Saat Anda memutuskan untuk membuat sebuah jurnal, maka Anda tidak akan lepas dari bagian penggunaan index. Secara bahasa index adalah alat, terutama digunakan online atau dalam dunia Internet, yang digunakan oleh para peneliti dan pustakawan untuk menemukan konten ilmiah.

Beberapa indeks menyediakan daftar judul jurnal, beserta link dan kategorisasi subjek. Jurnal index merupakan daftar kata atau istilah penting yang  terdapat dalam jurnal. Biasanya jurnal index ditempatkan pada bagian akhir sebuah jurnal.

Sama halnya dengan kamus, jurnal index disusun menurut abjad. Bedanya, dalam jurnal index ada terdapat rujukan halaman referensi yang memuat kata yang dimaksud. Tujuannya untuk memberikan informasi mengenai halaman tempat kata atau istilah itu ditulis.

download ebook gratis

Sebuah jurnal index dibutuhkan untuk memudahkan pemahaman arti kata yang tercantum pada halaman buku. Susunan index biasanya di-sort berdasarkan abjad ataupun simbol tertentu. Halaman yang berisikan kata-kata yang terindeks pun tercantum lengkap dalam susunan tersebut. Sebelum Anda mencari jurnal index, pengindeksan jurnal dibagi menjadi beberapa tipe diantaranya:

Search Engines

Search Engine adalah alat yang digunakan untuk membantu orang menemukan informasi di internet. Mesin pencari ini mengumpulkan kata kunci dari beberapa halaman web yang ada dan mencocokannya dengan kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna mesin pencari tersebut.

Jurnal index melalui mesin pencari ini memiliki manfaat seperti memperluas pembaca atas jurnal yang belum memenuhi kriteria pada pengindeksan jurnal yang terkenal karena pengindeks jurnal terkenal memiliki kriteria yang begitu ketat, sehingga penulis jurnal pemula kesulitan untuk menerbitkan jurnal mereka.

General Indexes

General Indexes biasanya membatasi diri untuk konten jurnal. Hanya jurnal yang terdaftar yang dikenal, seperti Comercial Ulrich atau Free New Jour. General Indexes Indeks umum juga dapat menjadi tempat yang baik untuk mencari jurnal yang ada dengan pencocokan.

General Indexes lain yang penting adalah direktori Open Access Jurnal (DOAJ). The DOAJ hanya indeks jurnal yang dapat diakses secara bebas, dan mengharuskan mereka untuk mematuhi standar jaminan kualitas tertentu.

Quality Assured Indexes

Quality Assured Indexes adalah indeks yang memiliki kriteria kualitas tertentu dan semua jurnal harus memenuhi kriteria tersebut jika jurnal mereka ingin terindeks. Misalnya, untuk terindeks pada Medline jurnal harus menjamin bahwa memenuhi kriteria standar Medline yang meliputi kualitas dari jurnal yang diterbitkan.

Beberapa Jenis indeks ini dapat difokuskan pada disiplin ilmu tertentu, seperti PsycINFO untuk psikologi, sementara yang lain multidisiplin atau berfokus pada beberapa disiplin ilmu. Beberapa menggabungkan informasi dari ratusan jurnal, dan lain-lain hanya dapat mencakup metadata dari beberapa journal.

Citation Indexes

Citation Indexes tidak hanya mencakup metadata dari jurnal (judul artikel, abstrak, penulis, dll), tetapi juga melacak kutipan dari artikel. Menggunakan indeks kutipan, Anda dapat melihat berapa kali artikel tertentu telah dikutip (atau direferensikan) oleh artikel lain dalam indeks.

jurnal index

Ada dua kutipan jurnal indeks utama: Thomson Reuters Web of Science (WOS) dan Scopus (dari Elsevier). Keduanya adalah produk berlangganan, sehingga meskipun ia bebas untuk diindeks oleh mereka, untuk menggunakan informasi mereka pengguna harus membayar langganan.

Regional Indexes

Sesuai dengan namanya, indeks ini berfokus pada jurnal dari daerah tertentu di dunia. Contohnya termasuk Latindex untuk Amerika Latin, Karibia, Spanyol, dan Portugal; Redalyc untuk Amerika Latin, Karibia, Spanyol, dan Portugal; Scielo untuk Amerika Latin, Karibia, Spanyol, Portugal, dan Afrika Selatan; dan Afrika Jurnal Online untuk Afrika.  Regional Indexes lainnya dapat ditemukan di situs web INASP JOLs. Selain itu, Organisasi Kesehatan Dunia juga menyediakan indeks regional jurnal kesehatan dari kantor-kantor regionalnya, misalnya Medicus Indeks untuk Mediterania Timur Daerah (IMEMR).


Kontributor: Novia Intan

e-book menulis buku ajar