Komponen Penyajian Menulis Buku Ajar

buku ajar

Kesulitan menulis buku ajar? Menulis buku ajar berbeda dengan menulis jurnal maupun karya ilmiah. Ada beberapa komponen penulisan, seperti memperencanakan komponen kelayakan isi dan komponen penyajian. Kesempatan ini akan mengulas tentang komponen penyajian.

Dilihat dari komponen penyajian, menulis buku ajar memiliki beberapa poin komponen penyajian. Terdapat penyajian preliminaries, postliminaries, cover depan dan cover belakang. Dalam kesempatan ini akan mengulas penyajian preliminaries. Penyajian Preliminaries memiliki beberapa macam komponen, sebagai berikut.

Halaman Judul Utama

Penyajian preliminaries bagian pertama adalah halaman judul utama. Bentuk halaman judul memiliki kemiripan dengan sampul bagian depan. Isi halaman judul utama berisi judul buku, nama penulis dan cover jika ada.

Halaman Persembahan

Halaman persembahan digunakan untuk mengungkapkan rasa terimakasih kepada orang-orang yang membantu dan menginspirasi penulis, terkait dengan naskahnya. Halaman persembahan bisa juga ditujukan untuk mengungkapkan terimakasih kepada pihak sponsor yang telah membantu proses menerbitkan buku. Dari segi isi, pesan halaman persembahan sebenarnya intinya sama, menuliskan persembahan.

Halaman Daftar Isi

Halaman daftar isi merupakan lembaran yang berisi bab-bab yang ada di bagian inti. Daftar isi memudahkan pembaca untuk melihat tema/topik/ulasan apa saja yang akan di bahas. Daftar isi yang baik dapat digunakan untuk mengetahui naskah tersebut berkesinambungan atau tidak. Bagi seorang editor, daftar isi juga dapat digunakan untuk membaca cepat sebelum menentukan naskah tersebut layak atau tidak.

Halaman Daftar Tabel

Halaman daftar tabel merupakan wadah yang digunakan untuk menuliskan daftar tabel. Jadi, disetiap bab yang didapati tabel, di tulis di lembar daftar tabel. Jika ada tabel, maka daftar tabel tersebut ditulis di halaman ini. Fungsi daftar tabel memudahkan pembaca untuk mencari tabel-tabel yang dianggap penting. Penulisan tabel ditulis dengan memberi tanda “…” sebelum diberi nomor angka, yang menunjukan halamannya. Fungsinya untuk memudahkan pembaca melihat tabel yang dicari berada di halaman berada.

Halaman Daftar Gambar/grafik

Halaman daftar gambar dan halaman daftar grafik prinsipnya masih sama dengan halaman daftar tabel. Perbedannya terletak pada bentuk data. Di halaman daftar gambar/tabel khusus digunakan untuk menulis daftar gambar dan grafik yang ada di setiap bab. Gambar dan grafik penting digunakan karena membantu pembaca memahami pemaparan materi. Gambar dan grafik salah satu media untuk menyampaikan materi maupun data dalam bentuk visual.

Halaman Daftar Simbol

Halaman daftar simbol atau disebut juga dengan lambang juga sering digunakan oleh penulis buku ajar. Memang tidak semua buku ajar memiliki lambang, hanya beberapa mata pelajaran, materi atau ulasan tertentu yang memiliki simbol. Seperti buku ajar jenis Fisika, Matematika dll yang menggunakan simbol-simbol tertentu. Cara penulisan halaman daftar simbol prinsipnya sama dengan halaman daftar grafik dan halaman daftar tabel.

Halaman Daftar Singkatan

Hal terpenting saat menulis buku ajar adalah, membuat daftar singkatan. Daftar singkatan dalam hal ini bisa akronim atau singkatan atau kata yang dianggap asing. Bentuknya mirip kamus. Jadi, di dalam isi yang ditemui singkatan-singkatan perlu dirangkum ke halaman daftar singkatan, disertai dengan terjemahan atau definisi yang lebih sederhana, yang mudah dipahami oleh orang awam sekalipun.

Halaman Kata Pengantar

Elemen penting yang wajib disematkan di dalam buku ajar adalah halaman kata pengantar. Isi halaman pengantar digunakan untuk mengulas pengantar terkait isi buku yang akan disampaikan. Adapun isi yang terkandung di dalamnya, berisi ucapan syukur, menyampaikan tujuan, manfaat dan sedikit mengulas tema besar yang ada di dalam isi. Tidak lupa, di halaman pengantar juga diselipkan harapan penulis dari buku ajar yang ditulis.

Kata pengantar tidak wajib ditulis oleh penulis. Bisa juga ditulis oleh orang lain (bisa orang-orang yang ternama yang sesuai dengan bidang yang ditulis). Kadang, ada juga beberapa buku yang ditulis oleh penerbit. Isi kata pengantar lebih menonjolkan kelebihan dan hal baik dari buku yang ditulis.

Halaman Prakata

Halaman prakata juga perlu digunakan. Isi halaman prakata lebih fokus ke ungkapan hati penulis terkait proses penulisan buku. Jadi, penulis wajib menulis prakata sendiri sebagai orang yang paling menguasai buku yang dia tulis, bukan yang ditulis oleh orang lain. Proses penulisan halaman prakata memiliki empat bagian, mulai dari bagian ucapan syukur, menyampaikan kelebihan buku, ucapan terimakasih, ucapan permohonan maaf terkait buku yang mungkin masih banyak kekurangan, dan terakhir adalah mengungkapkan harapan penulis.

Halaman Pendahuluan

Halaman pendahuluan diletakan halaman paling awal, sebelum isi. Isi halaman pendahuluan di jurnal maupun karya ilmiah mengandung rumusan masalah, tujuan penulisan dan latar belakang. Berbeda ketika membuat pendahuluan untuk buku. Dari segi isi, setidaknya menjelaskan topik, secara tersirat menyinggung struktur buku dan bagaimana isi buku tersebut akan dikembangkan.

Itulah kesepuluh komponen penyajian preliminaries yang dapat digunakan acuan menulis buku ajar. Semoga ulasan tersebut bermanfaat. (Elisa)

Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis Penerbit Buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara gratis. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang teknik menulis anda dapat melihat Artikel-artikel berikut:

  1. Metode dan Trik Penerbit Buku Melirik Naskah
  2. Cara Mudah Membuat Outline Buku Ajar
  3. Membuat Lead yang Menarik Saat Menulis Buku
  4. 9 Persiapan Cara Menerbitkan Buku Sendiri

Jika Anda menginginkan EBOOK GRATIS tentang CARA PRAKTIS MENULIS BUKU, silakan download.

Referensi:

Instrumen Penilaian Buku Perguruan Tinggi.Pusat Pengembangan Pendidikan Aktivitas Instruksional – P3AI: ITS.

http://www.snowlife-elisa.com/. Diakses 20 Juli 2018

https://penerbitdeepublish.com/panduan-cara-menulis-buku-ajar-g100/Diakses 20 Juli 2018



This post has been seen 352 times.
(Visited 126 times, 4 visits today)

One Comment

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *