Teknik Menulis: Aplikasi untuk Meringankan Menulis Buku

teknik menulis

Teknik Menulis, penggunaan writing dan editing tools bukan hal baru di dunia teknik menulis buku. Banyak penulis menggunakannya sebagai alat bantu meringankan menulis.

Teknik menulis, lakukanlah. “Bermimpilah! Jangan mendahului nasibmu, jangan belum apa-apa bilang gak bisa,” kata Andrea Hirata.

Untuk menjadi penulis hebat, Andrea mengatakan, pertama, seseorang harus terus belajar karena menurutnya menjadi seorang penulis besar tidaklah boleh berhenti belajar.

Andrea sendiri, mengaku tak pernah berhenti membaca. Dalam kurun tiga hari, Andrea mengharuskan dirinya membaca setidaknya satu judul novel. Beberapa novel yang dibacanya antara lain adalah karya Antonio Skármeta, Gabriel Garcia Marquez, Sapardi Joko Damono dan lain-lain.

“Tapi sebenarnya lebih penting dari menjadi seorang penulis yang baik adalah bagaimana menjadi orang yang baik,” katanya.

Kedua, Andrea mengatakan tips menjadi penulis besar adalah tidak melupakan asal muasalnya. “Itu sebabnya saya selalu menunjukkan dari mana saya berasal pada buku-buku karya saya.” “Ketiga, bersyukurlah atas apa yang kita punya. Stop complaining. Tunjukkan apa yang sudah dicapai, itu tidak apa-apa, asal nawaitunya baik untuk menginspirasi,” kata Andrea.

Andrea juga menambahkan, karya yang baik adalah karya yang sederhana, meski proses penulisannya memerlukan pemikiran dan riset yang sulit, namun seorang penulis yang baik harus mampu mengisahkan suatu cerita dengan sederhana.

Dalam teknik menulis buku seringkali kita menemui banyak kendala. Beberapa diantaranya adalah kendala teknis, misalnya dalam mengedit. Mengedit buku termasuk dalam proses teknik menulis buku, jika kita akan menerbitkan buku sendiri. Mengedit buku jauh lebih sulit ketimbang teknik menulis buku. Oleh karenanya mengedit akan lebih mudah jika dibantu alat atau tools.

Writing dan editing tools sebenarnya bukanlah barang baru bagi para penulis. Beberapa program seperti MS Word, Open Office, serta berbagai aplikasi dari Google seperti Google Doc, Google Trends, Google Drive atau Think With Google mungkin sudah sangat familiar digunakan. Namun seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi, perangkat-perangkat yang ditawarkan pun semakin maju dan beragam. Anda sebaiknya jangan sampai ketinggalan untuk mengetahui dan memanfaatkan tools tersebut.

Berikut ini adalah beberapa writing dan editing tools yang bisa Anda manfaatkan untuk memudahkan pekerjaan teknik menulis buku dan mengedit:

Writing Tools

  1. Dragon Dictation & Evernote

Aplikasi ini memungkinkan seseorang untuk mengubah pesan suara ke dalam bentuk tulisan dengan menggunakan perangkat telepon seluler, tablet ataupun komputer. Hal ini bisa membantu para penulis untuk mencatat setiap inspirasi yang muncul tiba-tiba ketika sedang tidak teknik menulis buku, atau mencatat langsung hasil wawancara dan sejenisnya. Jika Anda cukup percaya pada aplikasi ini, Anda bisa membuatnya langsung menjadi sebuah dokumen, tentunya dengan melalui proses pengeditan terlebih dahulu.

 

  1. Wordstream (WT)

Aplikasi ini mampu menganalisis teks dan memberikan arahan agar tulisan Anda memiliki nilai SEO yang baik sehingga mudah terdeteksi oleh search engine. Perangkat ini sangat cocok digunakan oleh para penulis konten yang berafiliasi dengan dunia advertising dan marketing online.

 

  1. Community Media Workshop

Aplikasi ini bisa digunakan untuk membuat dokumen-dokumen seperti press release yang biasa digunakan dalam penulisan jurnalistik, promosi produk, website atau event lainnya. Cara kerjanya adalah melalui sistem workshop, di mana penulis akan dibimbing untuk menulis dan mengerjakan tahapan demi tahapan.

 

  1. Scrivener

Teknologi ini membantu penulis untuk mengorganisasi beberapa tulisan yang berbeda-beda secara bergantian dengan memberikan ruang catatan (notes) sehingga membantu Anda menyisipkan ide-ide baru yang muncul. Aplikasi ini cocok digunakan untuk membuat dokumen-dokumen seperti laporan atau bussiness plan, namun bisa juga digunakan dalam teknik menulis buku.

 

  1. Ninja Essay

Aplikasi ini memberikan kesempatan kepada para pengguna untuk terhubung langsung dengan penulis dan editor andal dan profesional yang siap memenuhi kebutuhan Anda untuk menulis berbagai jenis esai atau dokumen-dokumen lainnya. Mereka akan mengerjakan tugas Anda secara detail sesuai arahan dengan format yang disesuaikan dengan kualitas penulisan berstandar tinggi. Teknologi ini cukup mencuri perhatian banyak orang di dunia bisnis karena dapat menghemat waktu dan menjanjikan hasil kerja yang akurat.

 

Editing Tools

Tidak seperti writing tools yang memiliki layanan dan fungsi yang lebih beragam, editing tools biasanya memiliki standar fungsi yang sama, yaitu untuk membantu penulis mengoreksi berbagai jenis kesalahan penulisan seperti:

  • Penulisan ejaan
  • Struktur gramatik
  • Tanda baca
  • Singkatan dan frasa jargon
  • Struktur kalimat mencakup analisis kompleksitas kalimat, dan
  • Gaya penulisan.

Fitur lainnya yang juga bisa dimanfaatkan adalah pendeteksi plagiarisme. Dengan begitu Anda bisa mengetahui kadar plagiarisme yang terkandung dalam sebuah teks yang dapat mengurangi originalitas tulisan tersebut.

Berikut ini adalah beberapa editing tools yang bisa Anda manfaatkan untuk membantu mengoreksi hasil teknik menulis buku Anda:

  • Style Writer
  • After the Deadline
  • Hemmingway App. & Grammarly
  • ProWritingAid

Secanggih Apapun writing dan editing tools yang digunakan untuk membantu Anda membuat dan mengedit tulisan, belum ada yang mampu menandingi human software. Ya, Anda adalah penulis dan editor terbaik yang tidak bisa dikalahkan oleh teknologi apapun. Anda hanya perlu banyak berlatih dan mengasah kemampuan serta ketajaman teknik menulis buku Anda. Bagaimanapun, tulisan terbaik datang dari hati dan hingga saat ini teknologi manapun belum bisa menandinginya.

[Aditya Kusuma]

 

 

 

Anda punya RENCANA MENULIS BUKU

atau NASKAH SIAP CETAK?

Silakan daftarkan diri Anda sebagai penulis di penerbit buku kami.

Anda juga bisa KONSULTASI dengan Customer Care yang siap membantu Anda sampai buku Anda diterbitkan.

Anda TAK PERLU RAGU untuk segera MENDAFTAR.

Silakan ISI FORM di laman ini. 🙂



This post has been seen 1887 times.
(Visited 69 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *