Teknik Menulis Judul Buku Ilmu Komputer Supaya Diterima Penerbit Buku

teknik menulis

Seorang penulis perlu memerhatikan tiap detail tulisan. Dalam teknik menulis buku, salah satu yang tidak boleh luput dari perhatian penulis adalah judul. Bukan hanya ditulis sesuai dengan kaidah, judul juga perlu ditulis untuk menarik minat pembaca agar mereka mau membaca hingga akhir tulisan.

Dalam teknik menulis buku, pemilihan judul merupakan salah satu hal krusial. Judul yang ditulis sebaiknya menarik perhatian pembaca agar mereka merasa penasaran dan perlu membaca hingga akhir tulisan. Judul yang membosankan, terlalu panjang, dan biasa saja cenderung tidak akan dilirik pembaca.

Dalam teknik menulis buku, terutama buku ilmu komputer, terdapat beberapa tips dalam pemilihan judul. Dengan mengamati dan memahami tips tersebut, Anda yang sedang menulis buku ilmu komputer diharapkan dapat menerapkannya sehingga tercipta judul yang menarik perhatian pembaca. Selain itu, buku juga bisa akan lebih tahan lama di pasaran dan lebih menjangkau banyak kalangan.

Apa sajakah tips memilih judul untuk buku ilmu komputer yang sedang Anda tulis? Untuk mengetahuinya, Anda dapat menyimak ulasan berikut.

  1. Sebaiknya tidak mencantumkan versi

Akan lebih baik jika Anda menggunakan judul tanpa menyertakan versi dari aplikasi yang Anda jelaskan dalam buku. Hal ini bertujuan membatasi pembaca yang menggunakan aplikasi dengan versi tertentu. Selain itu, jika muncul versi-versi baru, buku Anda akan ditinggalkan oleh pembaca karena dirasa kurang up to date. Jika Anda memang ingin mencantumkan versi, Anda bisa memaparkan fitur terbaru dari sebuah aplikasi dengan versi tertentu.

  1. Memperluas segmen pasar

Dalam teknik menulis buku ilmu komputer, Anda sebaiknya tidak membatasi pembahasan dengan segmen tertentu. Pembahasan yang hanya terbatas pada sebuah segmen juga membuat buku Anda berumur pendek dan hanya dibeli oleh kalangan terbatas. Anda juga sebaiknya tidak hanya menulis buku ilmu komputer yang akan dibaca oleh mahasiswa atau akademisi di bidang terkait dan programmer saja. Anda perlu memperluas segmen pasar sehingga siapapun dapat membaca dan menerapkan isi buku Anda dalam kehidupan sehari-hari. Untuk memperluas segmen pasar, Anda dapat menulis hal-hal yang lebih general, tetapi dapat diaplikasikan oleh lebih banyak orang.

Baca juga : masalah yang sering muncul saat menulis buku!

  1. Judul sebaiknya tidak ditulis terlalu panjang

Judul yang terlalu panjang akan membuat tulisan Anda tidak fokus. Anda dapat mempersingkat judul yang terlalu panjang agar lebih ringkas. Sementara itu, jika masih ada kata-kata penting dalam judul yang menjadikannya terlalu panjang, sebaiknya kata-kata tersebut dijadikan sebagai subjudul saja. Dengan begitu, Anda tidak perlu membuang kata-kata penting tersebut dan masih dapat menggunakannya.

  1. Hendaknya tidak menggunakan kata-kata yang mengandung makna “Panduan Lengkap”

Menuliskan panduan lengkap bisa berarti membuat buku yang super tebal. Anda tidak mungkin melakukan ini untuk menyajikan begitu banyak materi dan pembahasan bagi para pembaca. Sebaiknya Anda tidak menuliskan berbagai kata yang menunjukkan “kelengkapan” dalam buku Anda. Selain tidak fokus dalam pembahasan, panduan lengkap juga belum tentu membuat pembaca tidak membeli buku-buku yang lain untuk memenuhi kebutuhannya.

  1. Pastikan angka dituliskan sebagai hal yang pasti

Dikarenakan ilmu komputer juga digolongkan dalam kategori ilmu pasti, maka Anda harus benar-benar akurat dalam menuliskan data-data di dalamnya. Jangan sampai Anda menuliskan angka yang tidak akurat atau tidak benar. Penulisan angka juga sebaiknya logis sehingga pembaca tidak merasa dibohongi.

Anda yang menggunakan angka dalam judul buku sebaiknya juga tidak memberikan janji palsu pada pembaca. Salah satu contohnya, Anda bisa saja menuliskan “36 Jam Menguasai CorelDraw”, padahal belum tentu pembaca dapat mahir dalam waktu sesingkat itu. Judul seperti itu juga terkesan tidak realistis. Penulis yang boleh jadi sudah expert di bidang komputer tidak menempatkan dirinya sebagai pembaca yang masih awam. Oleh karena itu, penting bagi penulis untuk berpikir lebih luas mengarahkan sasaran pembacanya.

Simak pula : Buku Anda pasti akan terbit jika Anda mengetahui 5 tahapan ini!

  1. Gunakan kata-kata yang impresif

Kata-kata impresif akan lebih memberikan penekanan pada judul sehingga mampu memikat pembaca. Menggunakan kata-kata impresif yang dituliskan dalam judul akan lebih “menjual” buku yang Anda tulis. Jika Anda sudah mendapatkan ide untuk judul berupa sebuah kalimat, Anda bisa mengoreksi dan menambahkan kata-kata impresif di dalamnya. Dengan begitu, pembaca akan lebih tertarik untuk membeli dan membaca buku Anda hingga selesai.

Menuliskan judul yang menarik dan memikat pembaca untuk membeli dan membaca buku Anda memang tidak semudah yang dipikirkan. Anda perlu menyusun kata demi kata dengan tepat sehingga memunculkan judul yang menarik minat pembaca terhadap tulisan Anda. Selain itu, Anda juga perlu memikirkan logis atau tidaknya judul yang Anda pakai dalam buku Anda.

Namun dengan beberapa poin di atas, Anda dapat lebih cermat dan kreatif dalam menuliskan judul. Ketika Anda berhasil menguasai teknik menulis judul yang menarik, bukan mustahil banyak para pembaca yang akan membeli buku Anda.

 

 

Referensi:

  1. Hendri Hendratman, “Tips Menulis Buku Komputer Best Seller” dalam www.hendihen.com

[Wiwik Fitri Wulandari][/mag]



This post has been seen 580 times.
(Visited 150 times, 1 visits today)

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *