Hopeless Menentukan Materi? Pelajari Sumber Materi Buku Ajar Berikut Ini

sumber materi buku ajar

Ingin menulis buku ajar, namun binggung materi yang akan ditulis. Tenang, sepertinya tidak hanya Anda. Ada banyak orang yang merasakan kesulitan yang sama. Khusus bagi Anda seorang dosen, anda menjadikan hasil penelitian yang sudah pernah Anda lakukan sebagai bahan materi penulisan loh.

Berbicara sumber materi buku ajar, ada dua macam sumber materi buku ajar, yaitu berdasarkan hasil penelitian, berdasarkan kajian teoritis. Kedua sumber inilah yang nananya akan dikembangkan sedemikian rupa menjadi buku ajar. Berikut ulasannya.

Sumber Materi Buku Ajar Hasil Penelitian

Sumber materi buku ajar dari hasil penelitian ditulis dengan dua cara. Pertama dengan menggunakan hasil penelitian sendiri. Jadi, hasil penelitian yang sudah pernah dilakukan dapat dikembangkan ke dalam buku ajar.

Kelebihan menulis buku dari hasil penelitian sendiri lebih menyingkat waktu. Karena Anda menguasai betul topik/tema yang diangkat. Satu hal yang tidak kalah penting, pastikan bahwa hasil penelitian Anda sebelumnya sudah mengacu pada silabus dan ruang lingkup mata kuliah. Jika tidak berkiblat pada silabus dan kurikulum, ditakutkan isi buku ajar pun tidak tepat sesuai sasaran pembelajaran.

Kedua, jika binggung tidak memiliki hasil penelitian yang pernah Anda lakukan, Anda dapat menggunakan hasil penelitian yang dilakukan oleh  oranglain. Jadi Anda dapat mengkaji dan menganalisis beberapa hasil penelitian orang lain yang kemudian dikomparasikan dengan sumber-sumber lain.

Ketika mengkomparasikan referensi satu dengan referensi yang lain, akan muncul sudut pandang lain dan ulasan tema yang lain. Jadi, jangan putus asa jika Anda tidak memiliki hasil penelitian sendiri, Anda tetap bisa menyiapkan materi dari penelitian orang lain.

Sumber Materi Buku Ajar Yang Berasal dari Kejian Teoritis

Binggung menentukan materi untuk menulis buku ajar? Maka Anda dapat menjadikan kajian teroritis sebagai sumber materi buku ajar Anda. Cara ini dianggap lebih mudah. Karena materi dapat didapatkan dengan melihat kajian teori dari buku-buku yang selaras dengan tema Anda. Binggung mendapatkan buku dimana? Bisa di dapatkan dengan banyak cara.

Anda dapat melakukan kajian buku teoriritis dengan dua cara, yaitu dengan cara membeli atau dengan cara pinjam. Anda dapat meminjam di perpustakaan daerah, perpusatakaan desa atau perpustakaan kota. Di jamin mereka memiliki koleksi yang mengulas topik yang sama.

Mengembangkan Hasil Penelitian Menjadi Buku Ajar

Pertanyaan yang seringkali di lontarkan adalah bagaimana pengembangan hasil penelitian menjadi buku ajar? Hal yang paling penting saat menulis buku ajar adalah mencermati sekaligus menentukan kurikulum dasar terlebih dahulu.

Jika tidak ada kurikulum dasar, maka dapat melihat silabus. Kembangkan satu atau beberapa topik di silabus untuk dijadikan sumber materi buku ajar. Ketika semua materi sudah siap, langkah selanjutnya cukup tinggal mengubah cara penyampaian.

Penyampaian penulisan buku ajar berbeda dengan bahasa laporan hasil penelitian. Buku ajar menggunakan bahasa yang lebih luwes dan penggunaan bahasa yang mudah dipahami. Di tahap pengembangan inilah Anda mulai menggabungkan konsep teori dengan hasil penelitian Anda.

Itulah tiga hal penting ketika Anda binggung menentukan sumber materi buku ajar. Setidaknya dengan menerapkan tiga hal di atas, akan membantu Anda untuk membreakdwon materi apa saja yang akan dibahas. Membantu memetakan sub baba pa saja yang semestinya diulas atau tidak diulas. Semoga ulasan ini bermanfaat dan selamat praktek menulis. (Elisa)

Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit bukuDeepublish, buku Anda kami terbitkan secara gratis. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang teknik menulis anda dapat melihat Artikel-artikel berikut:

  1. Inilah 3 Sumber Belajar Selain Buku Teks
  2. Inilah Ciri-Ciri Buku Ajar yang Perlu Anda Tahu
  3. Penerbit Buku dan Teknik Menulis Buku Secara Indie
  4. 9 Persiapan Cara Menerbitkan Buku Sendiri

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS di sini!

Jika Anda menginginkan EBOOK GRATIS tentang CARA PRAKTIS MENULIS BUKU, silakan download.



This post has been seen 135 times.
(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.