Perbedaan dari penerbitan dan percetakan buku adalah topik yang jarang dibahas dimanapun. Padahal topik ini merupakan topik yang cukup penting untuk diketahui.

Apa Perbedaan Penerbitan dan Percetakan Buku?

Perlu Anda ketahui bahwa perbedaan dari kedua kegiatan tersebut sangat banyak. Mulai dari pengertian hingga tujuan penerbitan dan percetakan. Ada pula yang memvisualisasikan perbedaan dengan perbandingan gambar penerbitan dan percetakan.

Oleh sebab itu, pada artikel deepublish ini, kami akan mulai dengan mengulas pengertian dari penerbitan dan percetakan.

Pengertian Penerbitan

Penerbit atau penerbitan merupakan industri yang konsentrasi pada bidang produksi dan menambah banyak sebuah literatur dan informasi. Selain itu, penerbitan juga merupakan aktivitas pembuatan informasi yang dapat dinikmati oleh publik.

pengertian penerbitan menurut kbbi

Jika dilihat dari sistem penerbitannya, penerbit dapat dibedakan sebagai penerbitan umum atau penerbitan konvensional dan penerbitan mandiri atau self-publish.

Lalu, apa itu self-publish? Bagaimana langkah paling mudah untuk menerbitkan buku secara self-publish?

Gampang! Anda bisa langsung menguasainya dalam satu hari dengan membaca e-book cara menerbitkan self-publishing dari kami.

Selanjutnya, mengenai istilah penerbitan. Istilah ini mengacu pada usaha distribusi dari usaha percetakan seperti buku dan surat kabar. Karena berkembangnya sistem teknologi informasi, maka istilah penerbitan mengalami perluasan makna dan memasukkan unsur-unsur buku elektronik seperti dalam sebuah situs atau blog.

Pengertian Percetakan

Percetakan merupakan proses industri guna melakukan produksi secara massal tulisan dan gambar. Percetakan juga merupakan sebuah bagian yang penting dalam penerbitan dan percetakan transaksi.

jenis dan fungsi percetakan

Buku, koran, brosur, flyer dan majalah saat ini dicetak menggunakan teknik percetakan offset. Percetakan juga memiliki teknik yang umum antara lain cetak relief, sablon, rotogravure.

Sementara untuk percetakan berbasis digital antara lain pita jarum, inkjet dan laser.

Selain itu ada juga teknik cetak poly untuk memberikan kesan emas dan perak pada permukaan dan cetak emboss guna memberikan kesan menonjol pada kertas.

Contoh Penerbitan dan Percetakan

Deepublish adalah perusahaan penerbitan dan percetakan buku pendidikan yang menyediakan buku pegangan kuliah karya pengajar dan dosen akademisi untuk seluruh mahasiswa indonesia.

Anda bisa lihat katalog ribuan judul buku hasil terbit deepublish lengkap di toko buku online deepublish. Selain itu anda juga bisa melakukan pembelian produk deepublish melalui market place seperti:


Kontributor: