Jenis Novel. Apakah kamu gemar menulis novel? Jika iya, saatnya menerbitkannya. Kenapa? Karena buku novel menjadi salah satu buku yang banyak diminati oleh pembaca di Indonesia. 

Tentu ini menjadi sebuah peluang bukan? Ya, peluang ini tentu dapat kalian gunakan jika kalian berminat menjadi penulis novel. Novel merupakan salah satu jenis buku fiksi yang sampai saat ini memang masih banyak peminatnya. Novel merupakan suatu karya sastra berbentuk prosa naratif yang panjang, dimana di dalamnya terdapat rangkaian cerita tentang kehidupan seorang tokoh dan orang-orang di sekitarnya dengan menonjolkan sifat dan watak dari setiap tokoh dalam novel tersebut.

download ebook gratis

Ada juga yang mengatakan bahwa pengertian novel adalah suatu karangan berbentuk prosa yang di dalamnya terdapat unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Tidak seperti cerpen (cerita pendek), isi cerita sebuah novel jauh lebih panjang dan kompleks, serta terdapat pesan tersembunyi yang ingin disampaikan kepada pembacanya.

Pengertian Novel Menurut Para Ahli 

1. Drs, Rostamaji, M.Pd

Drs, Rostamaji, M.Pd Menyatakan Novel adalah sebuah karya sastra yang memiliki 2 unsur yaaitu unsur intrinsik serta unsur ekstrinsik,unsur tersebut saling memiliki kaitan dikarenakan saling mempengaruhi dalam suatu karya sastra.

2. Dr. Nurhadi

Dr. Nurhadi Menyatakan Novel adalah bentuk karya sastra yang di dalamnya ada nilai-nilai sosial, budaya, moral, serta pendidikan.

3. Paulus Tukam, S.Pd

Paulus Tukam, S.Pd Menyatakan Novel adalah sebuah karya sastra yang bentuknya prosa serta di dalamnya ada unsur-unsur intrinsik.

4. Drs. Jakob Sumardjo

Drs. Jakob Sumardjo menyatakan Novel adalah sebuah bentuk karya sastra yang sangat populer di dunia sangat sering ada dicetak sebab daya komunitasnya yang amat luas di dalam masyarakat.

5. H.B. Jassin

Novel adalah cerita mengenai salah satu episode dalam kehidupan manusia, suatu kejadian yang luar biasa dalam kehidupan itu, sebuah krisis yang memungkinkan terjadinya perubahan nasib pada manusia. Novel dibatasi dengan pengertian “suatu cerita yang bermain dalam dunia manusia dan benda yang ada di sekitar kita, yang tidak mendalam, lebih banyak melukiskan satu saat dari kehidupan seseorang, dan lebih mengenai suatu periode”.

6. Frye

Novel lebih mencerminkan gambaran tokoh nyata, tokoh yang berangkat dari realitas sosial. Ia merupakan tokoh yang lebih memiliki derajat lifelike, di samping merupakan tokoh yang bersifat ekstrovert.

7. Panuti Sudjiman

Novel adalah prosa rekaan yang panjang yang menyuguhkan tokoh-tokoh dan menampilkan serangkaian peristiwa dan latar secara tersusun.

Novel secara umum memiliki ciri-ciri yang berbeda dari buku lainnya, diantaranya: 

  • Novel memiliki jumlah kata lebih dari 35.000 kata.
  • Novel terdiri dari setidaknya 100 halaman.
  • Durasi utnuk membaca novel setidaknya 2 jam atau 120 menit.
  • Ceritanya lebih dari satu impresi, efek, dan emosi.
  • Alur cerita dalam novel cukup kompleks.
  • Seleksi cerita dalam novel lebih luas.
  • Cerita dalam novel lebih panjang, akan tetapi banyak kalimat yang di ulang-ulang.
  • Novel ditulis dengan narasi kemudian di dukung dengan deskripsi untuk menggambarkan situasi dan kondisi yang ada di dalamnya. 

Baca Juga: Apa itu Novel? Yuk, Pahami Pengertian Novel Menurut Para Ahli

Jenis-Jenis Novel Berdasarkan Genre

Dalam novel terdapat beberapa genre yang perlu Anda ketahui. Genre adalah model paling dasar pada sebuah cerita atau hasil karya fiksi. Genre juga erat kaitannya dengan kategorisasi yang tidak ada batasnya. 

Biasanya penulis akan melakukan sebuah eksperimen guna mengetahui tren yang ada didalam masyarakat, hingga akhirnya mampu menghasilkan hasil karya fiksi yang benar-benar di apresiasi oleh pembaca.

Jika kamu ingin menjadi seorang penulis karya fiksi seperti novel maka kamu wajib mengetahui genrenya terlebih dahulu. Hal ini juga ada kaitannya dengan pemilihan tema yang akan kamu kembangkan. Untuk menentukan genre pada karya fiksi yang kamu buat, kamu harus pandai-pandai untuk bisa berimajinasi ataupun menganalisa.

Karena genre karya fiksi tersebut nantinya dapat  dikembangkan menjadi lebih luas pada cerita yang kamu tuliskan. Untuk satu hasil karya fiksi biasanya hanya menggunakan satu genre saja. Jika kamu memiliki kemampuan menulis novel berbagai genre, tentu ini menjadi akan sangat menguntungkan bagimu. 

Ada beberapa genre novel yang populer di Indonesia, diantaranya: 

1. Romance 

Romance identik dengan sebuah hubungan percintaan. Ya. Ngomongin cinta memang tidak ada habisnya. Mungkin itulah kenapa genre novel yang satu ini banyak dan mudah ditemui. Seperti yang udah agan ketahui, genre ini membahas percintaan. Bisa soal patah hati, terus nemu lagi kekasih yang baru, bisa tentang kisah cinta epik dari pertama kali bertemu sampai dipisahkan oleh ajal. 

Setting novel romance bervariasi, namun biasanya jenis novel romance mengambil setting di masa kini. Jadi jika kamu tertarik untuk menulis novel genre maka kamu bisa melihat dari kisah-kisah di sekitarmu atau bahkan ceritamu sendiri. 

2. Fantasi

Bagi kamu yang tertarik menulis genre fantasi, kamu akan mendapat kesempatan untuk menulis cerita yang bisa menghipnotis pembaca untuk bisa masuk ke dalam dunia dalam cerita. Biasanya cerita hasil karya dengan genre ini akan bertolak belakang dengan kehidupan nyata serta penuh dengan imajinasi. Selain menampilkan keindahan imajinasi, hasil karya fiksi dengan genre fantasy juga akan menyampaikan pesan moral kepada pembacanya.

3. Science Fiction

Membuat karya fiksi dengan genre science fiction hampir sama dengan genre fantasy. Yang membedakan ialah pengambilan latar waktu dan tempat di masa depan. Biasanya hasil karya dengan genre ini akan menghadirkan binatang atau makhluk lain yang memiliki intelektual tinggi bahkan melebihi manusia.

4. Mistery

Genre karya fiksi mystery akan menghadirkan suatu permasalahan yang erat kaitannya dengan penculikan, pembunuhan ataupun tindakan kriminal yang membahayakan nyawa seseorang. Kisah dalam cerita bergenre mystery akan menghadirkan situasi yang berbahaya seperti aksi-aksi pengejaran tokoh antagonis.

Baca Juga: Membuat Judul Buku & Novel Yang Bagus Serta Menarik

5. Horror

Genre horror memiliki ciri yang hampir sama dengan mystery. Hanya saja karya fiksi yang menggunakan genre ini akan melibatkan mitos-mitos supranatural ataupun kepercayaan yang beredar di masyarakat. Biasanya tokoh yang dihadirkan pada karya fiksi dengan genre ini yaitu manusia dengan makhluk gaib.

Jenis-Jenis Novel Berdasarkan Genre Cerita

Jika kamu sudah memahami genre karya fiksi, maka selanjutnya kamu juga perlu mengerti genre novel berdasarkan dari ceritanya. Beberapa genre cerita novel populer yang dapat kita temui, diantaranya: 

1. Novel Romantis / Percintaan

Novel romantis berarti novel yang berisikan kisah-kisah percintaan romantis antar tokoh di dalamnya. Karena ceritanya yang lekat dengan kehidupan sehari-hari maka wajar jika novel jenis ini paling disenangi banyak orang. Novel romantis berfokus pada hubungan dan kisah cinta antara dua orang. Meski menceritakan tentang percintaan, tetapi akhir cerita bisa saja memiliki akhir yang bahagia atau justru menyedihkan. Ada banyak jenis novel romantisme, yaitu romansa kontemporer, historis, paranormal, dan erotika. Beberapa novel romantis yang populer, seperti Pride and Prejudice, Dilan 1990 dan Antologi Rasa.

2. Novel Misteri

Seperti judulnya, novel jenis ini identik dengan cerita misteri yang memecahkan suatu kejahatan. Novel misteri biasanya menceritakan tentang kejahatan, seperti pembunuhan. Pada genre ini konflik sentral yang sering terjadi yaitu seseorang yang mencoba memecahkan kejahatan maupun upaya penjahat yang berusaha menutupi jejaknya. Jenis novel bergenre misteri semacam teka-teki yang membuat pembacanya berusaha untuk menganalisis dan memecahkan misteri dalam novel. 

Makanya, tak heran kalau kisah misteri sering menciptakan ketegangan dan suasana bahaya. Salah satu novel misteri yang banyak digemari orang, yaitu Sherlock Holmes.

3. Novel Horor

Kalau dalam film Anda diberi sensasi menegangkan dari segi audionya, berbeda dengan novel yang menciptakan ketakutan dan ketegangan melalui unsur supernatural atau sadisme melalui rangkaian tulisannya. 

Penggambaran karakter yang ditulis secara detail bisa membuat para pembaca merasa takut, meski hanya dengan membacanya bayangan karakter yang muncul dalam imajinasi bisa memicu emosi sampai merasa ketakutan, seperti halnya novel berjudul Gerbang Dialog Danur.

4. Novel Komedi / Humor

Seperti namanya, jenis novel komedi menitikberatkan pada cerita lucu di dalamnya. Ya, jika kamu menulis jenis novel komedi, bayangkan bahwa kamu dapat membuat pembaca tertawa gara-gara membaca kisahmu. 

Mungkin akan terasa mudah jika cerita komedi dibalut dalam film atau sinetron. Tapi apa bisa komedi berada di medium novel? Nyatanya bisa kok! Ada beberapa contoh novel komedi yang cukup populer di Indonesia, diantaranya adalah novel Senggol Kiri Senggol Kanan oleh Dono, Setengah Jalan oleh Ernest Prakasa, dan Si Juki – Kisah Kusut Dunia Dongeng oleh Faza Meonk.

Baca Juga:  Cara Riset Untuk Menulis Novel

5. Novel Inspiratif

Novel inspiratif berarti novel yang memiliki tujuan untuk menginspirasi pembacanya. Biasanya kisah-kisah yang dipaparkan seputar perjuangan, pantang menyerah, dan hal-hal yang membuat kita bersemangat. Bentuk dari novel inspiratif ini tidak hanya bersifat fiksi saja, namun juga bisa berupa adaptasi dari biografi seorang tokoh. 

Salah satu novel inspiratif yang terkenal adalah Merry Riana: Mimpi Sejuta Dollar, yang berisi motivasi untuk meraih kesuksesan dari kisah Merry Riana sendiri. Ada pula Novel Laskar Pelangi, berupa kisah anak desa yang berjuang demi pendidikan yang layak. 

Ada pula novel 9 Matahari mengisahkan tentang kehidupan Mentari yang penuh tantangan dan kesulitan dalam menggapai cita-citanya memperoleh gelar sarjana di Jakarta yang keras. Ia sampai harus meminjam uang dan bekerja sebagai penyiar radio demi membayar biaya kuliah dan dapat bertahan hidup. Dan masih banyak novel inspiratif lainnya yang dapat kamu cari di toko buku. 

6. Novel Sejarah

Novel sejarah menceritakan sebuah sejarah peradaban, tempat, peristiwa, ataupun seorang tokoh. Sebenarnya ada banyak banget judul novel sejarah yang menarik bisa dibaca. 

Novel sejarah biasanya memiliki setting tempo dulu seperti contohnya karya-karya dari Pramoedya Ananta Toer. Karya yang cukup terkenal adalah serial novel yang menceritakan kehidupan seorang Minke ini terdiri dari empat novel yang diawali dengan Bumi Manusia yang dilanjutkan dengan Anak Semua Bangsa, Jejak Langkah, dan diakhiri dengan Rumah Kaca. 

Ada lagi novel peristiwa 65 karya Leila S. Chudori. Novel ini mengisahkan orang-orang yang menjadi eksil di luar negeri sebagai efek dari meletusnya peristiwa 65. Ada kisah asmaranya juga yang bikin dag dig dug bacanya. 

7. Novel Islami

Jika kamu ingin membaca novel yang ringan namun dibalut dengan religius, pilihannya bisa membaca novel islami terbaik. Beberapa rekomendasi contoh novel islami yang bisa kamu baca diantaranya adalah Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi. Novel islami ini bercerita tentang kehidupan enam santri yang berasal dari daerah berbeda. 

Selain itu ada juga novel islami berjudul 99 Cahaya di Langit Eropa karya Hanum Salsabiela Rais dan suaminya, Rangga Almahendra. Buku autobiografi ini bercerita tentang keduanya yang tinggal sebagai minoritas di Wina, Austria.

8. Novel Sci – Fi / Fiksi Sains

Daripada sibuk pantengin media sosial, lebih baik cari kegiatan lain yang lebih bermanfaat seperti membaca novel Science-fiction. Selain bisa bikin pengetahuan kamu jadi lebih luas, membaca novel juga bisa buat kamu jadi lebih fokus dan terhibur sama jalan ceritanya. 

Seperti judulnya, jenis novel ini sebuah novel fiksi namun dibalut cerita sains dan teknologi. Beberapa contoh novel sci-fi diantaranya adalah Alpha (2015) yang menceritakan saat jatuh cinta pada musuh sendiri yang berbeda semesta dengan manusia. Hal ini lah yang terjadi pada tokoh yang diciptakan oleh Nathalie Theodora yaitu Violet. 

Novel selanjutnya berjudul  Vengeful yang menceritakan tentang kisah dua orang sahabat berkekuatan supranatural yang berubah menjadi rival.

9. Novel Fan – Fic / Fiksi Penggemar

Novel Fan-Fic atau istilah Bahasa Indonesia adalah fiksi penggemar merupakan novel yang ditulis oleh penggemar berdasarkan kisah, karakter atau latar yang sudah ada. Fanfic bisa berlaku untuk film, komik, novel, selebritis dan karakter terkenal lainnya. Terkadang sejumlah fanfic menyertakan penulisnya atau nama orang lain sebagai karakter cerita (sering disebut OC atau original character), ada pula yang tidak.

Beberapa contoh novel ini diantaranya 5 Reasons and More. Novel dari penulis yang menggunakan nama pena Galaxydust ini, menceritakan sosok Yeona dan Jaehwan dalam mengungkapkan perasaan cintanya masing-masing.

Ada pula novel fan-fic berjudul The Untouched Wedding Dress yang berkisah tentang  berkisah tentang cinta segitiga antara Minji, Jimin dan Taehyung.

10. Novel Petualang

Novel genre petualangan seringkali bersanding dengan genre misteri dan fantasi dan ditujukan untuk segmen pembaca anak – anak dan remaja walau tak menutup kemungkinan novel petualangan dibuat khusus untuk segmen pembaca dewasa. 

Menariknya jenis novel ini sangat banyak yang diangkat ke layar lebar. Sebut saja Harry Potter, Lima Sekawan the series, Percy Jackson & The Olympians : Lightning Thief & Sea of Monster sampai Sherlock Holmes (yang diperankan dengan apik oleh Robert Downey Jr).

Jenis Novel Berdasarkan Kisah Nyata (Non Fiksi) dan Tidak Nyata (Fiksi)

Selain contoh dan macam novel yang telah disebutkan di atas, ternyata sebuah novel juga dibedakan menjadi dua jenis, yakni kisah nyata (non fiksi) dan tidak nyata (fiksi). 

1. Fiksi

Novel fiksi memiliki kejadian cerita yang dibuat-buat oleh pengarangnya atau hanya sekedar khayalan. Kejadian dari cerita itu tidak akan pernah ditemui oleh masyarakat pembaca dalam kehidupan nyata. 

Banyak novel-novel sekarang yang lebih bergenre fiksi guna membawa para pembaca ke kehidupan khayalan. Contoh-contoh dari novel fiksi ssperti Harry Potter, Hunger Games, The Hobbit, Goblin. Dulunya cerita fiksi dibuat lebih ditujukan kepada anak-anak dibanding orang dewasa. Tetapi semakin berkembangnya waktu cerita fiksi mulai digunakan pada tulisan-tulisan lain dalam bentuk novel maupun cerpen.

2. Non Fiksi

Sementara, novek non fiksi menceritakan kejadian kisah realita yang terkadang jalan cerita bisa diambil dari kejadian nyata cerita orang lain. Bahkan kisah nyata yang diceritakan bisa diambil dari kehidupan penulis sendiri. 

Novel non fiksi yang jalan ceritanya selalu berisi tentang kisah seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Non fiksi jalan ceritanya juga dapat diambil dari kisah nyata orang lain yang terkadang memiliki fungsi memberikan pelajaran kepada masyarakat melalui gambaran cerita pada novel. Walaupun novel non fiksi kebanyakan menggambarkan kisah nyata guna sang penulis ingin menyampaikan sebuah pesan bukan berarti novel fiksi tidak memiliki sebuah makna cerita juga.  

Contohnya Novel Habibie-Ainun, Novel Ketika Mozart Kecil Memainkan Jemarinya, Ani Yudhoyono: 10 Tahun Perjalanan, dan masih banyak lainnya. 

Jenis Novel Berdasarkan Isi dan Tokohnya

Jenis novel juga dibagi berdasarkan isi dan tokohnya. Diantaranya adalah: 

1. Teenlit

Teenlit adalah singkatan dari Teen Literature merupakan sastra populer bertema kehidupan remaja dengan segala macam kisah yang memang dialami oleh remaja pada umumnya, mulai dari sulitnya proses mencari jati diri sampai dengan saat-saat fall in love dengan berbagai macam ramuan bumbunya.

Ciri Teenlit yang lain adalah gaya bahasanya menggunakan bahasa gaul dengan istilah-istilah yang aneh bagi our parent dan rangkaian kalimat yang diramu dengan bahasa ke-englih-english-an gitu. Gaya bahasa dalam Teenlit memang harus disesuai dengan gaya bahasa remaja.

Teenlit yang pernah ngetop diera 70an antara lain ‘Ali Topan Anak Jalanan’ karya Teguh Esha dan ‘Roman Picisan’ karya Eddy Iskandar. Beranjak pada era 90an yang paling ngetop adalah serial ‘Lupus’ yang merupakan nama tokoh utama yang identik dengan permen karet karya Hilman Hariwijaya.

Baca Juga: 20 Penulis Novel Terkenal Indo dan Luar + List Bukunya

2. Chicklit

Novel chiclit merupakan bacaan yang memiliki daya tarik tinggi bagi wanita. Genre ini biasanya menyuguhkan kisah sang tokoh utama yang mengalami perubahan fisik dalam pencariannya terhadap cinta, kesuksesan, dan kebahagiaan. Novel ini ditujukan untuk wanita di usia 20 an dan juga wanita karir kebanyakan. Contoh dari novel chiclit diantaranya adalah Me versus High Heels (Aku vs Sepatu Hak Tinggi), Fashionista, dan Confessions of a Shopaholic (Pengakuan si Gila Belanja).

3. Songlit

Novel songlit merupakan novel yang ditulis berdasarkan inspirasi sebuah lagu. Bisa dibilang novel jenis merupakan pengkisahan dari lirik lagu ke imajinasi penulisannya. Contoh novel songlit diantara berjudul Sebelum Cahaya dan Surat Cinta Untuk Starla. 

4.  Novel Metropop

Novel metropop ditulis berdasarkan cerita tentang wanita kosmopolitan yang berkutat dengan perkantoran. Biasanya tokoh di dalamnya mempunyai masalah yang kompleks seputar kehidupan, percintaan, karir, dan ambisinya. Salah satu contoh novel metropop adalah Perahu Kertas dan Critical Eleven.