Menumbuhkan minat baca seseorang di zaman dan era yang serba maju ini memang tidak mudah. Terlebih saat ini, Indonesia menempati rangking ke 62 dari 70 negara yang berkaitan dengan tingkat literasi. Artinya, minat baca masyarakat Indonesia termasuk berada di 10 negara paling bawah atau memiliki tingkat literasi yang rendah.

Menurut laporan dan juga survei, rendahnya minat baca masyarakat Indonesia terjadi karena beberapa hal. Alasan utamanya adalah selama berpuluh-puluh tahun belakangan, bangsa Indonesia memang selalu berkutat dengan sisi hilir, artinya masyarakat memang memiliki budaya membaca yang rendah.

Hal ini tak bisa dibiarkan begitu saja, selain tuntutan berbagai hal, menumbuhkan minat baca bagi diri sendiri juga sangat penting. Stima mengenai rendahnya minat baca masyarakat ini akhirnya menghasilkan daya saing yang rendah, indeks pembangunan SDM yang rendah, inovasi masyarakat yang rendah, dan memengaruhi pendapatan perkapita negara.

Artinya, jika seseorang tidak memiliki keinginan untuk menumbuhkan minat baca, maka mereka negara Indonesia-lah yang akan mengalami rendahnya indeks kebahagiaan dari berbagai aspek.

Padahal, membaca memiliki berbagai manfaat bagi manusia. Dengan menumbuhkan minat baca, seseorang memiliki pandangan dan wawasan yang luas di luar pengetahuan pokok yang ia miliki. Menumbuhkan minat baca seseorang sama dengan membuka mata dan pikiran manusia lebih luas.

Semakin seseorang memiliki minat baca yang tinggi, maka berbagai pengetahuan dan masukan akan ia terima dengan baik dan berdampak positif tak hanya bagi dirinya tetapi juga lingkungan di sekitarnya. Karena dengan menumbuhkan minat baca, seseorang mampu mengolah, mensistematisasikan, dan mengemas bacaan menjadi hal yang berguna.

7 Manfaat Membaca yang Akan Anda Rasakan

Selain menambah pengetahuan dari dunia luar, menumbuhkan minat baca juga memiliki beragam manfaat bagi kehidupan masyarakat. Berikut ini adalah berbagai manfaat membaca untuk manusia, terutama di usia produktif.

1. Memperluas Ilmu

Dengan membaca, maka seseorang memiliki ilmu pengetahuan yang luas tak hanya mengenai kehidupan sekitarnya tetapi juga pengetahuan lainnya di luar hal yang ia tahu. Akhirnya, mereka memiliki berbagai informasi yang tak dimiliki orang lain dan kemudian bermanfaat untuk kehidupannya di masa mendatang.

2. Menambah Wawasan

Seperti yang sudah kita tahu, menumbuhkan minat baca merupakan cara paling tepat untuk menambah wawasan seseorang. Dengan membaca, maka mata dan otak akan mengetahui lebih banyak wawasan yang sebelumnya belum ia tahu. Hal ini sangat berguna dan bermanfaat untuk mencapai prestasi seseorang.

3. Mencerdaskan Bangsa

Setelah memiliki berbagai ilmu dan wawasan yang luas, menumbuhkan minat baca secara global juga akan bermanfaat untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara. Artinya, jika banyak orang yang memiliki minat baca yang tinggi, maka program pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa akan segera tercapai.

4. Berguna Bagi Kaum Milenial

Majunya zaman karena perkembangan teknologi dan informasi juga bisa diikuti oleh mereka yang memiliki minat baca yang tinggi. Menumbuhkan minat baca akan membuat seseorang terutama generasi milenial akan memperoleh berbagai pengetahuan baru. Pengetahuan baru tersebut praktis akan berguna untuk kehidupan sehari-harinya hari ini atau masa depan.

5. Mengurangi Kebodohan

Jika masyarakat memiliki minat baca yang baik, maka angka kebodohan masyarakat juga ikut menurun. Hal ini karena kebiasaan membaca akan menular ketika dibarengi dengan hal dan impact yang baik dari pembaca buku.

6. Memiliki Kehidupan yang Lebih Baik

Meski tak dirasakan secara langsung, menumbuhkan minat baca akan membuat seseorang mengetahui berbagai peristiwa dan juga cara penyelesaiannya. Ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk memiliki kehidupan yang lebih baik. Seseorang akan menerapkan kehidupannya dengan baik dan lebih berkualitas karena bisa memilih tindakan yang tepat.

7. Menambah Ide

Tak hanya bagi penulis, pentingnya menumbuhkan minat baca akan sangat bermanfaat bagi semua orang untuk menambah idenya dalam berbagai hal. Hal ini karena dengan banyak membaca, maka akan banyak pengetahuan baru dan inspirasi yang kemudian bisa diterapkan ke kehidupan sehari-hari.

Baca Juga:

10 Tips Menumbuhkan Minat Baca

Setelah mengetahui berbagai manfaat membaca, kita akan mengupas mengenai tips menumbuhkan minat baca. Seperti yang kita ketahui saat ini, minat membaca masyarakat Indonesia tergolong sangat rendah. Diharapkan berbagai aspek masyarakat turut mendukung agar tercipta peningkatan minat baca pada masyarakat.

Lalu kira-kira hal apa saja yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan minat baca seseorang? Untuk dapat menumbuhkan minat baca, maka kita harus melakukan beberapa tips berikut ini.

1. Menumbuhkan dan Memotivasi untuk Membaca

Untuk dapat menumbuhkan minat baca, maka seseorang harus memulai dari diri kita sendiri. Ketika kita sadar pentingnya membaca tak hanya bagi siswa atau pelajar, maka minat baca kita juga akan semakin meningkat. Tetapkan juga tujuan untuk membaca agar kita memiliki minat membaca yang lebih baik.

Tanamkan juga di dalam diri kita mengenai pentingnya kebiasaan membaca. Dengan menanamkan keyakinan tentang pentingnya membaca, seseorang kemudian tak hanya sekadar membaca untuk memenuhi kewajiban tapi sudah menjadi bagian dari aktivitasnya yang tak bisa ditinggalkan.

Akhirnya, kebiasaan membaca tersebut akan meningkat dan dampak baiknya akan membuat sumber daya manusia (SDM) juga meningkat, dibarengi dengan ajakan dan juga pengaruh pada orang lain mengenai kebiasaan membaca. Orang yang memiliki aktivitas membaca juga akan memperoleh berbagai pengetahuan dan kosakata baru.

Perbendaharaan ilmu dan kosakata tersebut akhirnya membuat kita terus penasaran dan tertarik untuk membaca buku lebih banyak lagi dan tentu saja akan berdampak positif bagi kehidupan masyarakat kita.

2. Keinginan Membaca Buku Sesuai dengan Judul yang Diinginkan

Jika masih sulit menumbuhkan minat baca dari dalam diri sendiri, kita bisa memulai meningkatkan minat membaca dengan cara membaca buku dengan judul yang kita inginkan atau kita minati. Cara ini akan membuat seseorang lebih mudah membiasakan diri untuk membaca.

Karena bacaan yang didapat sesuai dengan keinginan dan minatnya, maka minat bacanya perlahan akan meningkat dan juga membuat kita memiliki mindset bahwa buku yang kita baca memang kita perlukan. Ketika sudah terbiasa membaca buku dengan judul yang kita sukai, maka kita akan terus mengeksplor pengetahuan dengan judul dan tema buku yang lain.

Tips menumbuhkan minat baca ini sangat ampuh bagi seseorang yang memang tidak memiliki minat baca yang tinggi atau bagi seseorang yang tidak terbiasa membaca di tengah aktivitasnya sehari-hari.

3. Mengatur Jadwal Khusus untuk Membaca

Sama halnya dengan aktivitas yang lain, menumbuhkan minat baca bisa dimulai dengan penjadwalan. Meski terkesan kaku, mulai mengatur waktu untuk membaca setiap hari akan jadi hal yang menarik dan tidak membosankan untuk menumbuhkan minat baca.

Misalnya, beri waktu sekitar 30 menit setiap harinya untuk membaca. Meski waktu yang diberikan sedikit tetapi kebiasaan ini akan membuat seseorang lebih konsisten dan mulai membaca secara rutin. Kemudian tingkatkan waktu tersebut beberapa kali lipat. Dengan cara ini, kebiasaan membaca tidak akan jadi hal yang berat dan akan lebih terbiasa.

Menyempatkan membaca buku secara konsisten perlahan akan mampu menumbuhkan minat baca seseorang yang akan berpengaruh baik bagi kehidupannya sehari-hari. Dengan mengatur jadwal juga, maka kita tidak akan mengganggu aktivitas lainnya.

4. Mengusahakan Membeli Buku Secara Rutin

Pentingnya membaca buku harus kita pahami sesegera mungkin. Kemudian kita juga harus menyadari bahwa membeli buku merupakan kegiatan wajib yang bisa kita lakukan. Karena sadar atau tidak, generasi milenial saat ini lebih banyak membuang uangnya untuk melakukan kegiatan yang kurang bermanfaat seperti foya-foya dan nongkrong.

Ada baiknya jika mulai mengganti kebiasaan tersebut dengan membeli buku. Membeli buku baik buku cetak maupun digital tidak terlalu mahal dan tidak terlalu membuat seseorang boros. Malah, dengan membeli buku dan rutin membacanya, kita akan memetik berbagai manfaat dan dampak baik sehingga tak ada penyesalan di kemudian hari.

5. Memanfaatkan Waktu

Selain menyediakan dan menyempatkan waktu untuk membaca buku, mulai biasakan diri mengisi berbagai waktu kosong untuk membaca buku. Bisa juga ketika kita sedang menunggu sesuatu, misal menunggu bus, menunggu kereta, atau menunggu giliran antre, kita isi dengan kegiatan membaca buku.

Selain bermanfaat untuk menambah informasi dan pengetahuan yang lebih baik, menggunakan waktu menunggu dengan membaca buku akan membuat waktu berjalan lebih cepat dan tidak terasa. Sehingga kita tidak saja menunggu tanpa ada manfaat tetapi bisa menggunakan waktu sebaik-baiknya untuk menambah pengetahuan dna menumbuhkan minat baca.

6. Memiliki List Buku yang Dibaca

Menumbuhkan minat baca yaitu memiliki list buku yang akan dibaca ini bisa dilakukan ketika seseorang sudah mulai nyaman membaca buku dengan beragam judul dan tema. Tentukan list dan juga rencana kira-kira buku apa yang akan kita baca sampai habis dalam jangka waktu tertentu.

Catatlah apakah list yang kita tentukan sudah terpenuhi atau belum dan tambahkan list baru ketika list buku bacaan yang kita baca sudah habis. Hal ini akan membuat kita semakin ingin banyak membaca dan mendapat berbagai pengetahuan baru.

7. Gunakan Waktu Sebelum Tidur atau Sebelum Istirahat untuk Membaca

Menumbuhkan minat baca yang selanjutnya bisa dilakukan sebelum kita tidur atau sebelum istirahat. Dengan membiasakan membaca buku sebelum tidur atau sebelum istirahat, saat sudah bangun tidur atau saat pikiran sudah fresh, kita akan penasaran dan kembali meneruskan bacaan yang sudah kita baca sebelumnya.

Tak hanya itu, berbagai penelitian membuktikan bahwa kebiasaan membaca akan memperbaiki kualitas tidur seseorang. Seseorang yang rutin membaca akan memiliki tingkat stres yang rendah sehingga kualitas tidurnya akan lebih baik. Akhirnya, tubuh akan jauh lebih sehat dibandingkan dengan mereka yang jarang atau tidak pernah membaca.

8. Bergabung dengan Komunitas

Jika memang ingin menekuni dan menumbuhkan minat baca, kita juga bisa bergabung dengan komunitas membaca. Dengan bergabung dengan sebuah komunitas membaca, maka kita bisa saling bertukar pikiran, pengalaman, dan tips dari anggota lainnya untuk mencapai tujuan yang kita ingini.

Di komunitas tersebut, kita bisa mengatasi masalah minat baca yang masih rendah dan akan semakin termotivasi karena orang-orang di sekitarnya juga sedang melakukan kegiatan yang sama. Kita akan merasa lebih relevan dengan orang-orang di komunitas tersebut dan akan membiasakan diri membaca karena motivasi dari orang-orang terdekat.

9. Mempercantik Koleksi Buku

Seseorang yang sudah mulai berhasil memulai membaca sebagai aktivitas sehari-harinya tetap perlu menumbuhkan minat baca. Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan mempercantik koleksi buku. Tata atau susun berbagai koleksi buku yang kita miliki dengan tatanan yang memang kita sukai.

Misalnya deretan buku dengan tema yang sama disusun sejajar atau di satu tempat, kemudian pisahkan buku menurut temanya masing-masing. Jika perlu, belilah berbagai aksesoris untuk memperindah tempat penyimpanan buku kita. Dengan cara itu, kita akan lebih suka untuk melihat sudut kumpulan buku dan akan lebih nyaman membaca buku.

Jaga juga buku dengan cara yang baik agar buku tetap bagus meski sudah pernah dibaca. Beli atau buat rak yang indah dan cantik agar tatanan lebih menarik sehingga aktivitas membaca tak akan jadi hal yang membosankan dan melelahkan. Jangan lupa juga rapikan dan bersihkan sudut penyimpanan buku secara rutin.

10. Dipaksa Membaca

Kita juga bisa menumbuhkan minat baca dengan memaksakan diri untuk membaca. Terkadang, kebiasaan yang sulit kita lakukan akan lebih ringan dan tidak terasa ketika awalnya kita memaksakan diri. Memaksakan diri untuk membaca buku tak seburuk yang dibayangkan.

Dengan memulai kebiasaan untuk membaca buku meski dipaksa, kita akan berusaha melawan rasa malas dan adanya berbagai distraksi pada diri kita. Akhirnya kita akan lebih bisa untuk menata dan mengatur mood kita untuk membaca dan akan terbiasa dengan sendirinya untuk menyadari betapa pentingnya membaca buku.

Baca Juga:

Pentingnya Menumbuhkan Minat Baca

Setelah kita mengetahui bagaimana tips menumbuhkan minat baca, maka kita akan mengetahui betapa pentingnya menumbuhkan minat baca. Tidak hanya semata-mata menambah ilmu dan pengetahuan, menumbuhkan minat baca jadi hal yang penting untuk kehidupan kita di masa mendatang.

Seseorang yang memiliki minat baca yang baik atau kegemaran membaca akan memberi dampak yang positif bagi dirinya sendiri dan orang-orang di sekitarnya. Hal ini karena orang yang gemar membaca akan mempergunakan minat bacanya sebagai sarana belajar dan melakukan aktivitas yang positif untuk dirinya sendiri.

Selanjutnya, menumbuhkan minat baca juga akan membuat seseorang akan mendapat sumber motivasi yang baik dan sangat penting untuk dirinya sendiri. Memiliki kegemaran membaca akan membuat kita menjadi seseorang yang memiliki pikiran dan wawasan terbuka.

Kita akhirnya akan menguasai berbagai hal selain mendapat wawasan dan pengetahuan baru, misalnya meningkatkan kemampuan mengevaluasi suatu masalah yang ada di buku bacaan, meningkatkan kemampuan menganalisis sebuah masalah, mengetahui cara pemecahan masalah yang tepat, dan lain sebagainya.

Menumbuhkan minat baca juga akan mempengaruhi intensitas seseorang dalam menentukan dan mencapai cita-citanya di masa mendatang. Hal ini pengaruhnya akan menjadi sebuah proses pengembangan diri yang baik karena membaca memang memiliki peran besar dan penting dalam kehidupan manusia.

Oleh sebab itu, menumbuhkan minat baca sangat penting karena berbagai aspek di dalam diri kita akan diasah sehingga kita tidak hanya lahir untuk menghadapi takdir tapi dapat melakukan dan memiliki tujuan hidup yang baik.

Terakhir, yang perlu diketahui oleh banyak orang bahwa kegiatan membaca merupakan proses berpikir. Dengan berpikir, maka seseorang akan banyak melakukan dan belajar mengenai proses, mulai dari proses mengenali, memahami, menginterpretasikan lambang-lambang, dan dapat menentukan tujuan hidup.

Berbagai proses tersebut juga akan mempengaruhi berbagai aspek seperti psikologis, kecerdasan, minat, motivasi, persepsi, ingatan, retensi, dan banyak hal lain yang bermanfaat bagi aspek kognitif kita. 

Artikel Terkait: