Pentingnya Menulis Buku Untuk Widyaiswara – Tepat pada hari Kamis, 5 maret 2020, Deepublish diundang oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pertanian Cianjur, yang disingkat P4TK Pertanian Cianjur untuk mengisi Workshop Cara Praktis Menulis Buku untuk Widyaiswara.

Acara yang berlangsung dari pukul 8 pagi hingga 5 sore ini menyajikan berbagai pengetahuan baru mengenai buku, seperti sistematika penulisannya, ukuran buku hingga cara menerbitkan buku di Deepublish.

Tujuan Workshop P4TK Pertanian Cianjur

Workshop P4TK Pertanian Cianjur

Gambar: Workshop P4TK Pertanian Cianjur

Dr. R. Diyan Krisdiana, A.Pi., M.Si, yang merupakan koordinator Widyaiswara PPPPTK Pertanian Cianjur, menyatakan bahwa tujuan dari workshop ini agar Wiyaiswara yang mengikuti workshop dapat segera menerbitkan buku mereka.

Karena dengan menerbitkan buku, widyaiswara lebih mudah dalam mendidik, mengajar dan juga melatih ASN, yang secara tidak langsung menaikan kualitas ASN tersebut.

Ardi (berdiri) tengah menjelaskan terkait cara praktis menulis buku kepada Widyaiswara P4TK Pertanian Cianjur

Gambar: Ardi (berdiri) tengah menjelaskan terkait cara praktis menulis buku kepada Widyaiswara P4TK Pertanian Cianjur

Pentingnya Menulis Buku untuk Angka Kredit Widyaiswara

Selain itu, dalam Peraturan Menteri PAN Nomor 22 Tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Widyaiswara, dinyatakan bahwa penyusunan buku merupakan salah satu unsur pengembangan profesi.

Menulis buku dengan ISBN yang diterbitkan secara nasional juga merupakan salah satu kegiatan yang dapat menaikan angka kredit Widyaiswara hingga 25 point.

Workshop yang dilakukan di kantor P4TK Pertanian Cianjur yang terletak di Jalan Raya Jangari KM. 14 Desa Sukajadi, Kec. Karangtengah, Kab. Cianjur ini juga merupakan awal kerjasama dengan Deepublish.

Kerjasama ini merupakan kerjasama antara institusi terkait penerbitan buku di insitusi tersebut, yang tentunya mendapat banyak keuntungan.

Workshop Cara Praktis Menulis Buku merupakan fasilitas dari deepublish untuk instansi maupun universitas untuk memberikan informasi terkait menulis buku yang tentunya dibutuhkan oleh dosen maupun widyaiswara.

Selain itu Deepublish selalu berusaha untuk meningkatkan motivasi menulis dari dosen maupun widyaiswara, karena kita tahu bahwa ilmu yang dimiliki oleh dosen maupun widyaiswara akan sangat bermanfaat apabila disebarluaskan.

Corporate Public Relations,

Dadang Ari Prabowo
Email: [email protected]