Teknik Menulis : Dua Langkah untuk Menjadi Penulis Buku  

teknik menulis penerbit buku

Teknik Menulis | Menjadi seorang penulis buku adalah profesi yang bisa dibilang cukup bergengsi. Seseorang yang menjadi penulis buku umum maupun buku ilmiah memiliki nilai tersendiri di mata khalayak umum. Paling tidak penulis dianggap sebagai pakar atas gagasan-gagasan yang tertuang di dalam bukunya.

Sebenarnya masih banyak orang yang memiliki potensi untuk menjadi penulis buku, tetapi mereka tidak mengetahui bagaimana caranya. Dalam tulisan kali ini akan dibahas tentang dua langkah teknik menulis yang wajib dilalui oleh seseorang untuk menjadi penulis buku.

 

  1. Menyiapkan Naskah Buku 

Langkah pertama dan yang paling utama teknik menulis untuk menjadi penulis adalah Anda harus mempunyai naskah yang hendak dijadikan buku. Anda juga harus memastikan jenis buku seperti apa yang akan ditulis, apakah buku umum ataukah buku ilmiah. Setelah memastikan jenis buku yang akan ditulis, selanjutnya Anda bisa mulai menyiapkan naskah.

  • Tentukan tema

Tema dapat diibaratkan jiwa dari sebuah karya, termasuk buku. Untuk teknik menulis buku terlebi dulu Anda harus menentukan tema apa yang akan diangkat pada tulisan Anda.  Menentukan tema adalah langkah yang sama krusialnya dengan menentukan jenis buku. Tanpa tema yang jelas Anda akan kesulitan dalam mengarahkan tulisan Anda.

  • Buat judul

Saat pertama kali pembaca akan membeli buku yang akan dilihat terlebih dulu adalah judulnya. Oleh sebab itu judul buku disini memiliki peran yang penting untuk menciptakan first impression atau kesan pertama yang baik oleh calon pembaca. Judul yang baik adalah judul yang dapat memberi gambaran tentang keseluruhan isi buku. Pemilihan judul dengan kalimat yang terlalu panjang terkadang kurang efektif. Orang-orang lebih tertarik dengan kalimat yang singkat, padat, dan mengena.

  • Buat kerangka isi

Membuat kerangka isi akan memudahkan Anda dalam langkah penulisan naskah buku. Dengan adanya kerangka Anda telah menyusun dari awal apa saja yang akan Anda tuliskan dalam naskah Anda. Hal ini akan membantu ketika suatu saat Anda merasa mentok dengan gagasan atau ide yang akan dituliskan. Membuat kerangka isi ini juga dapat membantu Anda menemukan ide-ide baru tentang apa yang akan Anda tulis dalam buku Anda.

  • Buat outline

Membuat outline adalah menyusun kerangka isi secara urut di dalam sebuah naskah buku. Outline naskah penting untuk membuat tulisan yang runtut dan sistematis. Membuat outline hampir sama dengan daftar isi. Isinya berupa urutan-urutan sub bab dalam buku. Sebagian penulis ada yang membuat tulisannya secara urut dari bagian 1 sampai bagian terakhir. Ada juga penulis yang lebih suka membuat tulisan secara acak per bagiannya.

  • Cari dan kumpulkan referensi terkait

Untuk buku ilmiah atau buku umum (selain novel atau cerita fiksi), referensi adalah salah satu bagian yang harus ada, terutama jika buku yang akan dibuat adalah buku ilmiah. Anda bisa menemukan sumber referensi dari berita atau dari buku-buku terkait yang sudah pernah diterbitkan di toko buku, perpustakaan, teman, dan lain-lain. Untuk saat ini Anda juga bisa menemukan referensi yang Anda butuhkan melalui internet. Tapi tidak semua yang ada di internet bisa dijadikan referensi. harus dari situs yang terpercaya dan dengan data yang valid. Sumber referensi ini nantinya akan ditulis pada daftar pustaka yaitu di bagian akhir naskah buku Anda.

 

2. Cari Penerbit Buku Yang Bersedia Menerbitkan Naskah Anda

Setelah naskah buku selesai, langkah selanjutnya adalah menghubungi pihak penerbit buku. Ada banyak sekali penerbit buku yang mau menerima naskah buku untuk diterbitkan. Biasanya seorang penulis akan diminta untuk mengirimkan naskahnya melalui email. Setelah itu pihak penerbit akan mempelajari dan mempertimbangkan apakah naskah tersebut layak untuk diterbitkan atau tidak.

Bagi penulis pemula yang belum pernah menulis buku biasanya prosesnya akan sedikit lebih lama jika diajukan pada penerbit-penerbit besar. Karena kebanyakan mereka akan memprioritaskan naskah dari penulis-penulis yang sudah terkenal. Maka jika Anda ingin naskah Anda segera diterbitkan sebaiknya mulailah daripenerbit-penerbit secara khusus menerbitkan buku-buku yang sesuai dengan jenis buku yang Anda tulis. Sebagai contoh Anda adalah seorang dosen yang akan menerbitkan buku ajar atau buku ilmiah, maka sebaiknya Anda mengajukan naskah Anda pada penerbit buku yang secara khusus menerbitkan buku ajar atau buku ilmiah. Salah satunya adalah Deepublish.

Deepublish adalah penerbit yang berfokus dalam menerbitkan buku pendidikan tinggi di Indonesia. Penerbit deepublish telah berpengalaman menerbitkan lebih dari 300 judul buku yang mayoritas adalah buku ajar dan buku referensi. selain itu Deepublish juga merupakan penerbit yang telah diakui secara nasional yang dibuktikan dengan keanggotaannya dalam IKAPI (Ikatan Penerbit Indonesia).  Anda juga bisa menerbitkan naskah buku Anda dengan biaya yang terjangkau dan dikerjakan secara cepat dan fleksibel. Kemudahan lain adalah bersama Deepublish Anda dapat menerbitkan buku Anda tanpa minimum order.

Sekian Artikel “Teknik Menulis : Dua Langkah untuk Menjadi Penulis Buku” ini. dua langkah yang sangat bisa anda Terapkan dan anda pun bisa mewujudkan Mimpi anda menjadi seorang Penulis.

Jika Anda sudah memiliki naskah fiksi maupun non-fiksi yang siap terbit, Anda dapat mengirimkan naskah anda dan mendaftar menjadi penulis kami dengang mengklik Daftar menjadi penulis di penerbit buku Deepublish

Jika Anda mengalami kesulita dalam cara membuat buku, anda dapat mendownload Ebook “Cara Praktis Menulis Buku” Gratis!

Simak juga :

Teknik Menulis dan Pedoman Membuat Paragraf

Revisi :

 

[Niki Hidayati]



This post has been seen 722 times.
(Visited 102 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *