5 Manfaat Teknik Menulis Buku Bagi Kalangan Profesional

teknik menulis, penerbit buku

Teknik menulis memberikan banyak manfaat mereka yang terjun di dunia tulis-menulis. Pernahkah Anda berpikir demikian? | penerbit buku

Teknik menulis saat ini tidak sedikit orang yang menganggap remeh. Anggapan tersebut bisa berasal dari aktivitasnya yang hanya di bekalang layar. Selain itu, tidak sedikit orang juga yang menilai bahwa pendapatan dari aktivitas melakukan teknik menulis tidaklah besar. Hal tersebut akan berbeda apabila kita bandingkan dengan seorang pegawai yang memiliki pendapatan tetap setiap bulannya. Di sisi lain, seorang penulis yang profesional tidak banyak mendapatkan keuntungan dari aktivitas aslinya tersebut. Oleh karena itu, meskipun banyak orang mengklaim dirinya sebagai penulis profesional, tidak sedikit dari mereka yang juga memiliki pekerjaan lain di luar aktivitas tersebut, terutama bagi mereka yang memiliki pekerjaan untuk mengerjakan teknik menulis buku. Meskipun demikian, setidaknya ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan sebagai seorang penulis profesional.

  1. Sebagai Alat Promosi Diri | Penerbit Buku

Salah satu keuntungan yang pasti akan kita dapatkan dengan teknik menulis buku adalah publikasi diri kita sendiri atau promosi. Promosi dengan teknik menulis buku justru lebih menguntungkan daripada kita menggunakan promosi dengan cara yang konvensional. Bahkan dengan teknik menulis buku, bukan hanya nama kita yang akan terkenal atau populer, tetapi juga kocek pun akan bertambah. Pendapatan tersebut bisa kita raih melalui royalti atau honor yang kita terima dari buku-buku yang berhasil terjual di pasaran. Di sisi lain, kita justru harus mengeluarkan kocek yang tidak sedikit untuk bisa membranding atau mempublikasikan diri kita sendiri. Kondisi tersebut tidak dapat terhindarkan apabila kita memiliki kepentingan yang besar supaya dikenal oleh publik.

Salah satu contoh yang bisa diambil yaitu ketika kita ingin tampil di publik dalam rangka memberikan citra positif kepada publik. Biaya untuk mempromosikan diri akan keluar ketika kita ingin menjadi calon legislatif atau kepala daerah di daerah yang kita inginkan. Tidak sedikit dari calon-calon tersebut yang harus mengeluarkan biaya untuk mempromosikan dirinya sendiri melalui kampanye. Terutama bagi mereka yang tidak terlalu dikenal oleh publik, maka upaya untuk mempromosikan dirinya sendiri semakin mahal. Berbeda dengan mereka yang sudah mulai dikenal masyarakat melalui karya-karya yang dibuatnya (buku). Biaya yang dikeluarkan pun tidak terlalu banyak apabila dibandingkan dengan calon yang tidak memiliki karya sama sekali. Melalui pengerjaan tenik menulis buku, pembaca biasanya tidak merasakan bahwa tulisan kita menjadi ajang promosi bagi diri kita sendiri.

  1. Sebagai Alat Membangun Trust | Penerbit Buku

Keuntungan lain yang bisa kita dapat melalui teknik menulis secara profesional yaitu terbangunnya kepercayaan atau trust antara diri kita sendiri dengan orang lain sebagai klien. Apabila kualitas tulisan kita tidak diragukan oleh banyak orang, maka klien kita bisa percaya kepada kita untuk mengerjakan berbagai hal yang berkaitan dengan dunia kepenulisan. Terlebih lagi ketika nama kita sering muncul di berbagai artikel cetak ataupun non-cetak. Melalui tulisan kita juga bisa menjadi narasumber yang akan sering diwawancarai dalam berbagai liputan. Berkaca dari hal tersebut, maka tidak sedikit orang yang percaya kepada kita untuk menyelesaikan pekerjaannya secara profesional. Dengan kata lain, ketika orang tersebut membutuhkan jasa kita, maka kita juga akan diberikan honor yang sesuai dengan tingkat kesulitan yang kita kerjakan.

Buku-buku yang kita hasilkan secara tidak langsung juga akan membuat nama kita terkenal yang selanjutnya juga akan menyebar di kalangan publik. Nama kita yang tersebar tersebut tentu berdampak positif bagi karir kita dalam dunia kepenulisan. Saat ini, tidak sedikit perusahaan atau instansi pemerintah yang membutuhkan tenaga profesional di bagian kepenulisan atau humas. Artinya media sosial dan internet menjadi salah satu penyebab dibalik semakin tingginya kebutuhan perusahaan terhadap jasa orang yang ahli di bidang kepenulisan. Hal tersebut semakin lazim apabila kita melihat internet marketing yang awalnya didahului dengan tulisan yang baik. Apabila tulisan tersebut diminati oleh orang-orang di dunia maya, maka secara tidak langsung kunjungan mereka ke website akan semakin tinggi dan berdampak pada pendapatan kita yang berasal dari internet.

  1. Sebagai Alat Membangun Jaringan | Penerbit Buku

Selanjutnya, keuntungan atau manfaat lain yang bisa kita dapatkan adalah sebagai alat untuk membangun jaringan. Pembangunan jaringan tidak hanya dimaknai sebagai ajang untuk mencari klien ataupun sekedar promosi, tetapi lebih dari hal tersebut. Jaringan yang dimaksud nantinya juga berdampak pada karir kita dalam dunia kepenulisan. Apabila kita bertemu dengan banyak orang yang berasal dari berbagai instansi, kesan pertama yang bisa kita munculkan adalah jati diri kita sebagai seorang penulis profesional. Penulis profesional tersebut tidak hanya berhenti pada urusan menulis buku ataupun artikel, tetapi pada urusan yang lebih umum. Intinya bahwa kita dikenal sebagai orang yang ahli di bidang kepenulisan. Apabila citra tersebut dapat terbangun, maka jaringan yang kita miliki dapat berfungsi dengan maksimal.

Manfaat dari jaringan yang kita bangun tersebut akan terasa bermanfaat ketika ada beberapa perusahaan yang kemudian menjadi klien kita. Dengan kata lain, mereka mulai melakukan pendekatan kepada kita untuk meminta bantuan kita secara profesional. Bisa jadi kita ditawari banyak posisi sebagai orang yang bekerja di bagian content writer atau media sosial. Pekerjaannya pun mulai dari yang sifatnya freelance ataupun pekerja tetap. Apabila tawaran tersebut kita terima, maka kita tentu akan mendapatkan penghasilan tambahan dari aktivitas tersebut. Akan lebih menyenangkan apabila klien kita banyak dan kita bisa menjadi bagian dari perusahaan tersebut dengan status freelancer. Kondisi tersebut akan dinilai lebih menguntungkan karena kita tidak melepas pekerjaan utama kita.

  1. Mendapatkan Tambahan Income | Penerbit Buku

Keuntungan lain yang jelas akan kita dapatkan yaitu adanya pendapatan tambahan dengan catatan bahwa teknik menulis bukanlah pekerjaan utama kita. Di sisi lain, kita tetap memiliki citra sebagai penulis profesional. Hal tersebut bisa dinilai oleh orang lain melalui karya-karya yang sudah kita buat sehingga orang lain akan mengetahui kualitas tulisan kita. Pendapatan tersebut pada dasarnya juga tidak berasal dari karya atau tulisan kita yang laku di pasaran, tetapi juga dari aspek yang lain. Apabila kita berhasil dikenal oleh publik melalui karya-karya kita, maka tidak jarang kita akan diundang sebagai pembicara di berbagai kegiatan. Kegiatan tersebut tentu juga akan memberikan pendapatan tambahan kepada kita, meskipun terkadang jumlahnya tidak bisa diprediksi, mulai dari jumlah yang kita anggap kecil hingga besar. Intinya bahwa kita tetap akan mendapatkan keuntungan finansial dari aktivitas menulis yang kita lakukan.

  1. Berbagi Ilmu Pengetahuan | Penerbit Buku

Terakhir, manfaat lain yang bisa kita dapatkan adalah ketenangan batin kita sebagai makhluk sosial. Hal tersebut tidak dapat dilepaskan dari kepercayaan kita bahwa berbagi akan membawa dampak ketenangan batin secara spiritual. Setiap agama pun menghendaki bahwa setiap orang yang hidup di dunia harus saling berbagi, baik dalam bentuk finansial ataupun ilmu pengetahuan. Secara spritiual, kita percaya bahwa kita akan terus mendapatkan pahala selama karya kita masih dibaca dan bermanfaat bagi orang lain, meskipun kita sudah tidak hidup di dunia ini. Pada sisi yang lain, secara finansial memang kita tidak mendapatkan manfaat ini, tetapi semua orang percaya bahwa tulisan yang mereka buat akan berdampak pada kehidupan mereka kelak yaitu berupa balasan yang setimpal dari Tuhan.

Demikianlah artikel berjudul 5 Manfaat Teknik Menulis Buku Bagi Kalangan Profesional. Semoga bermanfaat.

[Bastian Widyatama]

Referensi

Mawardi, Dodi, 2009, Cara Mudah Menulis Buku dengan Metode 12 Pas, Jakarta: Raih Asa Sukses.

 

 

Anda TAK HARUS PUNYA NASKAH siap cetak untuk mendaftarkan diri Jadi Penulis di penerbit buku kami. Dengan mendaftarkan diri, Anda bisa konsultasi dengan Customer Care yang siap membantu Anda dalam menulis sampai menerbitkan buku. Maka, Anda tak perlu ragu untuk segera MENDAFTAR. Silakan isi form di laman ini. 🙂

 

Jika Anda menginginkan EBOOK GRATIS tentang CARA PRAKTIS MENULIS BUKU, silakan download

 

 



This post has been seen 389 times.
(Visited 26 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *