Teknik Menulis : Cara Membuat Daftar Isi secara Otomatis di Ms. Word

Tips dari Penerbit Buku Deepublish

Halo pembaca budiman, kali ini kita akan membahas teknik menulis tentang daftar isi sebuah dokumen dan bagaimana cara membuatnya menggunakan Microsoft Word. Daftar isi merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah dokumen atau file. Gunanya adalah untuk memudahkan pembaca mengetahui apa saja informasi dalam dokumen tersebut.

Tips teknik menulis dari Penerbit Buku Deepublish

Dalam sebuah buku, daftar isi adalah salah satu komponen yang wajib ada. Oleh karena itu, semua penulis wajib mencantumkan daftar isi dalam naskah bukunya. Tidak hanya dalam penulisan buku, daftar isi juga penting dalam penulisan karya tulis ilmiah seperti skripsimakalah, tesis, disertasi, dan lain-lain. Apa saja manfaat daftar isi pada sebuah buku?

Pertama, informasi awal tentang apa saja yang akan dibahas pada buku tersebut. Memang beberapa buku menuliskan sinopsisnya di bagian belakang buku untuk memberi tahu pembaca tentang garis besar topik-topik yang akan dibicarakan pada buku tersebut. Daftar isi berisi informasi tentang topik-topik bahasan pada buku secara lebih rinci yang meliputi bab dan subbab.

Kedua, mempermudah pembaca menemukan informasi dalam buku. Isi buku dikelompokkan berdasarkan bab dan subbabnya. Untuk mempermudah pembaca menemukan bab pembahasan yang dicari, maka diperlukan adanya daftar isi. Karena pada daftar isi terdapat informasi halaman atau alamat dimana bab itu berada. Oleh sebab itu dengan adanya daftar isi pembaca juga dimudahkan untuk mencari halaman pada buku tersebut.

Ada banyak cara untuk membuat daftar isi dengan menggunakan aplikasi office di komputer. Ini bisa dibuat dengan cara manual, semimanual, dan otomatis. Kebanyakan orang masih menggunakan cara manual untuk membuat daftar isi. Hal ini karena mereka belum tahu cara membuat daftar isi secara otomatis. Bahkan ada yang tidak tahu bahwa daftar isi bisa dibuat secara otomatis.

Dengan cara manual penulis masih harus mengisikan nomor halaman setiap bab satu persatu. Cara ini menjadi tidak efektif jika kemudian terjadi perubahan nomor halaman karena adanya penambahan teks atau perubahan format tulisan. Misalkan bab pendahuluan yang awalnya berada pada halaman 3, namun karena adanya penambahan gambar berubah menjadi halaman 4. Jika harus diedit satu per satu tentu akan menyulitkan penulis.

Pada artikel teknik menulis ini akan kita bahas bagaimana cara membuat daftar isi yang otomatis dengan aplikasi office di komputer. Dalam hal ini kita akan menggunakan Microsoft Word 2010.

 

  1. Buatlah file di Microsoft Word! Kemudian, pilih menu References, kemudian pilih Table of Contents. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh, di sini kita memilih tipe Automatic Table 1.

1

Setelah itu, pada layar akan muncul seperti gambar di bawah ini

2

Di situ terdapat keterangan bahwa Table of Content atau daftar isi belum ditemukan. Itu karena memang ada langkah-langkah yang harus dikerjakan terlebih dahulu.

2. Selanjutnya kita buat dulu bab atau subbab apa saja yang akan tertera pada daftar isi. Contohnya adalah sebagai berikut

  • Kata pengantar
  • Prolog
  • Pendahuluan
  • Pengenalan Ms. Word
  • Manfaat menggunakan Ms. Word
  • Cara menggunakan Ms. Word
  • Tentang Penulis
  • Indeks

Bab-bab di atas ditulis di halaman yang berbeda-beda.

3

3. Atur style-nya tulisan pada judul bab menjadi Heading 1 atau Heading 2. Caranya adalah blok tulisan kemudian pada kolom Styles di Home pilih Heading 1 atau Heading 2.

4

Lakukan penggantian style pada semua judul di setiap halaman!

4. Jika sudah, tahap selanjutnya adalah memberi halaman atau Page Numbers. Caranya, Anda pilih menu Insert, kemudian pada kolom Header & Footer, pilih Page Number.

5

Ketika Anda klik Page Number, Anda akan melihat pilihan seperti gambar di bawah. Anda bisa memilih apakah nomor halaman akan diletakkan di bagian atas, bawah, kiri, kanan, atau tengah. Dalam contoh kali ini kita akan menggunakan nomor halaman di tengah bawah.

6

5.  Tahap selanjutnya yaitu kembali ke halaman pertama di mana kita letakkan daftar isi tadi. Lalu klik update table.

7

Setelah Anda klik update table maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

8

Selanjutnya, jika nanti ada perubahan halaman atau perubahan judul, Anda tinggal meng-update table seperti pada langkah keempat. Nantinya akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Pilih Update Page Numbers Only jika tidak ada perubahan pada nama judul dan pilih Update Entire Table jika terdapat perubahan nama judul atau penambahan judul.

Teknik menulis tentang pembuatan daftar isi secara otomatis ini akan sangat memudahkan Anda ketika membuat dokumen dalam ukuran besar seperti naskah buku, naskah skripsi, makalah, dan lain-lain. Dalam praktiknya, Anda juga bisa menggunakan cara tersebut pada Ms. Word 2007 atau 2013.

Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara gratis. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang teknik menulis anda dapat melihat Artikel-artikel berikut:

  1. Teknik Menulis | Pentingnya Revisi dalam Menulis Buku
  2. Teknik Menulis (Draft) Buku Pertamamu
  3. Teknik Menulis : Tiga Hambatan dalam Menulis Buku
  4. Teknik Menulis Judul Buku Ilmu Komputer Supaya Diterima Penerbit Buku

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS disini!

Jika Anda menginginkan EBOOK GRATIS tentang CARA PRAKTIS MENULIS BUKU, silakan download.

[Niki Hidayati]

Save

Save

Save



This post has been seen 4994 times.
(Visited 1,686 times, 1 visits today)

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *