduktif yang kajian teoritis dilakukan secara relevan dengan permasalahan sekarang sedang dibahas. Kedua, makalah induktif, yaitu makalah yang ditulis secara empiris dan objektif, sesuai dengan data yang diperoleh penulis. Tentu saja data tersebut haruslah relevan dengan pembahasan. Terakhir makalah campuran, yang menggabungkan kajian teoritis dan data empiris menjadi satu.

Khusus makalah campuran, memiliki beberapa jenis lagi, yaitu ada makalah ilmiah, makalah kerja, makalah kajian, makalah posisi, makalah analisis dan makalah tanggapan. Mungkin Anda sering mendengar tentang makalah ilmiah, yaitu makalah yang mengulas suatu permasalahan berdasarkan hasil studi ilmiah, jadi bukan makalah yang didasarkan pada opini atau penilaian subjektif penulis.

contoh daftar pustaka yang diambil dari internet

Dikatakan makalah kerja karena data dan pelaporan diambil dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh penelitian. Sifatnya pun bisa subjektif, karena diambil dari sudut pandang dari penulis. berbeda dengan makalah kajian, yang masalahnya yang bersifat kontroversial. Begitupun dengan makalah posisi, makalah posisi adalah makalah yang dilakukan karena permintaan seseorang untuk mencari solusi dari kontroversi yang terlanjur terjadi. Berbeda dengan makalah analisis, maka makalah ini bersifat objektif-empiris. Terakhir tipe makalah tanggapan, yang merupakan makalah yang paling sering diterima oleh mahasiswa. Karena dosen akan memberikan tugas ke mahasiswa untuk menanggapi tema tertentu untuk bahan laporan atau tugas.

4. Cara membuat Makalah

Cara membuat makalah bagi Anda yang masih awal membuat, pasti bingung. Jangankan membuat makalah, membuat contoh daftar pustaka makalah juga merasa kesulitan. Nah, ada beberapa tahap saat Anda ingin membuat makalah. Maka persiapkan poin sebagai berikut.

  1. Membuat topik adalah tahapan yang paling utama dan terutama. Isi topik menyinggung tentang latar belakang masalah. Pastikan untuk memilih tema yang menarik dan memberikan manfaat. Karena temanya adalah penulisan makalah, maka tema yang diambil pun berkutat dibidang akademik.
  2. Pemilihan bahasa juga menjadi sorotan. Karena konteksnya adalah menulis makalah, maka bahasa yang digunakan pun ilmiah, baku, dan perhatikan tata bahasa titik koma. Karena penggunaan bahasa menentukan bobot penilaian dan poin penilaian.

5. Susunan Kerangka Makalah

Kesulitan umum selain bentuk contoh daftar pustaka makalah, hal yang sering ditanyakan adalah bagaimana susunan kerangka makalah? Sebenarnya juga sederhana dan gampang. Ada bagian depan, tengah dan bagian belakang. Di bagian depan adalah bagian cover atau sampul.

Di bagian cover, terdiri dari judul materi, nama penulis, logo dari institusi Anda atau dari lembaga Anda, kemudian dibagian bawah sendiri ada tahun pembuatan Anda. Jika makalah tersebut ditulis oleh lebih dari satu, Anda dapat menuliskan semua yang menjadi penyusun loh.

Terkait penulisan judul depan, gunakan huruf capital dan dicetak tebal kesemuanya. Gunakan pula ukuran font 14 dengan format rata tengah. Terkait dengan judul, meskipun ilmiah dan baku, tetap buatlah judul yang sifatnya informatif. Setelah itu jangan lupa buat daftar isi sebelum masuk kebagian kedua, yaitu bagian inti.

Bagian Inti berisi tulisan atau kajian yang sudah Anda lakukan. Tulis selengkap mungkin, dan data-data penting pastikan untuk tertuang di sana. Setelah bagian inti selesai, masuk ke bagian terakhir, yaitu penutup. Bagian penutup dalam hal ini bisa berupa daftar pustaka. Dibagian pustaka inilah yang akan dibahas di sub bab berikutnya.

Cara Menulis Daftar Pustaka Makalah – Contoh Daftar Pustaka Makalah

Jika sebelumnya mengulas bagaimana menulis makalah, maka di tahapan akhir, akan dibahas bagaimana menuliskan daftar pustaka. Seperti dibahas pada artikel-artikel sebelumnya tentang menulis daftar pustaka. Ketika menulis daftar pustaka makalah juga memaparkan bagaimana teknis penulisan. Apa saja? Berikut ulasannya.

Pertama, penulisan daftar pustaka khusus diperuntukan di makalah, nama penulis tidak dibalik. Dengan kata lain, nama penulis ditulis apa adannya nama panjang si penulis tersebut. Jika umumnya penulisan daftar pustaka menyantumkan penerbit buku, maka contoh daftar pustaka makalah tidak menyantukan penerbit.

Jadi, memang ada perbedaan ketika menuliskan daftar pustaka yang diambil dari makalah, dengan penulisan daftar pustaka yang diambil dari buku. Untuk memudahkan, berikut adalah contoh daftar pustaka makalah berikut.

Patrisia Aloski. 2019. Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Sumber Makalah. Makalah.

Novia Intan. 2019. Contoh Cara Menulis Daftar Pustaka. Makalah

Dari contoh daftar pustaka makalah menunjukan bahwa setiap contoh belakang judul selalu disertai keterangan ‘makalah’ karena memang diambil dari makalah. Apabila diambil dari buku atau jurnal, maka penulisannya pun juga akan berbeda. Terkait contoh penulisan daftar pustaka buku dan jurnal dapat dilihat di postingan Deepublish lainnya.


Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara GRATIS. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini. atau Anda bisa langsung Kirim Naskah dengan mengikuti prosedur berikut ini: KIRIM NASKAH

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang daftar pustaka, Anda dapat melihat artikel-artikel kami berikut:

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS disini!

Kontributor: Novia Intan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *