Teknik Menulis Buku dalam Metode Penulisan Faksi

Teknik Menulis Buku dalam Metode Penulisan Faksi

Dalam menulis buku kita mungkin hanya tahu tentang fiksi dan non fiksi. Namun kita jangan melupakan tentang faksi. Faksi berbeda dengan fiksi dan non fiksi, tetapi dalam hal penyajian faksi disajikan dengan gaya bercerita. Faksi sendiri merupakan kisah yang berdasarkan data atau fakta sebenarnya, tidak ada unsur khayalan yang dominan di dalamnya.

Metode penulisan faksi adalah penggabungan dua metode penulisan antara fiksi dan non fiksi. Tidak jauh berbeda, tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh kita sebagai penulis sebelum menulis faksi, yuk kita bahas bersama-sama

  1. Menulis Memoar

Hal terpenting yang harus diceritakan dalam penulisan memoar adalah bagaimana membangun emosi agar pembaca merasa terikat dengan kehidupan kita. Jangan sampai pengalaman kita menarik, tetapi pembawaan tulisannya datar tanpa makna sedikit pun.

Jika memang ingin membuat memoar dengan gaya cerita biasa dan ditawarkan ke penerbit, lihatlah seberapa kuatkah ketokohan kita di masyarakat, karena kita perlu memperhatikan seberapa besar ketokohan kita. Apabila kita hanya seorang biasa yang tidak dikenal oleh masyarakat, ambillah jalan penulisan fiksi dengan gaya menulis novel. Dengan sedikit penambahan imajinasi tulisan kita akan lebih berkembang.

  1. Kumpulan Kisah Nyata

Untuk menulis buku tentang kumpulan kisah nyata hal yang perlu diperhatikan adalah fakta didalamnya. Kita harus mempunyai recap data-data untuk bahan tulisan dan bentuknya bermacam-macam. Bisa berupa pernyataan dari narasumber dengan melalui wawancara terlebih dahulu.

Dalam penulisan kumpulan kisah nyata pun lebih kuat menggunakan gaya penceritaan seperti membuat cerpen dan novel. Gaya cerita ini akan menguatkan pembaca memahami alur cerita dan pesan tersirat di dalamnya. Dan juga pembaca akan diajak mengalir lebih jauh ke dalam situasi yang terjadi pada narasumber.

  1. Biografi

Dalam menulis buku tentang biografi memiliki tingkat kesulitan yang lebih sulit bila dibandingkan dengan menulis memoar. Dalam penulisan biografi terdapat dua metode yang bisa dipergunakan.

a. Penulisan dengan menggunakan wawancara langsung

Penulisan dengan menggunakan teknik ini adalah wawancara dengan narasumber terkait. Hal yang harus di persiapkan dalam metode ini adalah waktu. Tidak mudah menyesuaikan waktu dengan narasumber. Hal terpenting dalam membuat biografi adalah dengan mendedikasikan waktu sepenuhnya untuk menyelesaikan biografi dari narasumber tersebut.

Selain itu hal lain yang perlu diperhatikan adalah dengan membuat daftar pertanyaan untuk mengoordinasikan bagian-bagian yang mau diangkat dan tidak mau diangkat. Karena tidak semua narasumber akan mau membocorkan rahasianya terkuat di dalam sebuah buku. Namun jika penulis ingin menguak sisi rahasia dari kehidupan narasumber, langkah terbaik yang harus dilakukan adalah melakukan komunikasi intens dan membuat pertanyaaan-pertanyaan yang memancing sisi kejujuran narasumber. Kuncinya adalah membangun hubungan persahabatan yang baik sebelum memulai menulis.

b. Penulisan metode tidak langsung

Metode penelitian buku ini hanya mengumpulkan bahan-bahan dari internet, Koran, dan buku-buku yang ada. Metode ini terlihat lebih mudah daripada wawancara langsung, tapi sebenarnya metode ini akan menyulitkan kita menghindari persepsi subjektif dari bahan-bahan yang didapatkan. Banyaknya data yang kita peroleh terkadang memaksa kita untuk menyimpulkan sesuatu, sehingga tercipta sebuah pendapat subjektid dari penulis. Disinilah peran kita untuk memisahkan pendapat subjektif dengan data yang kita peroleh.

  1. Kisah Nabi

Untuk menulis kisah nabi metode yang digunakan adalah metode tidak langsung dari literature sejarah yang ada. Hanya sja sumber utama dari kisah nabi adalah kitab suci dari masing-masing agama dan tidak keluar dari pakem tersebut. Untuk gaya penulisan biasanya disesuaikan dengan range umur yang bersangkutan. Bila target pembaca anak-anak, gaya bahasa yang digunakan adalah gaya bahasa anak-anak, begitupun sebaliknya.

Apakah Anda punya hobi nulis sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara gratis. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini.

Jika Anda menginginkan EBOOK GRATIS tentang CARA PRAKTIS MENULIS BUKU, silakan download.

Referensi :

Hawa, Syamsa, dan Irawan Senda, 2011, 88 Kiat Menjadi Penulis Hebat, Jakarta : Tangga Pustaka



This post has been seen 519 times.
(Visited 200 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *