Dianggap Tugas Sulit, Ternyata UNESCO Paparkan 4 Prinsip Tujuan Menulis Buku

Tujuan Menulis Buku

Tidak dapat dipungkiri bahwa tujuan menulis buku ajar itu sebagai tantangan  yang berat. Apalagi bagi mereka yang tidak memiliki ketrampilan menulis. Dianggap tugas sulit, ternyata menulis buku ajar memiliki 4 prinsip yang harus Anda tahu.

Keempat prinsip tujuan menulis buku berfungsi untuk melahirkan buku yang tepat sasaran. Seringkali menulis buku bagi seorang dosen hanya sebagai bentuk kewajiban dan sekedar mengejar pangkat dan jabatan saja. Mengingat pentingnya prinsip menulis hingga diatur dalam UUD 45 di paragraph 4 yang berisi …mencerdaskan kehidupan bangsa.

Tidak hanya di atur dalam UUD 45 saja, ternyata UNESCO juga memaparkan pentingnya manfaat menulis buku. Setidaknya UNESCO memiliki 4 prinsip pendidikan jika Anda menulis buku ajar. Berikut keempat prinsip tersebut.

Tujuan Menulis Buku – Ilmu Pengetahuan

Tidak ada yang lebih berharga selain ilmu pengetahuan. Tanpa ilmu pengetahuan, seperti berjalan tanpa arah. Hidup terasa membosankan dan tidak membahagiakan. Sebaliknya, hidup sarat pengetahuan akan hidup lebih mujur dan bermakna. Itulah yang seharusnya Anda lakukan ketika menulis buku.

Jadi menulis bukan sekedar untuk mendapatkan royalti atau ketenaran, tetapi juga memberikan dampak besar bagi semua pembaca. Bagaimanapun juga, ilmu pengetahuan sebagai sarana dasar bangsa Indonesia menjadi pribadi yang lebih cerdas, berfikir matang dan bersikap dewasa dalam menyikapi suatu masalah.

Tujuan Menulis Buku – Melatih Ketrampilan

Rahasia besar Negara maju karena mereka memiliki ketrampilan dan kemampuan. Mereka hidup tidak bergantung pada lapangan kerja yang disediakan oleh pemerintah. Ketika tidak ada peluang, mereka mampu membuka peluang atau membuka lapangan pekerjaan baru. Wajar jika Negara Maju angka pengangguran sangat kecil.

Setidaknya inilah yang sekarang menjadi PR bagi seluruh masyarakat Indonesia. Melatih ketrampilan sangat dibutuhkan. Ada banyak jalan untuk melatih ketrampilan, tidak sekedar memberikan kursus, Anda dapat menulis buku. Dimana isi buku mengulas tentang peluang dan mengasah skill pembaca.

Tujuan Menulis Buku – Mandiri

Cukup bermodal ilmu pengetahuan dan skill, sudah dapat dipastikan akan hidup mandiri. Hidup tidak bergantung pada siapapun. Ketika kemandirian sudah menyebar merata dan menjadi sebuah kesadaran diri, maka pendidikan Indonesia bisa dikatakan berhasil.

Manfaat memiliki etos kemandirian tidak hanya berdampak pada dunia pendidikan. Jangka panjang akan mempengaruhi beberapa aspek lain, yang turut mengikutinya. Diantarannya terjadi perubahan dibidang perekonomian, kemandirian pangan dan pendapatan perkapita. Ketika kemandirian sudah menjadi kebiasaan sebagian besar orang, maka dampak yang akan ditimbulkan semakin besar. Sudut pandang positif semacam inilah yang seharusnya dimasukan ketika Anda menulis buku.

Tujuan Menulis Buku – Melatih Hidup Bersosial

Prinsip pendidikan menulis buku yang terakhir adalah melatih masyarakat untuk hidup bersosial. Seiring teknologi berkembang pesat, semakin banyak orang yang hidup individualis. Kehidupan bersosial dikesempingkan. Padahal, hidup bersosial salah satu kunci besar membangun konektivitas.

Konektivitas tidak sekedar membangun hubungan. Lebih dari itu, konektivitas sebagai dasar untuk membangun sebuah tujuan yang lebih bagus. Analogi sederhana, ketika Anda menulis buku, Anda membutuhkan konektivitas dengan penerbit buku. Tanpa penerbit buku, buku dan Anda bukanlah siapa-siapa. Berkat penerbit buku penyebaran buku tersebar di pasar dan dikenal banyak pembaca. Secara tidak sadar, membukakan peluang lain. Misal peluang menjadi pembicara terkait tema tulisan dan semacamnya.

Itulah empat prinsip tujuan menulis buku, meskipun sulit empat prinsip ini harus benar-benar dipahami. Agar buku yang ditulis memiliki visi dan misi yang jelas dan memberi manfaat. Jadi tidak hanya memberi manfaat untuk diri sendiri tetapi juga untuk pembaca. (Elisa)

Apakah Anda punya hobi nulis sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara gratis. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang hobi nulis anda dapat melihat Artikel-artikel berikut:

  1. Teknik Menulis : Cara Membuat Daftar Isi secara Otomatis di Ms. Word
  2. Teknik Menulis Menyusun Laporan Hasil Penelitian Menjadi Buku Ajar
  3. Teknik Menulis: 5 Hal dalam Buku Ajar yang Harus Diperhatikan!
  4. Teknik Menulis Buku, dengan Membaca Teks Kehidupan

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS di sini!

Jika Anda menginginkan EBOOK GRATIS tentang CARA PRAKTIS MENULIS BUKU, silakan download.



This post has been seen 467 times.
(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.