⚠️ Cetak buku diskon 35% dan gratis ongkir se-Indonesia, MAU? Ambil diskon di sini!

7 Manfaat Menerbitkan Buku Ber ISBN, ISBN Wajib?

Manfaat Menerbitkan Buku Ber ISBN

Anda yang hendak menerbitkan buku, penting untuk memahami apa dan manfaat menerbitkan buku ber ISBN. Sebab tidak semua penerbit di Indonesia bisa membantu mengurus ISBN atas karya tulis yang dibuat dan diterbitkan. 

Padahal memiliki ISBN sangat penting, karena manfaat yang diberikan sangat luas. Khususnya bagi akademisi seperti dosen yang menunaikan kewajibannya menulis dan menerbitkan buku. Lebih lanjut bisa menyimak penjelasan di bawah ini. 

Apa Itu ISBN?

Sebelum membahas mendalam mengenai detail manfaat menerbitkan buku ber ISBN, maka dibahas dulu mengenai definisinya. ISBN memiliki kepanjangan International Standard Book Number atau Standar Internasional Penomoran Buku. 

Secara umum, ISBN adalah kode pengidentifikasian buku yang bersifat unik dan bersifat internasional. Artinya buku semua negara di dunia yang diterbitkan secara resmi oleh penerbit akan memiliki ISBN. 

ISBN dirilis atau dikeluarkan oleh lembaga yang diberi wewenang khusus oleh suatu negara. Di Indonesia, lembaga yang mendapat wewenang ini adalah Perpusnas (Perpustakaan Nasional). 

Jumlah kode unik untuk terbitan saat ini adalah 13 digit, sementara untuk buku terbitan lama masih berjumlah 10 digit. Penambahan 3 digit ini untuk mengatasi kode unik dengan deretan 10 digit yang sudah habis alias terpakai semua. 

Apakah semua buku yang diterbitkan memiliki ISBN? Secara standar yang berlaku, semua buku idealnya memang memiliki ISBN. Hanya saja tidak semua orang atau perusahaan dan organisasi bisa mengajukan permohonan ISBN ke Perpusnas. 

Jadi, jika seorang penulis buku tidak menerbitkan bukunya di penerbit yang sifatnya resmi dan legalitasnya jelas. Maka ada kemungkinan buku tersebut terbit tanpa ISBN. Begitu juga sebaliknya. 

ISBN sendiri adalah kode unik untuk terbitan buku, terbitan jenis lain tidak memiliki ISBN. Contohnya terbitan berbentuk jurnal ilmiah, dimana memiliki kode unik sendiri yang disebut ISSN. ISSN diberikan untuk terbitan periodik seperti jurnal, koran, dan majalah. Berbeda dengan buku yang menggunakan ISBN.

Baca Juga: Fungsi, Stuktur dan Contoh ISBN

Manfaat Menerbitkan Buku Ber-ISBN

Hal penting berikutnya yang perlu dipahami adalah apa saja manfaat menerbitkan buku ber ISBN? Jadi, ISBN di dalam buku yang sudah diterbitkan bukan tidak memberi manfaat. Kode unik ini dibuat dengan berlaku secara internasional sudah menunjukan arti pentingnya. 

Jika dipelajari lebih dalam maka ISBN ini diketahui punya beberapa manfaat. Manfaat menerbitkan buku ber ISBN antara lain:

1. Memberikan Identitas pada Buku 

ISBN yang merupakan kode unik pada buku bisa memberikan identitas yang jelas pada buku tersebut. Kode ini bersifat unik dan mampu membedakan satu buku dengan buku lainnya tanpa kesalahan. Baik di cek manual maupun dengan mesin. 

Identitas buku yang jelas adalah aspek penting untuk mencegah kesalahan. Misalnya saat melayani pesanan buku konsumen, mendata hasil penjualan buku, dan sebagainya. Sehingga data valid karena berbasis ISBN bukan sekedar judul atau nama penulis yang kadang kala sama persis. 

2. Mendorong Peningkatan Jumlah Penulis

ISBN juga bermanfaat untuk mendorong peningkatan jumlah penulis. Secara sederhana, ISBN ini membantu memberi dorongan bagi para penulis untuk menerbitkan karyanya yang berbentuk buku. Bagaimana hal ini terjadi? 

Jadi, kode unik memastikan setiap buku terdata dengan baik sehingga penulisnya mendapat hak yang semestinya. Selain itu ISBN juga menegaskan buku tersebut diterbitkan secara resmi dan masuk database Perpusnas. Jika karya terjamin maka akan mendorong lebih banyak orang membuat karya tersebut. 

3. Mendukung Proses Distribusi 

Manfaat menerbitkan buku ber ISBN yang ketiga adalah mendukung proses distribusi. Sebab ISBN yang sifatnya unik mendukung proses pendataan buku untuk dikeluarkan dari gudang penerbit dan masuk ke toko buku, reseller buku, dll dengan jelas. 

Ada ISBN 10 dan 13, apakah Anda sudah tahu perbedaannya? Cek Perbedaan ISBN 10 dan 13

4. Memberikan Keuntungan Finansial bagi Penerbit dan Penulis Buku 

ISBN juga bermanfaat untuk membantu penerbit dan penulis buku mendapatkan keuntungan finansial. Kode unik ini memastikan data penjualannya jelas, sehingga penulis mendapatkan royalti yang sesuai dan penerbit mendapatkan keuntungan penjualan dengan semestinya. 

5. Memaksimalkan Promosi Buku 

Manfaat menerbitkan buku ber ISBN berikutnya adalah mendukung atau memaksimalkan promosi buku itu sendiri. Salah satu alasannya karena buku terdata di Perpusnas yang kemudian bisa didistribusikan secara nasional. 

Buku kemudian bisa masuk ke toko buku mana saja, masuk ke koleksi perpustakaan di kota dan daerah-daerah, dan bisa dibaca online di laman dan aplikasi milik Perpusnas. Sehingga semakin banyak yang tahu dan membacanya. 

6. Mendukung Pengembangan Karir Akademik Guru dan Dosen 

ISBN membuat buku yang diterbitkan kalangan akademisi seperti guru dan dosen diakui. Misalnya pada dosen, maka diakui oleh Dikti dan masuk ke LKD dan masuk ke proses penilaian angka kredit (PAK). Sehingga membantu pengembangan karir akademik dosen tersebut. Hal serupa juga berlaku untuk guru. 

7. Meningkatkan Peran Perpusnas 

Lewat ISBN, peran dari Perpusnas semakin kuat. Pertama, Perpusnas menjadi satu-satunya lembaga yang punya wewenang merilis ISBN pada buku yang diterbitkan penerbit. Kedua, buku ber ISBN terdata di Perpusnas yang bisa diakses seluruh masyarakat secara online dan offline di Perpusnas tersebut. 

Sekarang Anda sudah tahu manfaat menerbitkan buku ber ISBN. Saatnya terbitkan buku ber ISBN! Begini Cara Menerbitkan Buku Ber ISBN

Apa Jadinya Apabila Buku Tidak Memiliki ISBN?

Bagaimana jika sebuah buku tidak memiliki ISBN? Maka seluruh manfaat yang dijelaskan sebelumnya tidak akan didapatkan. Ada risiko penulis buku tersebut kehilangan haknya untuk menerima royalti. Bisa jadi karena angka penjualannya susah untuk ditelusuri. 

Belum lagi bagi kalangan pendidik seperti guru dan dosen, dimana menulis dan menerbitkan buku adalah kewajiban. Selain memenuhi beban kerja, buku tersebut juga mendorong pengembangan karir akademik para pendidik. 

Namun, syaratnya harus dipenuhi dimana salah satunya buku diterbitkan dengan ISBN. Jadi, jika diterbitkan di penerbit abal-abal praktis tidak memiliki ISBN dan tidak diakui. Sehingga buku yang sudah disusun susah payah tidak berdampak pada karir akademik. 

Penerbit Buku Ber IBSN

Menyadari betul bahwa ISBN hanya bisa diurus oleh penerbit kredibel dan merupakan anggota IKAPI. Maka penting sekali bagi para penulis untuk tidak sembarangan dalam memilih penerbit. 

Anda yang khawatir salah pilih bisa menggunakan jasa penerbitan buku dari Penerbit Deepublish. Penerbit yang berbasis di Yogyakarta ini dikatakan tepat untuk dipilih karena beberapa alasan.

Alasan kenapa Anda harus menerbitkan buku di Penerbit Deepublish yaitu: 

  1. Sudah berpengalaman, dimana saat ini Penerbit Deepublish sudah melayani penerbitan selama 13 tahun lebih. 
  2. Kualitas terjamin, sebab menggunakan standar kualitas ISO 9001:2008 dalam operasional bisnisnya. 
  3. Buku ber ISBN dan resmi, sebab Penerbit Deepublish adalah penerbit resmi dan sudah menjadi anggota IKAPI sejak tahun 2012.
  4. Biaya penerbitan terjangkau, sebab Penerbit Deepublish memiliki visi dan misi menyediakan buku berkualitas bagi masyarakat luas dan bisa dijangkau semua kalangan. 
  5. Proses penerbitan jelas dan mudah, dimana sudah berbasis online. 

Tertarik untuk menerbitkan buku secara resmi dan mendapatkan seluruh manfaat menerbitkan buku ber ISBN? Maka bisa segera menggunakan jasa penerbitan dari Penerbit Deepublish. Detailnya bisa mengunjungi laman Jadi Penulis di Penerbit Deepublish.

Mau menulis tapi waktu Anda terbatas?

Gunakan saja Layanan Parafrase Konversi!

Cukup siapkan naskah penelitian (skripsi, tesis, disertasi, artikel ilmiah atau naskah lainnya), kami akan mengonversikan jadi buku yang berpeluang memperoleh nomor ISBN!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

logo deepublish

Penerbit Deepublish adalah penerbit buku yang memfokuskan penerbitannya dalam bidang pendidikan, pernah meraih penghargaan sebagai Penerbit Terbaik pada Tahun 2017 oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).

Kritik/Saran Pelayanan  : 0811-  2846 – 130

Alamat Kantor

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581

Telp/Fax kantor : (0274) 283-6082

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© 2024 All rights reserved | Penerbit Buku Deepublish - CV. Budi Utama