fbpx

Mengenal Digital Printing Jogja

digital printing jogja

Ada banyak layanan digital printing Jogja. Digital printing sendiri adalah sebuah teknik percetakan dari gambar dan text berbasis digital, dari file kemudian kita bisa langsung mencetak nya dengan berbagai media dengan cara yang instan dan cepat. Singkatnya, digital printing adalah sebuah inovasi dari perkembangan metode percetakan konvensional menjadi digital.

Sebetulnya digital printing sudah berkembang sejak tahun 1990-an yang menjadikan mesin digital printing kian berkembang hingga saat ini. Perlu Anda ketahui bahwa jenis digital printing yang ada saat ini dibagi dalam beberapa jenis sesuai dengan jenis mesin yang digunakan.

Setidaknya ada 3 jenis digital printing yang biasa digunakan :

  1. Inkjet Machine

Merupakan mesin digital printing yang menggunakan basis tinta. Mesin ini tersedia dalam berbagai merek yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Sedangkan jenis tinta yang digunakan juga beragam mulai dari tinta Dye atau Pigmen, Solvent dan UV. Masing-masing tinta tersebut memiliki kekhasan masing-masing yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Jenis ini tentu sudah dimiliki digital printing jogja.

  1. Toner

Mesin digital printing yang satu ini mampu menghasilkan cetakan dengan ukuran A4 hingga A0. Biasanya mesin ini digunakan untuk mencetak buku, cetak kalkir, peta dan lain sebagainya. Mesin ini dapat bekerja secara cepat untuk menghasilkan cetakan sesuai dengan desain yang dipesan.

  1. Tinta Offset

Jenis digital printing jogja yang satu ini merupakan teknik mencetak pada media yang luas dan sangat fleksibel (Tinta Cetak Offset). Bahkan tak hanya untuk kertas saja, mesin ini bisa digunakan mencetak media plastik dengan biaya yang murah.

Umumnya digital offset memiliki biaya produksi yang lebih tinggi untuk per satuannya dibanding metode cetak yang lebih konvensional seperti percetakan offset dan sablon.Karena proses yang dilalui digital offset lebih ringkas, membuat digital offset menjadi lebih banyak digunakan untuk pencetakan skala kecil, sehingga teknik cetak digital offset sering juga disebut teknik cetak print on demand (sesuai permintaan), karena bisa mencetak dalam jumlah sedikit atau bahkan satuan.

Tinta yang digunakan adalah jenis tinta pasta, tinta toner yang dikeringkan dengan cara dipanaskan, dan sebagainya, tergantung masing-masing jenis mesin digital offsetnya. Perbedaan jenis tinta yang digunakan ini akan memiliki reaksi yang berbeda pula pada kertas.

Kelebihan teknik cetak digital printing :

  • Dapat mencetak dalm jumlah banyak di atas ribuan lembar, sehingga bila kuantitas yang akan dicetak semakin banyak, maka harga per lembarnya akan menjadi lebih murah.
  • Dapat mencetak pada kertas dengan tekstur kasar dan kertas bergramatur tebal hingga 300 gsm. Ukuran kertas yang digunakan bisa lebih besar, yaitu hingga A1 atau A0.
  • Anda dapat mencetak dengan warna khusus seperti emas atau perak serta warna stabilo.
  • Harga lebih ekonomis untuk cetak skala kecil.
  • Dapat mencetak dalam jumlah sedikit, ratusan lembar ataupun hanya satu lembar.
  • Anda tidak perlu menunggu lama untuk dapat menikmati hasil cetak dari mesin cetak digital karena tidak membutuhkan pembuatan film atau plat cetak.

Kelemahan teknik digital printing :

  • Waktu produksi yang dibutuhkan lebih lama karena membutuhkan proses pembuatan film, pembuatan plat cetak dan penyetelan tinta pada mesin. Selain itu, karena tinta yang digunakan adalah tinta basah, maka dibutuhkan waktu untuk proses pengeringan.
  • Terdapat banyak sampah pada saat proses penyetelan warna berlangsung, sehingga kurang ramah lingkungan.
  • Hanya dapat mencetak hingga ukuran A3+.
  • Hanya dapat mencetak dengan gramatur kertas maksimum 270 gsm.

Digital Printing Jogja Untuk  Pembuatan Cover Buku

Digital printing juga bisa Anda gunakan untuk mencetak buku. Berbagai jenis cover bisa Anda pilih di sana. Beberapa pilihan untuk cover buku yang bisa Anda pilih di digital printing jogja.

  1. Buku Hardcover

Buku hardcover ini banyak di gunakan dalam meeting formal, presentasi kinerja perusahaan, ataupun buku panduan. Disamping itu banyak yang menggunakan buku cetak hardcover ini untuk keperluan portfolio design, menu dan lainnya. Jenis bahan yang di pakai untuk cetak buku hardcover ini bervarasi mulai dari Art carton, kanvas, kertas kraft, dan jenis bahan fancy lainnya.

Pekerjaan jasa cetak buku hardcover cukup memakan waktu, di karenakan permintaan yang rapi dalam pembungkusan cover buku. Oleh karena itu estimasi jasa cetak buku hardcover adalah 3 – 5 hari tergantu kesulitan dan kuantitas yang diminta. Bertanya adalah jalan terbaik dalam menentukan spesifikasi yang dibutuhkan anda. Jasa ini bisa kita temukan di semua digital printing Jogja.

  1. Notes

Notes adalah sebuah buku cetak biasa digunakan untuk mencatat pesan atau informasi penting yang akan digunakan di suatu waktu nanti. Biasanya isi cetak notes berisikan logo dan visi misi perusahaan serta lembaran bergaris atau kosong yang digunakan untuk bagian menulis.

jasa digital printing

Penggunakan buku notes sangat digemari untuk keperluan promosi perusahaan. Seperti kebutuhan cetak souvenir lainnya, penggunaan personal pada notes membuat media cetak ini digemari untuk kebutuhan promosi perusahaan.

Cetak notes di Pranata Printing, menggunakan bahan yang ekonomis supaya mendapatkan harga cetak murah. Dengan menggunakan bahan art paper 120 dan art karton 210 sebagai cover, notes dapat di cetak dengan estimasi waktu 3 – 5 hari tergantung kebutuhan kuantitas perusahaan. Jasa ini bisa kita temukan di semua digital printing Jogja.

  1. Booklet

Booklet adalah buku kecil berukuran A5 atau A4 yang digunakann oleh perusahaan untuk menjabarkan rincian sebuah produk atau service di perusahaannya. Booklet sangat penting bagi setiap pengusaha dikarenakan membawa pesan dan perincian yang penting tentang sebuah perusahaan, sehingga desain untuk mencetak booklet dibuat sedemikian bagus untuk menarik minat calon pelanggan.

Mencetak booklet sangatlah mudah dan membutuhkan proses cepat. sehingga untuk membuat dan mencetak booklet membutuhkan waktu 1-2 hari tergantung dari banyaknya buku booklet yang dicetak. Variasi bahan dapat memberikan kesan cantik dan eksklusif, untuk cover dapat dicetak dengan bahan Art Carton 210 atau 260, dan untuk isinya bisa menggunakan bahan Art Paper dengan harga yang ekonomis.

Bahan Fancy dapat kami cetak sesuai dengan permintaan pelanggan. Penambahan aksesoris seperti Laminating, Poly, Emboss dan Spot UV pada buku booklet dapat memberikan keistimewaan pada project cetak Anda.

  1. Buku Agenda Kulit

Buku agenda adalah media cetak yang di buat menjadi buku yang biasanya terkenal dengan nama organizer. Buku ini sering digunakan untuk mencatat sebagai pengingat pekerjaan yang akan dilakukan. Buku agenda sangat mudah di dapat di toko toko buku, atau di pusat perbelanjaan.

Untuk memberikan kesan yang ekslusif, percetakan di jakarta dapat membuat buku agenda dengan menggunakan cover kulit. Cover kulit ini menggunakan bahan kulit sintesis yang dapat disetarakan dengan PVC. Jenis Jenis bahan yang digunakan untuk membuat agenda kulit adalah Oscar, Prada, Exclusive, Bludru, dan Coffee. Jika Anda berminat, Anda bisa datang ke digital printing Jogja. Harga yang ditawarkan pun bervariasi.

  • Tarif jilid hardcover Rp20.000/buku

Jilid ini meliputi jahit benang, print cover, laminasi doff, bahan hardcover (karton, pita, kain punggung buku) dan jasa pasang cover. Buku lebih kuat, lebih resmi dan tahan lama.

  • Tarif jilid hardcover pilung  Rp25.000/buku

Jilid ini meliputi jahit benang, print cover, laminasi doff, bahan hardcover (karton, pita, kain punggung buku) dan jasa pasang cover. Buku lebih kuat, lebih resmi dan tahan lama.

Solusi di Penerbit Deepublish

Jika Anda tertarik untuk mencetak buku, sebenarnya ada solusi praktis yang bisa dipilih. Anda bisa langsung menghubungi Penerbit Deepublish. Daripada harus menentukan berbagai macam hal seperti di atas, Penerbit Deepublish bisa memberikan paket murah untuk pembuatan buku Anda. Penerbit Deepublish bisa sebagai pilihan digital printing jogja. Tinggal konsultasikan kebutuhan buku Anda, Penerbit Deepublish akan mewujudkan cetakan buku sesuai dengan keinginan Anda.


 

Kontributor: Novia Intan

Ayo baca juga artikel: Cetak Buku – 5 Manfaat


PENERBIT BUKU DEEPUBLISH​

Situs ini adalah milik Penerbit Buku Deepublish dengan tujuan untuk membantu para calon penulis buku dalam menyelesaikan serta menyempurnakan naskah bukunya.

Pada situs ini pula Penerbit Buku Deepublish menawarkan kerjasama spesial yang sangat mudah, cepat, transparan, dan tentunya menguntungkan kepada para pendidik Indonesia.

Segala gambar dan konten yang digunakan memiliki hak cipta dari pemiliknya masing-masing. Situs ini dapat diakses secara gratis oleh seluruh netizen di Indonesia.

hubungi deepublish

kantor deepublish

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581 

Telp/Fax kantor : (0274) 453-3427​

Kritik/Saran Pelayanan 1 : 0821 – 3533 – 8522
Kritik/Saran Pelayanan 2 : 0822 – 1148 – 9554

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

PENERBIT BUKU DEEPUBLISH​

hubungi deepublish

kantor deepublish

Situs ini adalah milik Penerbit Buku Deepublish dengan tujuan untuk membantu para calon penulis buku dalam menyelesaikan serta menyempurnakan naskah bukunya.

Pada situs ini pula Penerbit Buku Deepublish menawarkan kerjasama spesial yang sangat mudah, cepat, transparan, dan tentunya menguntungkan kepada para pendidik Indonesia.

Segala gambar dan konten yang digunakan memiliki hak cipta dari pemiliknya masing-masing. Situs ini dapat diakses secara gratis oleh seluruh netizen di Indonesia.

Klik tombol dibawah ini untuk mengubungi Penerbit Buku Deepublish.

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581 

Telp/Fax kantor : (0274) 453-3427​

Kritik/Saran Pelayanan 1 : 0821 – 3533 – 8522
Kritik/Saran Pelayanan 2 : 0822 – 1148 – 9554

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© Penerbit Buku Deepublish