Alternatif Buku Cetak – Inilah Manfaat Ebook

format ebook penerbit deepublish

Alternatif Buku Cetak – Inilah Manfaat Ebook.

Buku merupakan salah satu sumber informasi. Berbagai macam bahasan bisa kita dapatkan di dalamnya. Pada perkembangannya buku tidak hanya berbentuk cetak saja, namun juga dalam bentuk digital atau yang kerap disebut ebook. Lantas apa sih sebenarnya ebook dan apa kelebihannya dibandingkan dengan buku cetak? Simak jawaban selengkapnya pada artikel di bawah ini.

Pengertian Ebook

Ebook atau electronic book (atau juga digital book) adalah evolusi dari buku cetak yang biasa kita baca sehari-hari. Dibandingkan dengan pendahulunya, e-book menawarkan berbagai macam manfaat yang memudahkan kita menimba ilmu dan menambah wawasan. Pada dasarnya fungsi ebook tetap sama seperti buku cetak biasa, sebagai media informasi dan pengungkapan gagasan atau ide baru. Hanya saja kini dikemas dalam file yang mudah dibawa dan tidak dapat disentuh seperti buku cetak.

Tidak jauh beda dengan bentuk buku biasanya, di dalam ebook juga dapat memuat teks dan gambar. Tidak hanya itu, di dalam buku elektronik juga dapat memuat video dan audio sebagai pelengkap untuk memahami informasi atau materi dengan mudah. Ebook kini sudah semakin mudah diakses dengan berbagai macam format yang dapat dibuka pada perangkat elektronik seperti PDF, TXT, HTML, XML, Mobi, dan masih banyak lagi. Format ebook yang paling sering digunakan adalah ebook dengan format PDF. Karena buku elektronik yang berformat PDF dapat kita buka walau perangkat elektronik yang kita gunakan dalam keadaan offline.

contoh ebook penerbit deepublish

E-book juga dapat disimpan dengan mudah di perangkat elektronik kita. Kapasitas memori sebesar 1 GB sekalipun bisa memuat ratusan e-book. Jika kita punya ratusan buku cetak, sudah pasti kita butuh rak buku yang cukup besar untuk menyimpannya. Bisa dibilang ebook merupakan salah satu format alternatif dari buku cetak. Yang perlu ditekankan adalah keberadaan ebook bukan menggantikan buku cetak, namun menjadi alternatif lain yang bisa kita pakai untuk membaca.

Ebook juga memiliki segudang manfaat yang bisa kita rasakan. Berikut ini kami jabarkan kelebihan dan manfaat dari ebook.

Pertama, sebagai media informasi.

Melalui ebook kita dapat menemukan informasi yang dicari. Fungsi ini seperti halnya buku biasa. Bedanya hanyalah bentuk dan isinya. Buku cetak bentuknya dapat dipegang dengan tangan dan isinya berupa teks dan gambar biasa. Sementara ebook dapat berisi konten multimedia seperti teks, gambar, video dan audio yang dikemas dalam satu file.

Manfaat ebook lainnya adalah bisa mempermudah dalam mencari informasi di dalam buku. Kalau biasanya kita perlu mencari satu per satu halaman di buku cetak, maka ebook menawarkan fitur pencarian yang mempermudah kita dalam mencari informasi yang diinginkan melalu format PDF dan HTML. Bagi siswa atau pelajar yang cepat bosan dan susah mencari jawaban yang diberikan guru dalam pembelajaran, ebook solusinya. Karena ebook sangat mudah anda pahami daripada buku biasa, selain itu ebook juga sangat menyenangkan dan lengkap untuk kita pelajari.

Kedua, mudah dibawa dan praktis.

E-book adalah buku digital sehingga tidak memerlukan wadah penyimpanan dalam bentuk fisik. Kita bisa membawa ebook secara praktis dan mudah karena bisa diakses melalui gadget. Kita hanya perlu menyalakan perangkat elektronik kemudian menbuka file yang diinginkan. Selama kita memegang perangkat elektronik itu, kita bisa membawa ratusan bahkan ribuan buku elektronik dengan mudah.

Ketiga, ramah lingkungan.

Sadar tidak jika kertas yang dipakai untuk mencetak buku itu dari pohon-pohon yang ditebang. Bayangkan saja sudah berapa banyak pohon yang ditebang untuk memenuhi jumlah kertas yang ada di bumi. Padahal kita masih memerlukan pohon untuk menjaga keseimbangan kehidupan di bumi ini. Jika semua pohon habis ditebang untuk membuat buku cetak, tentunya kita sendiri akan merugi.

cara kerja ebook penerbit deepublish

Nah, manfaat ebook ini menjadi salah satu solusi untuk masalah lingkungan ini. Bentuknya yang berupa file digital tidak memerlukan kertas agar dapat membacanya. Sebaliknya, e-book hanya membutuhkan perangkat elektronik untuk membuknya. E-book bisa disalin sebanyak yang kita suka hanya dengan mengklik tombol “copy” di perangkat elektronik. Sementara itu, pencetak buku membutuhkan ratusan lembar kertas hanya untuk membuat satu salinan buku.

Keempat, tahan lama.

Ebook tidak mudah rusak dimakan usia. Bentuknya yang bisa disimpan di dalam gadget akan memudahkan Anda dalam menyimpan. Tak perlu khawatir buku akan rusak atau termakan rayap. Seperti yang diketahui, ketahanan kertas setiap buku berbeda-beda. Jika Anda tidak merawatnya dengan baik maka buku akan mudah rusak, sobek, hilang, tulisannya pudar dan berjamur bila usia buku sudah tahunan. Supaya hal tersebut tidak terjadi kuncinya adalah keamanan komputer dari serangan virus. Selama data kita tidak terserang virus, keamanan file masih terjamin. Untuk menghindari terkena virus, kita harus berhati-hati saat menggunakan komputer. Pastikan pemasangan software anti virus di dalam gadget Anda benar. Dengan begitu file Anda bisa tetap bagus dan aman.

Kelima, harga lebih terjangkau.

Dengan bentuk digital, maka penerbit tidak membutuhkan percetakan. Dengan begitu biaya buku dapat direduksi semaksimal mungkin. Selain itu ada beberapa e-book yang kami memberikan secara gratis.sehingga e-book bisa menjadi lebih murah daripada buku cetak. Selain itu ada beberapa e-book yang kami memberikan secara gratis.


Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara GRATIS. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini. atau Anda bisa langsung Kirim Naskah dengan mengikuti prosedur berikut ini: KIRIM NASKAH

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang ebook, Anda dapat melihat artikel-artikel kami berikut:

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS disini!

Kontributor: Novia Intan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *