Perlunya dosen mengetahui penerbit buku dosen yang berkualitas, karena bagi dosen menulis buku merupakan bagian dari ceramah yang disampaikan ke mahasiswa secara tertulis. Sehingga dosen wajib memastikan yang tak hanya isi berkualitas melainkan hasil buku yang siap diedarkan dan sampai di tangan mahasiswa. Melalui buku tersebut, dosen bisa membagi ilmunya, serta kebaruan pemikirannya.

Dalam menulis buku, dosen hendaknya mengutamakan berpikir bahwa buku yang ditulisnya tersebut memberikan banyak manfaat bagi kepentingan pendidikan, terutama bagi kepentingan mahasiswanya.

Apabila dosen ingin menerbitkan buku, perhatikan pula kualitas dan konteksnya. Utamakan skema berpikir dalam penyampaian materi di dalam buku, yaitu berpikir secara terstruktur, gunakan bahasa yang mudah dipahami dan tidak terlalu berfilosofi.

Dosen dalam menulis buku, juga sebaiknya mengutamakan kesederhanaan berpikir yang disampaikan melalui tulisannya di buku. Yang tidak kalah penting yaitu, pilihlah penerbit buku dosen yang berpeutasi baik dan hasilnya berkualitas.

Perlu bagi dosen untuk meyakinkan diri bahwa yang ditulisnya itu adalah bagian dari amanah berupa wawasan yang diperuntukkan kepada banyak orang dan kepentingan akademik. Bukan untuk sekadar komersial semata.

Berikut Langkah Memilih Penerbit Buku Dosen yang Berkualitas:

Pilih Penerbit Buku yang Fokus Terbitkan Buku Perkuliahan

Carilah penerbit buku dosen yang berkualitas, ini penting untuk memprioritaskan buku hasil karya Anda apakah memang akan diterbitkan penerbit buku yang memang konsern dan fokus pada segment buku-buku perkuliahan. Bukan buku umum atau yang bercampur dengan buku-buku fiksi.

Identifikasi jenis penerbit yang menangani khusus penerbitan buku-buku referensi dan buku ajar, sehingga sudah memiliki “pasar” sendiri.

Dosen yang menulis buku hendaknya memprioritaskan memilih penerbit yang memang konsern dengan buku-buku perkuliahan atau buku resensi yang mampu mendukung kegiatan pembelajaran.

Anda bisa mencari dan melihat beberapa contoh hasil terbitan penerbit yang bersangkutan. Jika sudah sesuai dengan apa yang Anda cari segera cari alamat penerbitan atau nomor kontak yang bisa dihubungi. Anda bisa melihatnya di website atau sosial medianya.

Cari Referensi Melalui Jejak Digital Terkait Penerbit

Anda bisa mencari referensi penerbit buku dosen yang berkualitas melalui media sosial, marketplace, maupun googling untuk menemukan website resmi penerbitan yang dimaksud.

Jangan terlalu terpatok pada penerbit yang memiliki nama dan terkenal. Cek dan recheck lagi penerbit tersebut telah memproduksi berapa banyak buku dan telah berhasil terbut, bahkan cari tahu buku yang best seller di pasaran apa saja, baik di toko buku offline maupun online atau bahkan di sejumlah marketplace.

Pastikan Penerbit Memiliki Jaringan yang Kuat

Prioritaskan pula kualitas keilmuan di dalam penulisan buku dan bukan hanya sekadar mencari nama. Pastikan bahwa penerbit buku dosen tersebut memiliki jaringan yang kuat serta jaringan yang bagus dengan kampus-kampus atau perguruan tinggi.

Dan yang perlu diingat dosen dalam menulis buku yaitu, memisahkan antara kepentingan penulisan buku kuliah dengan buku pelajaran sekolah.

Cek Website Penerbit Buku Dosen

Anda juga bisa menggali infomasi lebih jelas dan akurat melalui website penerbit. Penerbit yang besar, sudah dipastikan memiliki website yang bagus dan informatif. Mereka akan selalu mengupdate informasi terkait penerbitannya melalui laman tersebut.

Lihat pula website penerbitan tersebut apakah informative untuk penulis dan calon konsumen?. Jika ya, segera temukan nomor kontak yang bisa Anda hubungi yang biasanya terdapat di paling bawah halaman atau bagian home atau atas laman.

Lihat Alur Penerbitannya

Setelah Anda menemukan contact person penerbitan tersebut yang biasanya ditangani oleh customer service (CS). Saatnya Anda menggali informasi sedetail mungkin sesuai apa yang akan Anda butuhkan dalam alur dan proses menerbitkan buku.

penerbit buku dosen di sleman

Kemudian dari hasil percakapan dan informasi yang Anda peroleh, perhatikan seberapa panjang proses penerbitan itu akan berjalan. Biasanya penerbit memiliki patokan kurun waktu masa produksi terhadap tiap jenis buku yang diproduksi.

Pelajari Apakah Penerbit Membantu Penjualan Buku

Sebelum Anda menerbitkan buku, tanyakan pula kepada penerbit apakah pihaknya juga akan membantu dalam proses penjualan setelah penerbitan.

Hal ini mempermudah dosen dalam menjangkau target pembaca yang lebih luas lagi serta memperoleh royalty dari penjualan bukunya (tergantung kesepakatan penulis dan penerbit).

Mintalah Surat Perjanjian Kerja Sama Resmi dan Legal

Pelajari pula perjanjian kerja sama baik dan seksama, sebelum menandatangani kontrak. Ini penting, agar kedua belah pihak tidak ada yang saling dirugikan.