Event Penerbit

Workshop Penulisan Buku Perguruan Tinggi di FMIPA UGM

Menulis buku menjadi kewajiban dan kebutuhan bagi dosen disamping menulis artikel ilmiah untuk dipublikasikan ke dalam prosiding maupun jurnal. Bahkan, menulis dan menerbitkan buku memberi lebih banyak manfaat bagi dosen. 

Misalnya dari segi KUM yang tinggi sampai hak mendapatkan royalti yang bisa menjadi pemasukan pasif. Mendorong dosen mengembangkan karir akademiknya, maka bisa berusaha produktif menulis buku ilmiah hasil penelitian. 

Untuk mendorong dosen meningkatkan produktivitas menulis buku, Penerbit Deepublish menggelar Workshop Penulisan Buku Perguruan Tinggi Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada. 

Workshop Penulisan Buku Perguruan Tinggi Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada

Menulis dan menerbitkan buku ilmiah bisa menjadi sarana bagi dosen untuk mengembangkan karir akademiknya. Oleh sebab itu, Penerbit Deepublish menggelar Workshop Penulisan Buku Perguruan Tinggi Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada. 

Melalui workshop ini, Penerbit Deepublish diharapkan bisa membantu para dosen untuk bisa produktif menulis dan menerbitkan buku sesuai ketentuan Dikti. Workshop ini digelar secara luring atau offline di Auditorium FMIPA UGM Lt.7 pada Kamis, 5 April 2023. 

Workshop ini menghadirkan dua narasumber, yakni Prof. Dr. Drh. Hj. RR Retno Widyani, MS.,MH yang merupakan Dosen dan Guru Besar Universitas Muhammadiyah Cirebon. Prof. Retno membahas mengenai Strategi Pengembangan Karir Dosen Melalui Publikasi. 

Kemudian, narasumber kedua adalah Tim Deepublish M. Safah Thalib, S.Kel. yang merupakan Konsultan Penerbitan Penerbit Deepublish. M. Safah Thalib menjelaskan mengenai informasi Buku-buku Perguruan Tinggi dan Proses Penerbitan Buku.

Pentingnya Menulis dalam Karir Dosen

Workshop Penulisan Buku Perguruan Tinggi Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada dibuka dengan penyampaian sambutan sekaligus Launching Program Hibah Penulisan Buku yang diwakilkan oleh Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas MIPA Dr.rer.nat. Wiwit Suryanto,S.Si, M.Si. 

Selanjutnya, sesi pemaparan materi yang disampaikan oleh Prof. Retno yang mengulas mengenai pentingnya menulis dalam karir dosen. Dimana sejalan dengan sejumlah aturan di dalam PO PAK yang sudah mengalami perubahan beberapa kali. 

Adapun hubungan kegiatan menulis dengan karir dosen sejalan dengan isi PO PAK Tahun 2019 yang mengalami perubahan sebanyak tiga kali. Pertama dirilis sebagai PO PAK Tahun 2019. Kemudian diperbaharui isinya menjadi PO PAK 2019 + Suplemen. 

Ketika isinya diketahui masih belum jelas mengenai syarat-syarat kenaikan jabatan fungsional dosen. Maka diperbaharui kembali menjadi PO PAK 2019 + Suplemen + Penyesuaian Tahun 2022. 

Melakukan publikasi ilmiah menjadi syarat untuk naik jabatan fungsional, khususnya menjadi Guru Besar dengan gelar Profesor. Dimana ada kewajiban mempublikasikan jurnal internasional bereputasi  (terindeks Scopus atau WoS) sehingga diakui Kemdikbud. 

Selanjutnya, untuk mengembangkan dan mempercepat kenaikan jabatan fungsional, dosen perlu produktif menerbitkan buku ilmiah karena menerbitkan buku memiliki nilai KUM tinggi. Misalnya buku monograf memberi tambahan KUM 20 poin, buku referensi 40 poin, dan book chapter antara 15 poin (internasional) dan 10 poin (nasional). 

Sementara itu, M. Safah Thalib memaparkan profil Penerbit Deepublish yang siap mendukung para dosen dalam menerbitkan buku-buku ilmiah. Dijelaskan bahwa Penerbit Deepublish sudah berhasil menerbitkan 11.000 naskah karya guru dan dosen di berbagai wilayah Indonesia. 

Mengenai proses penerbitan buku, M. Safah Thalib menyampaikan bahwa naskah seperti buku ajar wajib disusun dan diterbitkan mengikuti ketentuan umum, yakni memiliki ISBN dan diterbitkan oleh penerbit yang bereputasi internasional atau merupakan anggota IKAPI. 

Usai pemaparan materi oleh dua narasumber selesai dilakukan, dibuka sesi tanya jawab. Banyak peserta workshop yang tertarik menanyakan perihal perbedaan buku ajar dan buku perguruan tinggi sampai mengenai royalti. Kegiatan pun berjalan lancar dengan antusias yang tinggi dari para peserta FMIPA UGM. 

Tahukah Anda bahwa salah satu cara untuk meningkatkan poin KUM adalah menerbitkan buku. Aturan ini tertuang dalam PO PAK 2019.

Sayangnya, kesibukan dalam mengajar, membuat dosen lupa dengan kewajiban lainnya yaitu mengembangkan karir. Maka dari itu, Penerbit Deepublish hadir untuk membantu para dosen meningkatkan poin KUM dengan menerbitkan buku.

Kunjungi halaman Daftar Menerbitkan Buku, agar konsultan kami dapat segera menghubungi Anda.

Selain itu, kami juga mempunyai E-book Gratis Panduan Menerbitkan Buku yang bisa membantu Anda dalam menyusun buku. Berikut pilihan Ebook Gratis yang bisa Anda dapatkan:

deepublish

Recent Posts

Ketik Ulang agar Tidak Plagiat, Emang Bisa?

Dalam menyusun karya tulis ilmiah maka akan identik dengan penambahan kutipan. Kutipan ini biasanya dicantumkan…

3 minggu ago

8 Cara Mencari Sinonim Kata untuk Prafrase

Salah satu upaya yang umum dilakukan penulis untuk menghindari plagiarisme adalah dengan melakukan parafrase. Teknik…

3 minggu ago

Cara Mengubah Kata agar Tidak Plagiat dan Toolsnya

Ada banyak cara bisa dilakukan peneliti untuk menghindari plagiarisme saat menyusun karya ilmiah, salah satunya…

3 minggu ago

Cara Bebas Finansial bagi Akademisi, Bisa?

Berada di kondisi bebas finansial menjadi impian banyak orang di dunia, bisa jadi Anda termasuk…

3 minggu ago

Kerja Sama Workshop Penulisan Buku Ber-ISBN di Jakarta

Bagi sebuah perguruan tinggi, memastikan dosen-dosen di bawah naungannya menerbitkan buku ber-ISBN adalah hal penting.…

3 minggu ago

Kerja Sama Workshop Penulisan Karya Ilmiah di Jakarta

Setiap perguruan tinggi di Indonesia tentu ingin memaksimalkan pencapaian IKU (Indikator Kinerja Utama). Ada banyak…

3 minggu ago