Teknik Menulis: Solusi Mudah Memunculkan Jutaan Ide

teknik menulis

Teknik Melakukan teknik menulis | Yuk pelajari cara mudah munculkan jutaan ide segar dalam membuat tulisan kreatif.

Kreativitas dalam melakukan teknik menulis buku membuat hasil tulisan terlihat lebih berwarna dan disukai oleh banyak orang. Cerita yang kreatif akan membangun daya tarik tersendiri bag pembaca untuk terus mengikuti perkembangan tulisan yang Anda buat.

Ide atau gagasan untuk membuat tulisan kreatif bisa muncul dari mana saja. Namun, bagi seorang pemula yang ingin melakukan teknik menulis buku dengan kreatif mungkin akan kesulitan untuk mendapatkan ide agar hasil tulisannya kreatif dan berbeda.

Ada beberapa hal yang bisa Anda gunakan agar mendapatkan ide untuk melakukan teknik menulis buku yaitu :

 

Pengalaman Hidup

Banyak penulis yang memulai keterampilannya melakukan teknik menulis buku melalui pengalaman hidup. Pengalaman yang pernah dilalui dan pernah Anda rasakan dapat dituangkan kedalam sebuah tulisan.

Jadikanlah pengalaman Anda yang menarik sebagai sebuah gagasan untuk melakukan teknik menulis buku dan buat sekreatif mungkin agar orang lain tertarik untuk mengetahui tentang pengalaman berharga yang pernah Anda lalui.

 

Sesuatu yang Dikuasai atau Dipahami

Pengetahuan seseorang mengenai sesuatu yang dikuasai atau dipahami dengan baik akan menciptakan suatu ide yang terus mengalir tanpa henti.

Anda akan lebih baik melakukan teknik menuliskan sesuatu yang benar – benar Anda pahami, dengan begitu Anda dapat menguraikan nya dengan bebas menjadi sebuah tulisan yang kreatif dan mampu memberikan informasi dengan benar.

Jangan mengambil ide yang Anda sukai namun belum Anda kuasai, hal ini nantinya akan membuat Anda kesulitan untuk mengembangkan gagasan Anda.

 

Hobi atau Hal yang Disukai

Semua orang pasti memiliki hobi masing – masing. Anda dapat mengambil ide atau gagasan dari hal yang Anda sukai. Dengan sesuatu yang Anda gemari akan mudah untuk menemukan ide kreatif untuk membangun tulisan Anda.

 

Misalnya Anda mempunyai hobi bermain musik, maka Anda akan lebih mudah untuk mengembangkan ide misalnya “tips memilih gitar yang baik”, “Belajar bermain gitar untuk pemula” dan lain – lain yang dapat Anda kembangkan sendiri.

 

Pergaulan yang Luas

Pergaulan yang luas akan memberikan ide yang luas pula. Sebagai contoh jika Anda memiliki seribu teman maka ada seribu kemungkinan ide yang Anda ambil sebagai gagasan untuk melakukan teknik menulis sebuah tulisan kreatif.

Anda juga bisa menggunakan sifat atau kebiasaan teman Anda untuk dijadikan ide untuk melakukan teknik menulis buku. Tapi ingat jangan mengungkap aib teman Anda ya karena itu dosa.

 

Tontonan dan Bacaan Buku

Dengan menonton sesuatu juga dapat menghasilkan ide-ide baru yang kreatif. Menonton sesuatu yang kita sukai kadang membuat kita terpikir tentang sesuatu ide kreatif yang nantinya bisa dituangkan ke dalam sebuah tulisan.

Hanya saja, pada zaman seperti ini, kita harus jeli memilih tontonan. Mengapa? karena saat ini banyak tontonan yang tidak sesuai dengan nilai-nilai positif. Pilihlah tontonan yang positif dan bisa melahirkan segudang inspirasi buat Anda jadikan sebagai bahan tulisan. Buku melatih otak Anda, member inspirasi dan memberikan bayak informasi yang memungkinkan Anda untuk menggali ide kapan saja dengan mudah.

Selain itu, membaca buku juga dapat membuat kita menemukan berbagai  inspirasi dan ide unik untuk bahan tulisan. Sekali lagi saya tekankan, jika Anda memang serius untuk bisa melakukan teknik menulis buku, maka mau tidak mau, Anda harus banyak-banyak melahap buku bacaan.

Dengan membaca sebanyak mungkin tentang berbagai macam topic, otak Anda menjadi terlatih. Otak, seperti juga tubuh butuh latihan untuk membuatnya tetap fit. Tanpa latihan yang cukup otak akan menjadi lembek dan tidak berguna. Latih otak Anda dengan banyak membaca, ngobrol dengan orang pintar, dan berdebat dengan orang lain. Berdebat dan diskusi bisa menjadi sebuah latihan yang luar biasa bagi sel otak. Tapi ingat, berdebat tentang sebuah topik yang menarik (misalnya tentang politik atau film) akan bagus untuk Anda, tapi berdebat tentang hal yang remeh temeh hanya membuang-buang waktu dan tenaga Anda.

 

Brainstorm

Jika dilakukan dengan benar, brainstorm bisa membantu Anda bukan hanya muncul dengan banyak ide segar tapi juga memilih mana yang terbaik. Bawalah selalu catatan kecil dan pulpen atau pensil ke mana saja Anda pergi. Dengan cara itu saat Anda mendapatkan ide Anda bisa segera melakukan teknik menuliskannya. Suatu saat nanti saat membaca ulang catatan tersebut maka Anda mungkin saja menemukan 90% dari ide Anda masih berbentuk draft. Jangan kuatir, itu normal. Yang paling penting adalah sisa yang 10% untuk membuatnya sempurna.

Bisa juga saat Anda kehabisan ide, buka kamus dan pilih kata secara acak. Setelah itu cobalah memformulasikan ide berdasarkan kata tersebut. Anda akan kaget melihat bagaimanca cara ini berhasil. Konsep ini berangkat dari sebuah konsep sederhana tapi selalu benar : jangan membatasi kreatifitas. Tak ada larangan dan aturan baku dalam cara berpikir.

 

Rumuskan Masalahmu

Ambil selembar kertas, netbook, computer atau apa saja yang bisa digunakan untuk membuat catatan dan mulailah merumuskan masalahmu dengan detail. Anda mungkin akan menemukan ide positif dengan melalukan langkah ini. Dan saat Anda tidak dapat berpikir, cobalah untuk keluar dan berjalan-jalan. Perubahan atmosfer dan suasana sangat bagus untuk Anda. Sebuah latihan terus menerus dan banyak berjalan-jalan dapat membantu merangsang sel-sel otak Anda, mempermudah Anda dalam melakukan teknik menulis buku.

Ok sobat, saya harap Anda sudah mulai menemukan secercah cahaya untuk memulai goresan pena Anda. Sekarang mulailah gerakkan jari jemari Anda di atas keyboard dan biarkan mereka menari untuk melakukan teknik menuliskan ide yang Anda telah temukan.

 

[Aditya Kusuma]

 

 

Anda punya RENCANA MENULIS BUKU

atau NASKAH SIAP CETAK?

Silakan daftarkan diri Anda sebagai penulis di penerbit buku kami.

Anda juga bisa KONSULTASI dengan Customer Care yang siap membantu Anda sampai buku Anda diterbitkan.

Anda TAK PERLU RAGU untuk segera MENDAFTAR.

Silakan ISI FORM di laman ini. 🙂



This post has been seen 383 times.
(Visited 32 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *