Teknik Menulis : Pentingnya Literature Review dalam Pembuatan Jurnal Ilmiah Internasional

teknik menulis penerbit buku g033

Teknik menulis menggunakan Literature review diartikan sebagai metode identifikasi, evaluasi, dan penafsiran karya orang lain di bidang keilmuan tertentu yang menjadi masalah penelitan. Metode ini bisa diaplikasikan dalam pembuatan jurnal ilmiah internasional.

Teknik Menulis | Dengan melihat pengertian tersebut, dapat kita perlu mengetahui gambaran lebih jauh tentang literature review, terutama dalam pembuatan jurnal ilmiah internasional. Apa pentingnya literature review atau telaah literatur? Kemudian bagaimanakah telaah literatur ini dilakukan? Untuk mengetahui jawabannya, pastikan Anda menyimak tulisan ini.

Literature review tidak hanya memberikan gambaran bagi banyak orang mengenai penyampaian hasil penelitian. Telaah ini digunakan sebagai salah satu cara untuk memaparkan pandangan kritis peneliti terhadap masalah yang ditelitinya. Selain itu, telaah literatur dapat menguntungkan bagi peneliti. Dengan melakukan telaah literatur, peneliti akan dimudahkan dalam menemukan permasalahan penelitian.

Peneliti dapat menggunakan cara ini untuk mengorganisasikan literatur terdahulu dan mengevaluasinya. Ia dapat menemukan berbagai hal yang mirip dengan penelitian yang akan dilakukannya. Si peneliti juga dapat mencari tahu permasalahan yang belum pernah dikaji dalam hasil penelitian yang ditelaahnya. Hal ini merupakan peluang bagi para peneliti baru agar dapat lebih produktif dalam menemukan persoalan-persoalan yang bisa dikaji.

Dalam menemukan literatur, sebaiknya peneliti memilih berbagai hasil penelitian atau jurnal yang relevan dengan penelitian yang kiranya akan ia lakukan. Peneliti tidak perlu terlalu banyak mencari literatur untuk menunjang penelitiannya. Berikutnya peneliti juga bisa melakukan evaluasi terhadap literatur-literatur yang akan ditelaahnya. Setelah mengorganisasi dan mengevaluasi, peneliti dapat melakukan analisa dan sintesa.

Ada beberapa hal penting yang dapat dilakukan oleh peneliti dalam mengevaluasi telaah literatur. Peneliti dapat melihat konsep, faktor, dan variabel dari penelitian terdahulu. Kemudian ia bisa melihat hubungan antara ketiga hal tersebut. Teknik menulis selanjutnya, peneliti dapat melihat kembali teori yang digunakan dalam literatur. Ia dapat memberikan penilaian terhadap kelemahan atau ketidakkonsistenan teori yang digunakan dalam literatur. Dari sinilah kemudian peneliti mulai mengerjakan risetnya untuk pembuatan jurnal ilmiah internasional.

Ia dapat berangkat dari penyusunan konsep dengan melihat kekurangan dari literatur yang digunakannya. Ia dapat menguji kembali atau memutakhirkan teori, konsep, atau hal lainnya yang masih kekurangan bukti atau bertentangan dengan bidang keilmuan. Peneliti juga bisa melihat rancangan atau metode yang masih mengandung kesalahan. Selain itu, peneliti dapat menyempurnakan hasil penelitian dalam literatur ketika generalisasi yang diberikan terbatas dan tidak dapat disimpulkan. Dengan melihat beberapa hal tersebut, tentunya peneliti memiliki andil yang besar dalam memberikan pembaruan informasi atau data. Peneliti bisa memberikan kontribusi lebih jauh terkait penelitian yang dilakukannya.

Dalam melakukan analisa dan sintesa, peneliti dapat menjelaskan dan membedakan teori-teori yang sudah ada dalam literatur. Selanjutnya, ia memilih salah satu teori yang paling cocok untuk penelitiannya. Peneliti juga berpeluang membuat teori baru. Dalam hal ini peneliti akan melakukan review terhadap teori terdahulu dan menantang dirinya untuk memperbaiki teori yang ada. Perbaikan ini dapat dilakukan dengan melihat perkembangan teori terkini dan mempertajam penggunaannya untuk menyelesaikan permasalahan baru. Kemudian ia boleh membuat gabungan antara teori lama yang cocok dengan penelitiannya dan teori baru.

Dalam pembuatan jurnal ilmiah internasional, peneliti akan diuntungkan ketika ia melakukan telaah literatur atau literature review. Mereka dapat menggunakan metode ini sebagai sarana mencari ide baru maupun membandingkan penelitian yang akan dikerjakannya dengan penelitian terdahulu. Sama halnya dengan si penulis literatur, peneliti juga dapat membantu pembaca untuk menyimpulkan kontribusi penting dari hasil penelitian yang dilakukannya. Si penulis literatur dan peneliti sama-sama akan menjadi pemberi gambaran bagi pembaca untuk melihat pentingnya suatu penelitian dilakukan.

Teknik menulis menggunakan Literature review berguna bagi seorang peneliti untuk melihat posisi penelitian yang dilaporkan pada artikel. Ia dapat membandingkan suatu literatur dengan hasil-hasil penelitian yang lain di bidang yang sama. Peneliti juga akan mengetahui seberapa jauh peneliti terdahulu memberikan jawaban atas permasalahan yang telah ia kaji. Tidak hanya itu, pendekatan keilmuan yang digunakan, teori yang dikembangkan, serta metode penyelesaiannya juga menjadi tolok ukur bagi peneliti untuk melaksanakan penelitiannya. Dari telaah literatur ini kemudian peneliti akan mendapatkan gambaran untuk melaksanakan risetnya.

Menggunakan literature review sangat penting bagi peneliti dalam membuat jurnal ilmiah internasional. Ia akan membutuhkannya, tidak hanya untuk menuliskan pendahuluan, tetapi juga bagian diskusi. Di bagian tersebut peneliti akan memberikan argumentasi teoritisnya atas hasil yang ia peroleh. Ia akan membandingkan hasil yang diperolehnya dengan hasil penelitian terdahulu. Selain itu, ia juga akan menggunakan sitasi untuk tiap-tiap argumen yang diperolehnya dari literature review.

Agar dapat melakukan telaah literatur, peneliti sebaiknya terus berproses dan berkontribusi dalam pembuatan jurnal ilmiah internasional. Yang bisa dilakukannya adalah mulai menulis dan belajar dari semua kritik yang diberikan kepadanya. Dengan begitu, ia mampu membangun gagasan baru dengan argumen yang kuat serta melakukan perbaikan pada bagian-bagian yang perlu disempurnakan. Ia juga akan memberikan pemahaman baru bagi publik ketika berkontribusi dalam pembuatan jurnal ilmiah internasional. Dalam hasil penelitiannya, ia akan menyajikan hasil penelitian yang lebih mutakhir bagi publik.  [Wiwik Fitri Wulandari]

Demikian Artikel “Teknik Menulis : Pentingnya Literature Review dalam Pembuatan Jurnal Ilmiah Internasional” ini semoga bermanfaat dalam penyusunan Jurnal Ilmiah Anda. Jika institusi Anda ingin menerbitkan jurnal Ilmiah dan belum menemukan Penerbit Buku yang tepat, maka Penerbit buku Deepublish lah solusinya. anda dapat menerbitkan Jurnal ilmiah anda disini.

Baca artikel yang lain terkait Jurnal:

Teknik Menulis : Plagiarisme Itu Tabu dalam Karya Ilmiah Dosen

Referensi:

  1. M. A. Ari Samadhi, Literature Review and State of the Art, dipresentasikan dalam Bimbingan Teknik Penulisan Artikel pada Jurnal Ilmiah bagi Dosen di Lingkungan Kopertis Wilayah VI, 26-28 April 2016.

 



This post has been seen 3516 times.
(Visited 239 times, 2 visits today)

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *