Peningkatan terhadap kualitas layanan kesehatan menjadi tuntutan yang harus dipenuhi oleh penyedia layanan kesehatan. Masyarakat berharap agar tenaga kesehatan dan tenaga laboratorium medik mampu memberikan layanan yang optimal. 

Bagi perguruan tinggi vokasi yang membuka program studi tenaga kesehatan dan tenaga laboratorium medik. Tentunya selalu berusaha untuk menjawab tuntutan zaman tersebut. Dimana ditanamkan berbagai hard skill dan soft skill kepada para mahasiswa. 

Upaya lain yang juga turut serta dalam menjadikan tenaga laboratorium medik bisa menjawab tantangan era sekarang. Adalah dengan aktif mengadakan dan mengikuti berbagai ajang lomba yang mengasah hard skill maupun soft skill tadi. 

Berkenaan dengan hal tersebut, Politeknik Farma Husada Mataram yang kemudian menggandeng penerbit deepublish sebagai sponsor. Mengadakan acara bertajuk 3rd Olimpiade Nasional Teknologi Laboratorium Medik (ON TLM) Tahun 2022. 

Tentang 3rd Olimpiade Nasional Teknologi Laboratorium Medik (ON TLM)

Olimpiade Nasional Teknologi Laboratorium Medik

Perkembangan teknologi yang semakin pesat mempengaruhi berbagai bidang kehidupan, termasuk bidang kesehatan. Penyelenggara layanan pendidikan tinggi di bidang kesehatan kemudian berpacu dengan kemajuan teknologi tersebut. 

Sehingga bisa mencetak lulusan atau alumni yang mampu mengikuti perkembangan zaman dan menjawab tuntutan era globalisasi seperti sekarang. Kondisi ini sejalan dengan semakin tingginya harapan atau tuntutan dari masyarakat. 

Harapan masyarakat adalah bisa mendapatkan layanan kesehatan dan laboratorium yang baik sehingga bisa mendapatkan informasi kesehatan secara efisien. Tenaga medis termasuk juga tenaga laboratorium medik kemudian membutuhkan lebih banyak keterampilan. 

Tidak hanya menguasai kemampuan akademis di bidang laboratorium medik saja, akan tetapi juga mampu mempraktekannya. Keseimbangan antara pemahaman secara teori dan praktik sangat diperlukan. 

Agar kedua jenis keterampilan ini bisa dikuasai oleh para lulusan tenaga laboratorium medik. Maka selama menempuh pendidikan para mahasiswa perlu aktif mengikuti berbagai ajang lomba yang mampu mengasah dan meningkatkan hardskill dan softskill

Menjawab kebutuhan tersebut, Politeknik Medica Farma Mataram (Poltek MFH) yang menggandeng penerbit deepublish sebagai sponsor. Kemudian menggelar acara atau ajang lomba yang diberi tajuk 3rd Olimpiade Nasional Teknologi Laboratorium Medik atau ON TLM. 

Lewat ON TLM Tahun 2022 tersebut diharapkan seluruh mahasiswa di program studi tenaga laboratorium medik bisa ikut serta. Sehingga bisa saling berbagi pengalaman, ilmu pengetahuan, dan saling mengembangkan keterampilan mumpuni. 

Penyelenggaraan ON TLM Tahun 2022 kemudian memiliki sejumlah tujuan, yaitu: 

  • Memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk bias mengasah kemampuan hard skill dan soft skill di era pandemic.
  • Sebagai   wadah   untuk   bias   mengasah kemampuan critical   thinking mahasiswa.

Oleh Poltek MFH Mataram, acara lomba ini sendiri terbagi menjadi beberapa jenis. Yaitu: 

  1. Lomba Video Promosi Kesehatan
  2. Lomba Fotografi Essay
  3. Lomba Poster Ilmiah
  4. Lomba Karya Tulis Ilmiah
  5. Lomba Cerdas Cermat

Lomba ini sendiri ditujukan untuk seluruh mahasiswa di program studi TLM baik jenjang D3 maupun D4 di seluruh poltekkes di Indonesia. Selain itu, bisa juga diikuti oleh siswa dan siswi dari jenjang SMA/SMK/MA di NTB. 

Setiap jenis lomba kemudian diatur penyelenggaraannya secara online dan disusun jadwal yang sesuai. Sehingga para peserta yang sudah mendaftar memiliki tenggat waktu untuk mengirimkan karya yang dilombakan. 

Baru kemudian ada waktu bagi panitia dan juri untuk menyaring dan menilai setiap karya yang dikirimkan para peserta. Baru kemudian diumumkan siapa saja pemenang dalam lomba ON TLM Tahun 2022 tersebut. 

Rangkaian Acara dan Daftar Peserta ON TLM 

Acara lomba 3rd Olimpiade Nasional Teknologi Laboratorium Medik Tahun 2022 oleh Poltek MFH Mataram resmi dibuka pada 15 April 2022. Pembukaan acara dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom dan dibuka pada pukul 10.00 WITA sampai 11.00 WITA. 

Acara pembukaan dibuka oleh Ketua Panitia dengan menyampaikan Laporan Kegiatan, kemudian disusul penyampaian sambutan oleh Ketua Program Studi D3 TLM Ibu Ika Nurfajri Mentari, M.Kes dan Direktur Politeknik Medica Farma Husada Mataram Bapak Dr. Syamsuriansyah,M.M.,M.Kes. 

Peserta dalam acara pembukaan ON TLM Tahun 2022 sendiri total ada 136 orang. Terdiri dari seluruh peserta yang mendaftar lomba di masing-masing jenis lomba yang disediakan oleh pihak Poltek MFH Mataram. 

Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh dosen-dosen prodi TLM dari kampus penyelenggara juga dari kampus asal peserta, dosen-dosen pendamping, juri-juri mata lomba dan diikuti oleh seluruh peserta dan mahasiswa umum.

Khusus untuk 3 jenis lomba. Yaitu lomba poster, lomba video promosi kesehatan dan lomba fotografi essay diadakan secara online. Sehingga para peserta yang sudah mendaftar dan memenuhi syarat bisa mengirimkan karyanya melalui email. 

Selanjutnya dilakukan penilaian pada 15 April – 21 April 2022. Sedangkan untuk dua lomba lainnya yaitu Lomba Cerdas Cermat (LCC) dan lomba Karya Tulis  Ilmiah (LKTI) diadakan secara live via daring menggunakan Zoom Meeting. Berikut adalah detail peserta lomba: 

1. Lomba Cerdas Cermat 

Pada Lomba Cerdas Cermat yang diadakan secara live via daring Zoom diikuti oleh 19 tim yang berasal dari:

  • Poltekkes Kemenkes Banjarmasin, 
  • STIKES Wira Medika Bali, 
  • Poltekkes Kemenkes Kaltim, 
  • Universitas Airlangga Surabaya, 
  • Akademi Analis Kesehatan Malang, 
  • STIKES Muhammadiyah Ciamis, 
  • Poltekkes Kemenkes Kupang, 
  • Universitas MH. Thamrin, 
  • Poltekkes Kemenkes Bandung, dan 
  • Politeknik Medica Farma Husada Mataram.

2. Lomba Karya Tulis Ilmiah 

Pada lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI) diikuti oleh 9 tim yang berasal dari: 

  • STIKES Wira Medika Bali, 
  • Poltekkes Kemenkes Banten, 
  • Poltekkes Kemenkes Kaltim, 
  • Poltekkes Kemenkes Banjarmasin, 
  • Poltekkes Muhammadiyah Makassar, dan 
  • Politeknik Medica Farma Husada Mataram. 

Daftar Pemenang ON TLM 

Penutupan ON TLM Tahun 2022 diadakan pada 23 April 2022 secara daring pada pukul 10.30 WITA. Berikut daftar pemenangnya: 

Olimpiade Nasional Teknologi Laboratorium Medik
Olimpiade Nasional Teknologi Laboratorium Medik

Masing-masing pemenang dalam acara ON TLM Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Poltek MFH Mataram mendapatkan berbagai hadiah. Mulai dari e-sertifikat, hadiah berupa uang tunai, dan hadiah dari pihak sponsor yakni penerbit deepublish. 

Hadiah dari pihak sponsor sendiri mencakup voucher pembelian buku dan juga merchandise menarik. Harapannya ajang lomba seperti ini terus dapat digelar, dan dari pihak Poltek MFH sendiri berharap tahun depan bisa mengadakan ON TLM Tahun 2023. 

Meskipun ajang lomba diadakan secara daring, namun tetap mampu membantu mengasah keterampilan para peserta sebagai tenaga laboratorium medik handal. Hal ini terbukti dari kesuksesan pihak Poltek MFH Mataram menggelar ON TLM Tahun 2022. 

Semakin sering ajang lomba serupa dan yang jenis lombanya lebih kompleks digelar. Tentunya semakin mendukung pengembangan keterampilan teori dan praktek para tenaga medis. Khusus tenaga laboratorium medik sesuai tujuan awal dari ON TLM sendiri. 

Pihak Poltek MFH juga mengucapkan terima kasih atas dukungan para peserta dari berbagai perguruan tinggi vokasi yang ikut mensukseskan ajang lomba ini. Harapannya ajang lomba memberi manfaat besar dan terus terselenggara di tahun-tahun berikutnya.


Apakah Anda sedang atau ingin melakukan cara membuat buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara gratis. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silahkan isi data diri Anda di : Daftar Menjadi Penulis Buku

Jika Anda Membutuhkan Referensi Tambahan, Kami Menyediakan EBOOK GRATIS yang Spesial Kami Persembahkan untuk Anda. Adapun Macam Ebook yang Bisa Anda Download sebagai Berikut:

Ebook : Cara Praktis Menulis Buku

Ebook : Rahasia Menulis Buku Ajar

Ebook : Self Publishing

Ebook : Pedoman Menulis Buku Tanpa Plagiarisme

Ebook : Strategi Jitu Menulis Buku Monograf

Ebook : Cerdas Menulis Buku Referensi