Teknik Menulis Referensi Menggunakan Mendeley

teknik menulis

Teknik menulis buku, dalam penggunaan referensi yang tercermin dalam kutipan-kutipan bertujuan memperkaya ide untuk mendukung isi tulisan yang Anda buat.

 

Referensi dibutuhkan ketika melakukan teknik menulis buku. Penulis yang menggunakan referensi akan membandingkan ide, gambaran, dan hasil yang telah dicapai oleh penulis sebelumnya untuk mendukung isi tulisannya. Biasanya referensi dicantumkan dalam bentuk sitasi atau daftar pustaka.

Saat melakukan teknik menulis, referensi yang dicantumkan ditulis secara manual. Penulis akan mengetik huruf demi huruf kalimat yang dikutipnya. Padahal hal ini cenderung tidak efisien. Belum lagi jumlah kutipan atau referensi yang dicantumkan juga tidak sedikit. Kemudian ketidakcermatan saat mengetik juga bisa berakibat pada kesalahan penulisan referensi. Untuk mengantisipasi hal ini, penulis dapat menggunakan cara-cara alternatif agar penulisan referensi, sitasi, atau daftar pustaka bisa lebih mudah, akurat, dan cepat.

Kemudahan menulis referensi juga didukung oleh pesatnya perkembangan teknologi. Kini, banyak sekali vendor software yang berbasis comercial software atau freeware yang menyediakan program reference manager. Program tersebut akan memudahkan penulis dalam mencantumkan referensi. Ada berbagai macam software yang dapat dipilih untuk mempermudah menuliskan referensi, salah satunya Mendeley.

Apa keutamaan Mendeley? Dalam melakukan teknik menulissoftware ini dapat berguna untuk mengelola, membuat sitasi, dan saling menukar artikel. Software ini dioperasikan secara online. Penggunaannya pun mudah dan terstandar. Terdapat dua versi Mendeley yang dapat dipilih oleh penulis, yakni Mendeley Plugin dan Mendeley Desktop. Kedua versi tersebut pada dasarnya tidak berbeda. Untuk lebih tahu tata cara penggunaan Mendeley (versi Desktop), kita dapat menyimak langkah-langkah di bawah ini.

  1. Mengunduh Software Mendeley

Mengunduh software Mendeley dapat dilakukan dengan mengunjungi laman http://www.mendeley.com. Pada laman tersebut akan muncul kotak berwarna hijau yang bertuliskan “Download Mendeley Desktop”. Selanjutnya, klik pada kotak tersebut dan pastikan proses mengunduh berhasil dilakukan.

  1. Setelah mengunduh, akan muncul kotak dialog untuk memastikan bahwa software siap disimpan. Klik bagian “Save File” untuk menyimpan hasil unduhan.
  2. Berikutnya, lakukan proses instalasi. Caranya, klik kotak bertuliskan “Run”, lalu klik kotak “Next >” untuk melanjutkan proses instalasi.
  3. Untuk menyetujui kelanjutan proses instalasi, klik pada kotak bertuliskan “I Agree”. Dengan melakukan klik pada kotak tersebut, proses instalasi akan berjalan.
  4. Selanjutnya, pilih lokasi folder target untuk instalasi. Anda bisa menyimpannya dalam Program Files di Local Disk (C:).
  5. Usai memilih lokasi folder target, penempatan “Start Menu Folder” dapat dilakukan. Setelah penempatan dilakukan, kita dapat melakukan klik kotak bertuliskan “Install” untuk menyelesaikan proses instalasi.
  6. Setelah selesai, akhiri proses instalasi dengan klik kotak “Finish”.

 

Setelah proses instalasi selesai, Mendeley sudah siap digunakan. Sebelum menggunakannya, ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan. Pertama, Mendeley bukan digunakan untuk mengelola file secara umum, tetapi hanya mengelola referensi. Pengguna disarankan untuk mengelola file terlebih dahulu menurut jenis, tema, atau topik dari referensi yang dikoleksi. File yang akan digunakan perlu dikelola dalam folder-folder. Pengelompokan ini bertujuan mempermudah penggunaan atau pengelolaan library Mendeley. Selain itu, nantinya pengguna juga akan dimudahkan untuk membuat sitasi.

Kedua, pengguna disarankan untuk mengelola file dengan format PDFFile jenis ini mempermudah informasi metadata agar dapat terbaca secara otomatis. Jadi pengguna lebih disarankan untuk menggunakan sumber berformat PDF agar nama penulis, tahun, judul, nama jurnal, penerbit, volume dan nomor terbita, halaman, dan sebagaiya dapat terbaca. File dengan format PDF sebaiknya memiliki resolusi yang tinggi agar semua informasi metadata dapat terbaca dengan lebih akurat. Sebaliknya, PDF dengan resolusi rendah berpotensi mengurangi akurasi data yang terbaca. Data yang kurang akurat nantinya perlu diperbaiki kembali dengan cara manual.

Kemudian untuk menjalankan Mendeley, pengguna bisa langsung melakukan double click pada shortcut yang muncul di windows desktop. Jika halaman Mendeley telah terbuka, pengguna dapat menamai folder-folder untuk seluruh referensi yang sudah dikelompokkan menurut jenis artikelnya. Selanjutnya, seluruh folder akan tersimpan dalam satu library.

Untuk mendaftar artikel-artikel yang ada, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Klik kanan di bagian “My Library”, pilih “New Folder” untuk membuat folder baru.
  2. Beri nama folder dengan mengisi kotak bertuliskan “Untitled Folder”. Pengguna bisa menambahkan nama sesuai dengan pengelompokan folder.
  3. Kemudian masukkan artikel referensi. Caranya, sorot folder yang dimaksud dan pilih “Add Files”. Masukkan satu persatu artikel ke folder yang dituju. Ada langkah yang lebih cepat dalam memasukkan beberapa referensi sekaligus. Pilih saja “Add Folders” dan masukkan kumpulan artikel yang sudah tergabung dalam sebuah folder.
  4. Artikel-artikel atau folder berisi kumpulan artikel yang sudah dimasukkan dalam library selanjutnya akan muncul dalam tayangan daftar artikel.
  5. Setelah daftar artikel muncul, pengguna dapat melakukan proses perbaikan metadata. Proses ini dilakukan untuk memperbaiki metadata yang masih kosong atau salah penulisan. Perbaikan metadata dapat dilakukan dengan cara mengetik dan mengubahnya secara langsung. Bisa juga pengguna melakukan copy paste dari metadata yang seharusnya untuk mengganti kesalahan. Artikel yang sudah diperbaiki metadatanya dapat ditandai dengan status artikel metadata yang benar. Caranya, pengguna dapat melakukan klik pada kotak bertuliskan “Details are Correct”.
  6. Untuk membuat sitasi, pengguna dapat membuka file atau tulisan yang sedang dikerjakan dan akan disisipi referensi. Pada lembar Microsoft Word, pengguna bisa meletakkan kursor di antara tulisan yang akan disisipi referensi. Setelah itu, pilih menu bar REFFERENCES dan pilih “Insert Citation”. Mendeley selanjutnya akan siap mengaktifkan sitasi. Setelah mengklik Insert Citation, Microsoft Word akan terhubung ke Mendeley. Pengguna bisa mengklik kotak bertuliskan “Go To Mendeley” hingga muncul daftar artikel dalam library. Pilih saja salah satu artikel dan klik “Cite”. Akhiri proses ini dengan kembali ke menu REFFERENCES dan klik “Insert Bibliography”.

 

Cara-cara di atas dapat digunakan oleh penulis untuk menambahkan sitasi saat dalam proses melakukan teknik menulis. Cara tersebut lebih efektif dilakukan sehingga penulis tidak perlu menulis satu persatu referensi yang digunakan. Hal ini juga meminimalisasi kesalahan pengetikan dalam pencantuman referensi. Dengan menggunakan cara tersebut, penulis akan lebih cepat dalam menyelesaikan penulisan bukunya. Tidak hanya digunakan untuk melakukan teknik menulissoftware Mendeley juga dapat digunakan ketika seseorang menulis makalah, jurnal, atau artikel ilmiah. Berbagai tulisan yang menggunakan daftar pustaka, sitasi, dan kutipan dapat diselesaikan dengan bantuan Mendeley[Wiwik Fitri Wulandari]

 

 

Referensi:

  1. Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, “Pedoman Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah”, September 2014.

 

 

Anda punya RENCANA MENULIS BUKU

atau NASKAH SIAP CETAK?

Silakan daftarkan diri Anda sebagai penulis di penerbit buku kami.

Anda juga bisa KONSULTASI dengan Customer Care yang siap membantu Anda sampai buku Anda diterbitkan.

Anda TAK PERLU RAGU untuk segera MENDAFTAR.

Silakan ISI FORM di laman ini. 🙂



This post has been seen 2647 times.
(Visited 230 times, 12 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *