Tips menulis artikel ilmiah yang baik sepertinya dibutuhkan oleh banyak kalangan. Tidak hanya bagi bagi dosen atau guru, tips menulis artikel ilmiah yang baik juga dibutuhkan oleh pelajar maupun mahasiswa. Menulis artikel ilmiah biasanya menjadi salah satu bahan tugas yang harus dikerjakan.  Sebenarnya apa sih artikel ilmiah itu?

Artikel ilmiah didefinisikan sebagai penelitian karya ilmiah yang diperpendek atau diperingkas penyajiannya. Peserta didik dapat membuat artikel ilmiah kalau dia sudah melakukan atau memiliki penelitian karya ilmiah.Artikel ilmiah itu bisa dibuat dari hasil penelitian lapangan dan laboratorium termasuk bengkel kerja.

Penulisan artikel ilmiah ini tidak bisa disamakan dengan menulis artikel biasa. Berikut ini ciri-ciri artikel ilmiah:

  1. Struktur sajian Artikel ilmiah sangat ketat, biasanya terdiri dari bagian awal (pendahuluan), bagian inti (pokok pembahasan), dan bagian penutup. Bagian awal merupakan pengantar ke bagian inti, sedangkan inti merupakan sajian gagasan pokok yang ingin disampaikan yang dapat terdiri dari beberapa bab atau subtopik. Bagian penutup merupakan simpulan pokok pembahasan serta rekomendasi penulis tentang tindak lanjut gagasan tersebut.
  2. Komponen dan substansi. Komponen karya ilmiah bervariasi sesuai dengan jenisnya, namun semua Artikel ilmiah mengandung pendahuluan, bagian inti, penutup, dan daftar pustaka. Artikel ilmiah yang dimuat dalam jurnal mempersyaratkan adanya abstrak
  3. Sikap penulis dalam Artikel ilmiah adalah objektif, yang disampaikan dengan menggunakan gaya bahasa impersonal, dengan banyak menggunakan bentuk pasif, tanpa menggunakan kata ganti orang pertama atau kedua.
  4. Penggunaan Bahasa yang digunakan dalam Artikel ilmiah adalah bahasa baku yang tercermin dari pilihan kata/istilah, dan kalimat-kalimat yang efektif dengan struktur yang baku.

Tujuan Tips Menulis Artikel Ilmiah yang Baik :

  • Untuk menyampaikan gagasan,
  • Memenuhi tugas dalam studi,
  • Untuk mendiskusikan gagasan dalam suatu pertemuan,
  • Mengikuti perlombaan,
  • Serta untuk menyebarluaskan ilmu pengetahuan/hasil penelitian

Fungsi Tips Menulis Artikel Ilmiah yang Baik :

  • Sebagai rujukan,
  • Untuk meningkatkan wawasan,
  • Serta menyebarluaskan ilmu pengetahuan.

Beberapa komponen yang harus diperhatikan dalam tips menulis artikel yang baik :

Penulisan Judul Jurnal

Penulisan judul pada jurnal internasional yang benar, judul harusnya mampu menyampaikan masalah atau metode yang digunakan. Tidak sekedar itu saja, tetapi juga menyinggung hasil kerja. Secara eksplisit, judul juga memiliki unsur motivasi.

Perhatikan Penulisan Abstrak

Anda merasa binggung ingin membuat abstrak? Ada unsur penting yang ditulis pada abstrak. Jadi Anda wajib menampilkan dan memaparkan area penelitian, menyinggung masalah, solusi penelitian dan menyinggung terkait desain, kerangka, model ataupun arsitektur penelitian yang Anda gunakan.

Penulisan Pendahuluan

Pendahuluan di tulis untuk memaparkan masalah utama serta menerapkan metode sekaligus identifikasi pertanyaan penelitian. Anda juga bisa menuliskan alur penelitian di poin pendahuluan. Agar lebih enak ditangkap, maka tidak ada salahnya jika menulis pendahuluan dari yang umum ke detail, atau sebaliknya dari bawah ke atas.

Tinjauan Literatur

Ingin Jurnal Internasional Anda lolos? Anda bisa merapikan di bab tinjauan literature. Di bab tinjauan literature, bisa Anda menuliskan variabel-variabel penelitian. Tidak ada salahnya untuk menyantumkan hubungan antara variabel satu dengan variabel yang lain. Jika Anda ingin menuliskan kontribusi Anda sebagai peneliti juga tidak ada salahnya.

Memaparkan Hasil

Artikel ilmiah dibagian hasil dan diskusi dapat diisi dengan keterkaitan atau hubungan antar variabel yang digunakan untuk penelitian.

artikel ilmiah

Di bab di atas, ada hipotesis, maka bab inilah, hipotesis bisa dijelaskan menggunakan pembenaran.

Kesimpulan

Sub bab selanjutnya adalah penulisan kesimpulan. Meskipun hasil yang di paparkan adalah hasil akhir, namun dari segi penyampaian tetap ada batasan. Prinsipnya, penulisan kesimpulan menggambarkan deskripsi singkat. Informasi yang di paparkan pun juga dipaparkan seobjektif mungkin. Jangan lupa, untuk menampilkan hasil penelitian yang sifatnya terbaru, serta kontribusi hasil penelitian tersebut untuk bidang ilmu yang Anda teliti.


Kontributor: Novia Intan

e-book menulis buku ajar