Tips Memilih Judul Buku

cara mencari judul buku penerbit deepublish

Suatu buku tidak bisa lepas dari judul. Supaya buku yang Anda tulis menarik perhatian pembaca, memilih judul buku memang menjadi senjata pertama yang bisa digunakan. Letaknya di bagian cover depan dan dicetak jelas, wajar jika judul perlu dibuat yang bagus dan mengena. Ibarat jualan baju, judul adalah penampilan awal yang bisa dilihat langsung oleh mata ketika ingin membeli. Sebelum menyentuh bahan atau isinya, pasti akan melihat dulu tampaknya.

Judul bisa dibilang seperti magnet. Jika judul semakin menarik, pembaca pun pasti tertarik. Pada akhirnya, judul harus dikemas sedemikian menarik agar mempunyai nilai (value) dan rasa (taste) berbeda. Buku yang baik harus mencerminkan perbedaan dengan buku-buku yang lainnya. Dengan begitu penulis dapat memberikan sesuatu hal yang berbeda dengan penulis lain sehingga pembaca menarik untuk beli. Lantas, bagaimanakah membuat judul buku yang menarik? Berikut ini ulasannya.

Mengandung Unsur SIAP

SIAP merupakan suatu singkatan yang berarti singkat, asli, inspiratif, dan persuasive. Nah keempat komponen ini harus ada di dalam memilih judul buku Anda. Mari kita ulas satu per satu. Pertama, judul harus singkat. Yang dimaksud singkat adalah judul tidak boleh bertele-tele, harus to the point sehingga mudah diingat oleh pembaca. Semakin pendek judul, semakin mudah pula pembaca mengingatnya. Idealnya judul maksimal terdiri dari enam kata saja. Sebuah judul buku yang baik harus mencerminkan isi buku dan berbentuk kata atau frasa. Contoh memilih judul buku yang kerap kita temui, Perbedaan Mars dan Venus, Panduan Menjadi Juara, Terampil Menulis Surat, Menjadi Penyair, Mahir Bercerita, Juara Pidato, Menjadi Cerpenis, Wartawan Sekolah, Menyunting Karangan, Meniti Jejak Sang Guru, Ayo Bermain Drama, dan masih banyak lainnya.

Kedua, inspiratif dan inovatif. Dalam menulis judul, Anda juga harus memperhatikan pilihan kata apakah sudah menjadi cerminan atau gambaran isi buku. Setidaknya judul harus mampu memuat isi buku meskipun hanya sekilas. Oleh karena itu, judul harus ditulis dengan pilihan kata yang penuh inspirasi. Selain itu, judul buku harus berbeda dengan judul-judul buku yang telah ada. Karena itu penulis buku harus berinovasi ketika memilih judul bukunya.

Syarat ketiga adalah judul buku harus asli. Maksudnya, judul itu berasal dari kemurnian hati penulisnya, tidak menjiplak judul buku yang telah ada. Jika ditemukan kesamaan, itu murni tidak disengaja. Jadi, kita dapat mengelak jika ada orang lain yang memprotes judul buku kita.

Buat Menjadi Lebih Spesifik

Judul yang Anda buat di poin pertama mungkin masih saja luas cakupannya. Pada poin kedua ini, tugas Anda membuat judul tersebut menjadi lebih spesifik. Untuk membuat judul yang spesifik, Anda dapat mempertimbangkan target pembaca, waktu, luaran (output) yang dijanjikan, dan jumlah/daftar. Misalnya dengan menambah angka, jumlah, atau kata yag menunjukkan kespesifikan judul Anda.

kumpulan judul buku yang menarik penerbit deepublish

Tak lupa berikan power word pada setiap kaliman yang Anda buat. Power kata-kata dapat memicu ketertarikan atau emosi seseorang. Power words ini dapat berupa kata benda, kata sifat, dan kata kerja. Anda bisa menggunakan kata-kata seperti rahasia, trik, kekuatan, keajaiban mudah, sederhana, jitu, ampuh, gratis, cepat, dan kata lainnya. Contohnya, Anda bisa membuat judul dengan power word seperti berikut ini: Cara Mudah Menulis Buku Nonfiksi dalam 30 Hari atau Cara Mudah Menulis Buku Nonfiksi untuk Anak-anak.

Buatlah Menjadi Unik

Power word saja terkadang masih kurang. Maka dibutuhkan kata yang dapat menyita perhatian sejenak. Anda bisa mengambil kata unik yang masih relevan dengan tema yang Anda usung. Untuk tujuan ini, Anda dapat memilih judul buku dalam format judul utama dan subjudul.

Judul utama sebaiknya 1-4 kata saja. Hal ini akan memudahkan pembaca untuk mengingat judul atau menjadi brand buku tersebut. Sementara itu, subjudul menginformasikan isi atau manfaat buku secara jelas.

Beberapa penulis Indonesia menulis judul utama dalam bahasa Inggris. Alasannya supaya eye-catching. Namun, itu bukanlah keharusan. Anda bisa juga membuat judul utama dalam bahasa Indonesia. Cohtohnya, Kitab Penulis Pemula: 23 Kiat Jitu Menulis Buku Nonfiksi Pertama Anda atau Wujudkan Buku Pertama Anda: 23 Kiat Jitu Menulis Buku Nonfiksi Pertama Anda.

Dibutuhkan Pembaca

Seperti poin sebelumnya, memang dibutuhkan pembaca untuk membaca buku Anda. Ketika pembaca melihat cover buku, dia akan mengatakan, “Wah ini gue banget, gue butuh banget buku ini.”

judul buku novel penerbit deepublish

Memilih judul buku, ‘Taaruf Mati Langkah’ akan sangat dibutuhkan orang yang berulang kali taaruf, tapi gagal terus agar selalu berada dalam koridor taaruf. Memilih judul buku ‘Jangan Takut Gagal’ akan sangat dibutuhkan oleh orang yang saat ini sedang berjuang dan tak ingin ada kegagalan. Pun, kepada orang yang pesimis menjalani roda kehidupan. Untuk itu, berikan kesan positif untuk pembaca baru yang masih ragu membeli buku Anda.

Tegas dan Bertenaga

Pemilihan kata atau diksi menjadi hal yang cukup penting dalam penulisan judul buku. Memberikan ketegasan dalam frasa yang Anda buat adalah salah satu trik yang bisa digunakan untuk memilih judul buku menarik. Hal tersebut bisa Andalakukan dengan menggunakan kata kerja untuk membuat judul yang kita buat terlihat lebih bertenaga. Sebagai contohnya ada beberapa judul yang serupa, tetapi memiliki kekuatan atau ketegasan yang berbeda yaitu ‘Geografi Pariwisata’ ( terasa kurang bertenaga), ‘Menelusuri Geografi Pariwisata’ (sudah cukup bertenaga), dan ‘Menguak Geografi Pariwisata’ (lebih bertenaga).


Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara GRATIS. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini. atau Anda bisa langsung Kirim Naskah dengan mengikuti prosedur berikut ini: KIRIM NASKAH

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang memilih judul buku, Anda dapat melihat artikel-artikel kami berikut:

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS disini!

Kontributor: Novia Intan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *