Manfaat Menulis : 5 Keuntungan dari Menulis Buku Ajar

manfaat menulis

Banyak manfaat menulis yang bisa anda dapatkan dengan menulis buku ajar asalkan anda mengetahui cara yang tepat untuk menulisnya.

 

Manfaat Menulis | Menurut Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Dosen, buku ajar adalah buku pegangan untuk suatu mata kuliah yang ditulis dan disusun oleh pakar bidang terkait dan memenuhi kaidah buku teks serta diterbitkan secara resmi dan disebar luaskan. (http://pak.dikti.go.id/portal/wp-content/plugins/downloads-manager/upload/PEDOMAN%20OPERASIONAL%20AK%202009.pdf) Buku ajar merupakan salah satu buku yang dapat dijadikan referensi oleh mahasiswa maupun peserta didik lainnya dalam proses belajar mengajar.

Dalam sebuah kelas ketika dosen menyampaikan materi, pada umumnya dosen akan membawa handout atau modul atau buku ajar. Gunanya adalah untuk memudahkan dosen ketika akan menyampaikan materi. Begitu pula dengan mahasiswa, dengan membawa hand out dari dosen, mahasiswa akan lebih mudah menangkap materi yang diajarkan. biasanya hal yang terjadi selanjutnya adalah handout yang diperoleh mahasiswa dari dosen hilang dan tidak terurus.

Kelemahan dosen yang menggunakan hand out ketika menyampaikan materi di kelas adalah terkadang mahasiswa kurang dapat menyimpannya dengan baik. Kerugian bukan ada pada dosen, tetapi pada mahasiswa karena kebanyakan materi ujian terdapat pada hand out tersebut. Ada juga dosen yang memberikan materi maupun modul dalam bentuk soft file (pdf). Hal ini memang efektif karena modul akan tersimpan tetapi terkadang menjadi ribet karena memerlukan media (computer/ gadget) untuk membukanya.

Salah satu solusi yang paling baik adalah dengan menyusun modul atau hand out tersebut menjadi sebuah buku ajar. Ketika disusun menjadi sebuah buku, materi-materi pada modul atau hand out akan lebih tersusun rapi dan praktis. Tidak akan hilang ataupun tercecer karena buku lebih mudah disimpan. Pun tidak harus menggunakan computer atau gadget untuk membukanya.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan menulis buku ajar.

 

Menambah pengalaman menulis | Manfaat Menulis

                Menulis karya apa saja, termasuk buku ajar akan menambah pengalaman anda dalam menulis. Pepatah mengatakan bahwa pengalaman adalah guru yang paling baik. Pengalaman dalam menulis tidak akan anda dapatkan kecuali dengan sering menulis, dalam segala bentuk tulisan.

Menulis buku berbeda dengan menulis artikel atau karya-karya lain. Ada aturan-aturan dan komponen-komponen yang berbeda. Perbedaannya terletak pada kerangka penulisan, banyaknya halaman, kerangka berfikir, dan lain sebagainya.

Pengalaman menyusun buku juga dapat menambah tingkat penilaian orang lain kepada anda. Anda akan lebih dihargai karena dianggap sebagai pakar. Juga anda lebih dihargai karena gagasan-gagasan anda yang terutarakan di dalam buku yang anda tulis. Bisa jadi orang-orang yang membaca karya anda menjadi terinspirasi atau termotivasi.

 

Menambah wawasan | Manfaat Menulis

                Proses menulis sejatinya tidak hanya proses menuangkan gagasan kita dalam sebuah tulisan, tetapi juga bagaimana kita membandingkan dan meramu kembali ide-ide dari referensi yang ada untuk disimpulkan. Dari proses inilah wawasan seorang penulis akan terus bertambah. Penulis menjadi mengerti bagaimana pendapat para ahli tentang topik bahasan yang sedang ia tulis.

Selain wawasan tentang pemikiran para ahli, menulis buku juga menambah wawasan tentang bagaimana proses pembuatan sebuah buku. Mulai dari proses penyusunan naskah, editing, revisi, desain, hingga proses finishing. Seorang penulis juga secara tidak langsung akan mempelajari bagaimana teknik pemasaran buku. Karena mau tidak mau penulis buku juga ikut mempromosikan karyanya.

 

Berbagi pengetahuan | Manfaat Menulis

                Salah satu tujuan utama dalam menulis ialah untuk membagi pengetahuan dan gagasan kita kepada orang lain. Lantas apa keuntungannya bagi penulis?

Berbagi tidak akan mengurangi apa yang kita miliki. Justru dengan berbagi kita menjadi lebih menghargai apa yang ada dalam diri kita, termasuk pengetahuan. Ketika seseorang membagikan pengetahuannya kepada orang lain maka pada saat itu satu orang mendapatkan pengetahuan baru. Hal itu menjadi keuntungan baik bagi yang membagikan dan yang mendapatkan pengetahuan.

Dengan membagi gagasan, kita akan memperoleh feedback, baik itu berupa kritikan, saran maupun pujian. Kritik dan saran dapat dijadikan pegangan untuk memperbaiki pengetahuan atau gagasan yang sudah kita punya. Dengan demikian kita dapat mengembangkan diri agar menjadi lebih baik lagi.

 

Sarana mengungkapkan gagasan | Manfaat Menulis

                Salah satu sarana yang paling baik untuk mengungkapkan gagasan adalah melalui karya tulisan, baik itu artikel, puisi, buku, dan lain sebagainya. Melalui tulisan orang-orang dapat mengerti tentang apa yang kita pikirkan tentang topik tertentu.

Dalam menulis buku ajar kita juga dibebaskan untuk menyampaikan gagasan. Walaupun untuk buku-buku ilmiah sains sudah ada teori-teori paten yang menjadi referensi, tetapi penulis dapat menjelaskan teori-teori tersebut dengan bahasanya sendiri. Seringkali Bahasa penulisan dosen yang mengajar mata kuliah dan menulis buku ajar lebih dapat dipahami oleh mahasiswa daripada buku referensi yang asli.

 

Sarana Berwirausaha | Manfaat Menulis

                Buku ajar yang ditulis oleh dosen sebaiknya juga diterbitkan secara resmi. Artinya buku tersebut tidak hanya untuk konsumsi mahasiswanya, tetapi juga dapat dinikmati oleh mahasiswa lain dan masyarakat umum. Ketika buku ajar telah diterbitkan karya tersebut dapat dijadikan modal berwirausaha. Selain insentif dari penerbit, penulis juga dapat mendapatkan uang tambahan dari menjual karyanya kepada mahasiswa. (http://www.ubaya.ac.id/2014/content/articles_detail/45/Berkarya-Dan-Berwirausaha-Dengan-Menulis-Buku.html)

 

Apakah Anda sedang atau ingin menerbitkan buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara gratis. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang Manfaat menulis  anda dapat melihat Artikel-artikel berikut:

  1. Manfaat Menulis Buku Bagi Dosen Ternyata Sangat Dahsyat!!
  2. 3 Manfaat Menulis Bagian Biografi Penulis
  3. Cara Menerbitkan Buku: 5 Manfaat Menulis Buku Bagi Seorang Pengusaha

Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS disini!

 

[Niki Hidayati]

 

 

Referensi :

  1. http://pak.dikti.go.id/portal/wp-content/plugins/downloads-manager/upload/PEDOMAN%20OPERASIONAL%20AK%202009.pdf
  2. http://www.ubaya.ac.id/2014/content/articles_detail/45/Berkarya-Dan-Berwirausaha-Dengan-Menulis-Buku.html

 



This post has been seen 809 times.
(Visited 186 times, 1 visits today)

2 Pings & Trackbacks

  1. Pingback:

  2. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *