Teknik Menulis Judul Buku Teks [Bagian 2]

Teknik menulis

Berikut ini adalah kelanjutan dari artikel berjudul Teknik Menulis Judul Buku Teks [Bagian 1].

Sedikit mengulang isi bagian pertama dari artikel ini, buku teks bisa ditulis berdasarkan penelitian yang pernah dikerjakan dosen.

 

[Teknik Menulis] Judul yang sesuai dengan tingkat analisa dan penentuan topik

kadang kala yang harus dilakukan bagaimana cara menentukan sampai seberapa besar cakupan analisa. Hal ini sangat penting karena dengan menentukan tema atau judul yang sesuai dengan tingkatan analisa tepat maka Anda akan lebih mudah menentukan rumusan masalah dan pembatasan penelitian. Jadi, sebenarnya untuk menentukan judul dalam berbagai kajian ilmu apapun tidaklah sesulit yang dibayangkan.

Dalam penetuan topik disarikan bahwa topik harus penting (significanne of topic), harus menarik perhatian penelitian (interesting topic), harus didukung oleh data atau dngan kata lain untuk topik harus tersedia datanya (obtainable data) dan topik penelitian harus dapat dilaksanakan dalam arti sebatas kemampuan penelitian (manageble topic)

 

[Teknik Menulis] Bagaimana untuk mendapatkan judul yang sesuai dalam bahasa yang baik dan benar?

Untuk mendapatkan judul atau tema skripsi ilmu bahasa maka disarankan Anda harus membaca banyak referensi. Banyak referensi, tidak berarti tidak harus bersumber pada buku-buku atau jurnal yang membahas tematik bahasa. Seringkali peneliti menemukan judul saaf membaca majalah-majalah seperti National Geography atau bahkan majalah wanita seperti Femina.

Jadi bisa saja, artikel yang membahas analisa sastra namun juga mempunyai muatan ilmu komunikasi dan feature bahasa, kalau Anda cukup teliti untuk menangkap ide ini. Jadi, jangan mengkotakkan diri Anda dalam sebuah ilmu yang Anda pelajari selama kuliah saja. Banyak membaca Novel dan komik berarti Anda memperluas wawasan Anda.

Langkah kedua untuk mencari ide judul skripsi adalah sharing dengan teman sesama dosen. Percakapan dengan teman yang Anda lewatkan di kantin, terus keluar ide dan Anda menangkapnya. Jadilah sebuah judul penelitian.Untuk penerimaan judul biasanya ditentukan dari kebaruan dan kesulitan mengenai objek yang diteliti.

 

[Teknik Menulis] Menentukan Wilayah lingusitik kebahasan yang paling kita pahami.

Perlu diingat bahwa ilmu bahasa adalah sangat luas dan berpatokan pada konsep Speaking, listening, writing dan reading. Jadi untuk mencari kajian apa dan bagaimana ilmu bahasa maka dapat dikembalikan dalam esensi dari ilmu bahasa  itu sendiri. Jadi tema atau judul dalam bahasa dapat di dasarkan pada kajian-kajian wilayah lingua bahasa yang luar biasa luasnya dan juga bahasa ada kaitannya dengan ilmu sastra. Ilmu sastra sendiri bersumber dari kajian yang mengulas secara tematik mengenai sastra,  Baik input, output maupun lingkungan; ke semuanya membentuk sistem yang saling terkait dan saling mempengaruhi.

Berdasarkan bagan diatas maka kita dapat meletakkan topik tersebut di dalam wilayah proses input, output (kebijakan), maupun lingkungan. Berikut merupakan berbagai contoh tema yang dapat diangkat dalam menganalisa bahasa seperti bahasa Inggris.
1.Input

Bentuk input dalam ilmu bahasa dibedakan menjadi dua yaitu komunikasi dan tematis. Input dalam tuntutan disebabkan adanya kesulitasn dalam hal berkomunikasi dengan demikian timbulnya input berupa upaya meningkatkan kemampuan conversation oleh karena ada fenomena belajar bahasa Inggris sejak SD sampai PT, tapi kemampuan percakapan kita sangat sulit, hal ini disebabkan oleh adanya sebuah kondisi psikologis kalau bahasa Inggris itu bahasa asing, dipelajari saat benar-benar dibutuhkan, kurangnya pembiasaan percakapan, kurangnya dukugan sekitar kita untuk selalu menggunakan bahasa itu sebagai bahasa sehari-hari kita
2.Output

Output dalam suatu sistem kebahasan adakalah peningkatan kompetensi kebahasan yang dirasa masih kurang. Jadi secara meluas, tema yang dapat diangkat dalam wilayah output untuk sebuah judul bahasa adalah jalannya pelaksanaan, keefektifan serta implikasi kebahasan  tersebut dalam struktur bahasa.
3.Lingkungan

Untuk menciptakan proses dimana sistem tersebut berjalan maka dibutuhkan adanya lingkungan bahasa. Lingkungan bahasa merupakan suatu penggambaran secara sistematik dari setiap pola penggunaan bahasa yaitu baik struktur maupun fungsi dari yang bisa didaptasi oleh bangsa indonesia artinya bahasa Inggris bisa diterima sebagai bahasa kedua setelah bahasa Indonesia Lingkungan ini dapat berupa lingkungan internal atapun eksternal.

Tema inilah yang paling banyak tidak dicermati peneliti sebagai tema dalam penelitian bahasa dari sudut budaya dan tema kesusastraan, padahal bahasa sangat begitu dekat dengan tema komunikasi sastra dan komunikasi, padahal banyak bidang yang bisa dikaji, misalkan analisa tematis novel, film dan sastrayang berasal dari permasalahan bahasa setempat seperti logat bahasa ataupun perbedaan pola budaya dan sastra dalam berbahasa.

Ke semua bagian dalam sistem kebahasan akan seperti yang diuraikan di atas dapat menjadi dasar kegiatan dalam meenentukan judul penelitian atau buku teks bahasa Hal ini akan membantu Anda dalam menentukan ruang lingkup dalam menentukan judul bahasa yang tidak hanya terpokus pada grammer, conversation, fonetik tapi kajian tema sastra juga bisa diadopsi dan   dijadikan sebagai dasar judul dalam kajian ilmu bahasa.

[Teknik Menulis] Menentukan Tingkatan Analisa

Langkah berikutnyan adalah menentukan tingkatan analisa masalah. Untuk langkah ini maka kita dapat membagi berdasarkan tingkatan mana yang paling mempengaruhi dan dipengaruhi dari tema kebahasan dapat dilihat nanti dalam hubungan antar variabel dalam paradigma penelitian.

Dalam perakteknya model judul penelitian cukup bervariasi dan tidak sesuai dengan teori yang diberikan diatas. terdapat judul penelitian yang mencerminkan permasalahan dan ada juga judul penelitian yang mencerminkan saran yang akan diberikan.

Apakah Anda sedang atau ingin menerbitkan buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara gratis. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang teknik menulis  anda dapat melihat Artikel-artikel berikut:

  1. Teknik Menulis Judul Buku Ilmu Komputer Supaya Diterima Penerbit Buku
  2. Teknik Menulis Judul Buku Menarik dan Diterima Penerbit Buku!
  3. Cara Membuat Buku: 4 Kriteria Judul Buku Yang Menarik!
  4. Teknik Menulis : Perihal Membuat Judul Menarik dalam Menulis Buku

Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS disini!

 

[Khairul Maqin]



This post has been seen 522 times.
(Visited 90 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *