Kuasai 7 Keutamaan Menerbitkan Buku

contoh menulis quotes penerbit deepublish menerbitkan buku

Kenapa seorang dosen harus menerbitkan buku selain harus mengajar? Jawabannya sederhana, karena menulis buku memiliki keutamaan yang bermanfaat untuk lingkungan sekitar.

Memang tidak semua dosen mahir menulis buku. Menulis buku bukan hal yang wajib, namun memiliki banyak sekali keutamaan yang akan diperoleh. Seperti adannya sebuah pepatah yang sering kita dengar bahwa buku adalah jendela dunia. Cukup dengan satu buku, kita mengajak banyak pembaca jalan-jalan mengarungi petahuan baru, yang mungkin baru pertamakali mereka baca.

Jadi, menulis buku tidak hanya mendapatkan keuntungan secara materi, tetapi juga mendapatkan keuntungan non materi. Apa saja keutamaan menerbitkan buku? Berikut keutamaan yang wajib Anda tahu, agar lebih ikhlas ketika menuliskannya.

Personal Branding

Salah satu keutamaan yang tidak banyak disadari oleh calon penulis adalah, meningkatkan personal branding. Apa sih personal branding? Mengingat tidak semua orang tahu manfaat dari personal branding. Jadi, calon penulis mampu meningkatkan citra kepakaran dan meningkatkan popularitas diri. personal branding itu bisa dikatakan sebagai investasi.

motivasi semangat menulis penerbit deepublish menerbitkan buku

Di awal, personal branding tidak terlalu memperlihatkan dampak secara langsung. Namun dalam kurun waktu tertentu, apalagi jika bukunya di pasaran laris manis, maka dampaknya akan terasa. Misal, Anda menulis buku motivasi, dan buku best seller. Mungkin 1 tahun atau 2 tahun ke depan, Anda baru di undang untuk mengisi seminar terkait motivasi yang pernah ditulis. Dari mengisi seminar itulah, Anda mendapatkan pemasukan, di luar royalti yang Anda terima. Inilah pentingnya personal branding.

Mencari Pendukung

Keutamaan dan manfaat menulis buku bagi setiap penulis berbeda-beda. tergantung dari tujuan dan kepentingan. Bagi seorang politisi misalnya, bagi mereka menuliskan gagasan dan sudut pandang ke dalam sebuah buku, bisa dijadikan sebagai strategi meraih pendukung.

Akan lain cerita lagi jika penulis itu adalah seorang motivator atau seorang dosen. Maka upaya menulis tersebut dapat untuk strategi transformasi ilmu pengetahuan dengan masyarakat atau mahasiswa/peserta didik. Jadi, keutamaan menulis itu sangat luwes, tergantung dari calon penulisnya.

Menambah Angka Kredit

Menulis buku bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) mampu meningkatkan angka kredit. Bagi ASN program ini cara paling cepat dan legal untuk mendapatkan jumlah angka kredit. Semakin banyak jumlah angka kredit, semakin cepat naik golongan atau pangkat.

Daripada mengajar dan membimbing skripsi, selain memakan waktu lama, poin kredit yang diperoleh pun kecil. Sedangkan menulis buku, mungkin hanya memakan waktu menulis buku selama 2 bulan, sudah mendapatkan poin kredit sbanyak 20 poin jika menulis buku ajar.

Menambah Pengetahuan

Keutamaan menulis buku, semakin memperkuat pengetahuan bagi penulis. Setidaknya ketika menulis buku, ingatan yang sudah ada kembali di panggil. Tahukah Anda, ternyata menulis mampu membantu menjaga ingatan lebih tahan lama. Setidaknya, menulis lebih tahan lama diingat dibandingkan ketika membaca.

Seorang penulis, saat menulis buku akan membutuhkan buku referensi dan kajian penelitian yang lain. Buku referensi dan kajian yang digunakan inilah yang akan menambah pengetahuan lebih bagi penulis. Berkat cara ini pulalah, akan memunculkan ide dan gagasan baru.

Amal Jariyah

Keutamaan menulis buku selain untung secara materi, juga untuk di akhirat. Setidaknya ilmu yang disampaikan lewat menulis, akan bermanfaat untuk pembaca. Ketika ilmu di dalam buku di praktekan dan membawa perubahan baik untuk pembaca. Maka setiap yang dipraktekan pembaca di jalankan, penulis akan mendapatkan ganjaran.

Ketika pembaca yang mempraktekan menularkan ilmunya ke orang lain, dan orang lain tersebut mempraktekan. Maka penulis akan mendapatkan pahala 2 kali. Berlaku seterusnya. Jadi, penulis pun akhirnya mendapatkan amal jariah.

Menjalin Silaturahim

Manfaat menulis yang tidak terasa dan sangat bermanfaat adalah, mampu menjalin silaturahim. Banyak para penulis yang justru mendapatkan kenalan baru dan mendapatkan koneksi baru. Tidak jarang dari kenalan baru yang diperoleh memperoleh peluang baru dan mendapatkan koneksi yang baik.

caption tentang menulis penerbit deepublish menerbitkan buku

Keuntungan menjalin silaturahim secara materi mungkin tidak memberikan keuntungan. Tapi, secara non materi bisa. Misalnya, menambah saudara baru, memberikan kepuasan tersendiri bagi penulis. Eksistensi penulis lebih terangkat, karena ada penghargaan secara nonmateri dari pembaca, dan masih banyak yang lain.

Penulis Lebih Dikenal Oleh Pihak Penerbit

Tidak dapat dipungkiri, ketika naskah diterbitkan oleh penerbit. Penulis dikenali oleh tim penerbit. Mulai dari dikenali oleh editor maupun dari tim penerbit. Tidak jarang, penerbit lain, di luar selain penerbit asal, penulis juga dikenali. Apakah itu mungkin? Mungkin saja, jika buku yang Anda tulis menjadi buku best seller.

Bahkan ketika naskah yang Anda kirim ditolak oleh tim editor penerbit. Nama Anda sudah dibaca oleh tim penyeleksi naskah. Keluhan yang paling seringkali dikeluhkan oleh penulis, malas mengajukan naskah karena takut di tolak tim penyeleksi penerbit. Padahal, sekalipun naskah di tolak, tidak ada yang tahu, yang tahu hanya Anda dan tim penyeleksi naskah saja. Minimal, nama Anda sudah pernah dibaca oleh tim penyeleksi naskah.

Itulah keutamaan menulis buku yang perlu penulis ketahui. Fungsinya untuk mengetahui esensi menulisl. Bahwa menulis bukan perkara mendapatkan royalti saja. Tetapi masih banyak beberapa manfaat lain yang tidak kalah bermanfaat. Semoga ulasan ini mampu memberi motivasi lebih, agar tetap menulis dan menulis, demi kemajuan literasi di Indonesia.


Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara GRATIS. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini. atau Anda bisa langsung Kirim Naskah dengan mengikuti prosedur berikut ini: KIRIM NASKAH

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang menulis buku, Anda dapat melihat artikel-artikel kami berikut:

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS disini!

Kontributor: Novia Intan



This post has been seen 81 times.
(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.