⚠️ Cetak buku diskon 35% dan gratis ongkir se-Indonesia, MAU? Ambil diskon di sini!

4 Manfaat Membaca Buku bagi Penulis Profesional

manfaat membaca buku

Aktivitas membaca ternyata juga dianjurkan untuk dilakukan para penulis, sebab manfaat membaca buku berdampak signifikan bagi penulis tersebut. Oleh sebab itu, ketika Anda menjadi penulis profesional jangan sampai berhenti membaca. 

Bahkan, penulis senior cenderung tetap rutin membaca karena punya beberapa alasan yang melatarbelakanginya. Kira-kira apa saja manfaat dari membaca buku bagi seorang penulis? Berikut penjelasannya. 

Manfaat Membaca Buku Bagi Penulis

Aktivitas membaca diketahui memberi manfaat yang sangat kompleks bagi pelakunya. Mulai dari memperluas ilmu pengetahuan, wawasan, keterampilan, dan bahkan bisa juga menjadi sarana mencari hiburan. 

Namun, tahukah Anda bahwa membaca juga bermanfaat besar bagi seorang penulis? Dikutip melalui pernyataan yang ditulis oleh Dimas FK di quora.id, disebutkan beberapa manfaat membaca buku bagi seorang penulis. Diantaranya adalah: 

1. Meningkatkan Keterampilan dalam Menulis 

Membaca buku bagi seorang penulis bisa menjadi sarana untuk meningkatkan keterampilannya dalam berkarya atau menulis. Lewat karya orang lain, penulis bisa lebih paham bagaimana menyusun karya tulis yang lebih baik. 

Sebab disini, penulis bisa belajar mengenai penentuan topik atau tema tulisan yang tepat, penentuan gaya bahasa yang pas, bagaimana membangun karakter atau tokoh untuk buku fiksi, dan sebagainya sambil menikmati tulisan tersebut. 

2. Meningkatkan Pemahaman Tentang Struktur Narasi 

Dalam menulis buku, seorang penulis harus paham dalam membangun narasi. Sehingga bisa memberi gambaran jelas dari bab awal sampai akhir agar runtut, logis, dan tentunya mudah dipahami pembaca. 

Rupanya untuk bisa membangun narasi dengan baik kadang kala tidak hanya harus paham topik. Melainkan membaca karya tulis orang lain yang narasinya dianggap bagus. Sehingga bisa belajar bagaimana membangun narasi yang bagus juga agar pembaca menikmati karya tulisnya sejak halaman pertama. 

3. Mengembangkan Gaya Penulisan 

Setiap penulis secara umum memiliki gaya penulisan yang khas. Serang penulis ketika membaca karya penulis lain bisa mempelajari aspek tersebut. Sehingga bisa dijadikan sarana untuk mengembangkan dan memperbaiki gaya penulisan. 

Tujuannya tentu beragam. Mulai dari memahami bagaimana menyusun frasa maupun kalimat yang efektif agar mudah dipahami. Sampai membangun kalimat yang menarik dan enak dibaca, sehingga pembaca menyukai karya tulis Anda. 

4. Memperluas Wawasan dan Pemikiran 

Manfaat membaca buku karya penulis lain juga membantu seorang penulis untuk memperluas wawasan dan pemikiran. Sehingga bisa lebih leluasa mengetahui berbagai permasalahan di masyarakat yang bisa dijadikan tema tulisan. 

Wawasan yang semakin luas membantu penulis tidak pernah kehabisan ide tulisan. Pemikiran yang semakin luas dan bijak usai membaca banyak karya, membantu memikirkan banyak sudut pandang dari ide tulisan tersebut. Sehingga bisa dikembangkan dengan optimal. 

Selain bermanfaat untuk penulis, membaca juga memberi banyak manfaat bagi mahasiswa. Anda bisa menyampaikan ke mahasiswa Anda 7 manfaat membaca untuk mereka.

Peran Banyak Membaca terhadap Ketajaman Tulisan

Membaca bisa membantu seorang penulis menghasilkan karya yang lebih tajam. Bagaimana hal ini terjadi? Pertama, membaca membantu penulis untuk memahami topik atau ide tulisan yang diangkat. 

Semakin paham terhadap suatu topik, semakin mendalam pembahasan yang disajikan. Sekaligus lebih mudah untuk memberi penjelasan dengan runtut dan dengan bahasa yang mengalir. Hal ini membantu pembaca memahami karya tulisnya. 

Kedua, membaca membantu mendapatkan lebih banyak data dan informasi penting berkaitan dengan ide tulisan yang dikembangkan. Hal ini akan membuat apa yang ditulis adalah valid dan bisa dipertanggungjawabkan. Kredibilitas karya yang dibuat lebih terjamin. 

Bandingkan ketika seorang penulis tidak membiasakan diri untuk membaca. Maka pemahaman pada topik akan minim dan data yang diperoleh bisa jadi sangat terbatas. Hal ini justru menjadi sandungan bagi penulis tersebut untuk mengembangkan topik. 

Inilah alasan banyak penulis dianjurkan untuk rajin membaca. Semakin banyak membaca semakin banyak manfaat membaca buku yang mempengaruhi karya tulisnya. Sehingga kualitas tulisan terus meningkat dan mendorong produktivitas untuk berkarya. 

Ternyata, membaca sangat berperan penting, ya, bagi penulis. Bagi teman Anda yang masih suka rebahan, ajak mereka untuk membaca sambil menerapkan 10 tips menumbuhkan minat baca untuk kaum rebahan.

Rekomendasi Buku Bacaan untuk Menunjang Keterampilan Menulis

Bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat membaca buku untuk karya tulis Anda yang lebih baik di masa depan. Maka bisa mulai rutin membaca buku disamping menulis dan mengembangkan naskah. 

Jika membutuhkan rekomendasi buku yang efektif menunjang pengembangan keterampilan menulis. Maka berikut beberapa buku yang bisa dipertimbangkan untuk menambah koleksi Anda: 

  1. Buku Metode Sejarah: Merencanakan dan Menulis Penelitian Sejarah karya Faizal Arifin. 
  2. Buku Terampil Menulis Esai Bahasa Inggris: Kemampuan Berpikir Kritis, Kebiasaan Membaca, dan Penguasaan Tata Kalimat karya Ikhfi Imaniah. 
  3. Buku Menulis Kajian Literatur Naratif karya Dr. Yeni Mahwati, S.KM., M.Kes.
  4. Buku Express Menulis Aksara Jawa Sebuah Panduan Awal karya Eko Gunawan, M.Pd.
  5. Buku Praktis: Menulis Karya Tulis Ilmiah (Skripsi) di Masa Pandemi karya Intan Satriani Setya Resmini Ula Nisa El Fauziah. 
  6. Buku Cara Cerdas Menulis Artikel Jurnal Internasional Terindeks Scopus untuk Pemula karya Prof. Dr.rer.nat. Fredy Kurniawan, M.Si. Dr. Kartika A. Madurani, S.Si., M.Si.
  7. Buku Menulis Naskah Dakwah karya Sarkawi. 
  8. Buku Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Media Gambar dan Youtube karya Dr. Novelti, M.Hum.
  9. Buku Rekomendasi Teknologi untuk Menulis Artikel Ilmiah karya Khairun Nisa, M.Pd. Yen Aryani, S.Pd., M.S.. 
  10. Buku Strategi Menulis Bahan Ajar untuk Melatih Keterampilan karya Wiwik Agustinaningsih, M.Pd.
  11. Buku Kajian Prosa Fiksi (Panduan Singkat untuk Mengenal dan Menulis Novel) karya Rizal Ibrahim Aji Suherli Kusmana Yusida Gloriani. 
  12. Buku Remember Me! (Menangkap Gagasan, Menuliskan di Kompasiana) karya Irham WP. 
  13. Buku Pembelajaran Menulis Teks: Suatu Pendekatan Kognitif karya Dr. Dina Ramadhanti, M.Pd. Diyan Permata Yanda, M.Pd. 
  14. Buku Menulis Esai Berbahasa Inggris Itu Mudah: Untuk Semua Jurusan, Terutama Mahasiswa Sosiologi karya Fu’ad Sholikhi, M.Pd.
  15. Buku Merdeka Menulis Tentang Merdeka Belajar (Bagian 1) karya Erly O. Malelak, dkk. 
  16. Buku Merdeka Menulis Tentang Merdeka Belajar (Bagian 2) karya Erly O. Malelak, dkk. 
  17. Buku Aku Bis (a) Menulis karya Lilik Azizah. 
  18. Buku Dasar-Dasar Menulis Karya Tulis Ilmiah karya Adhan Efendi, M.Pd. Rosiah, S.Kep., Ners., M.Kep. Susilawati, M.Pd. Ade Nuraeni, S.Kep., Ners., M.Kep. Wahyu Noviansyah, S.Pd., M.Pd.
  19. Buku Petunjuk Praktis Menulis Buku karya Sukandarrumidi, dkk.
  20. Buku Pengembangan Keterampilan Menulis karya Dr. Syamsul Alam, M.Pd.
  21. Buku 90 Hari Menulis Buku Cara Asyik dan Menarik serta Penuh Tantangan dalam Menulis sebuah Buku karya Dr. Nasrul Syarif, M.Si. 

Jika menggunakan cara lisan atau tulisan masih belum cukup meningkatkan minat baca, paksaan bisa dijadikan alternatif cara, terutama saat menghadapi orang-orang yang malas membaca. Pahami alasan kenapa mereka malas dan ikuti cara untuk meningkatkan minat baca mereka.

Ingin lebih banyak rekomendasi buku-buku berkualitas yang menunjang keterampilan menulis? Maka bisa mengunjungi laman resmi Deepublish Store. Buku-buku yang tersedia hadir dalam versi cetak maupun elektronik dan karya para ahli di bidangnya. 

Apabila memiliki pertanyaan berkaitan dengan topik manfaat membaca buku bagi penulis, maka bisa menuliskannya di kolom komentar. Klik tombol Share untuk memberikan akses pada orang terdekat Anda pada artikel ini. Semoga bermanfaat. 

Mau menulis tapi waktu Anda terbatas?

Gunakan saja Layanan Parafrase Konversi!

Cukup siapkan naskah penelitian (skripsi, tesis, disertasi, artikel ilmiah atau naskah lainnya), kami akan mengonversikan jadi buku yang berpeluang memperoleh nomor ISBN!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

logo deepublish

Penerbit Deepublish adalah penerbit buku yang memfokuskan penerbitannya dalam bidang pendidikan, pernah meraih penghargaan sebagai Penerbit Terbaik pada Tahun 2017 oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).

Kritik/Saran Pelayanan  : 0811-  2846 – 130

Alamat Kantor

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581

Telp/Fax kantor : (0274) 283-6082

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© 2024 All rights reserved | Penerbit Buku Deepublish - CV. Budi Utama