Pada saat mengetik suatu dokumen di Ms Word maka terlebih dahulu akan melakukan beberapa pengaturan, termasuk pengaturan ukuran kertas. Pada Ms Word sendiri terdapat beberapa pilihan ukuran yang sifatnya default. Lalu, bagaimana dengan ukuran kertas F4? 

Ukuran kertas jenis F4 memang tidak akan ditemukan di pilihan ukuran default pada Ms Word. Hal ini terjadi karena ukuran F4 tersebut memang kurang umum digunakan di negara lain di dunia selain Indonesia. 

Meskipun begitu, Ms Word mendukung pengaturan ukuran secara manual. Sehingga untuk mengatur ukuran kertas di ukuran F4, pengguna bisa melakukan secara manual. Simak penjelasannya di bawah ini. 

Ukuran Kertas dalam Berbagai Satuan

Kertas F4 disebut juga dengan istilah kertas folio. Kerta folio sendiri lebih umum digunakan di Indonesia untuk mencetak beberapa jenis dokumen. Misalnya mencetak surat, mencetak halaman pada naskah makalah, dan lain sebagainya. 

Kertas ukuran F4 kemudian lebih umum digunakan di Indonesia dibanding negara lain di dunia. Atas alasan inilah kita tidak akan menjumpai ukuran folio di pilihan ukuran Ms Word. Sebagaimana ukuran default untuk A4, A5, letter, dan sebagainya.

Meskipun begitu, pengguna Ms Word di Indonesia tidak perlu cemas. Sebab untuk mendapatkan lembar kerja dengan ukuran folio bisa diatur secara manual. Berikut adalah detail ukuran kertas folio tersebut dalam berbagai satuan ukuran: 

  • 210 x 330 mm
  • 21 x 33 cm
  • 8,27 x 13,0 inch

Bicara mengenai ukuran kertas F4, beberapa orang di Indonesia kadang memilih ukuran default. Yakni ukuran Legal. Kira-kira apakah ukurannya sama? Jika melihat ukuran kertas folio sesuai standar yang sudah dijelaskan, maka sebenarnya ukurannya berbeda dengan Legal. 

Secara standar, ukuran Legal adalah 21,6 x 35,5 cm atau 8,5 x 14 inci. Sehingga memang nyaris sama, hanya saja tetap akan terpaut setengah sentimeter maupun tidak sampai satu inchi. Atas dasar inilah beberapa orang memakai ukuran default Legal. 

Selain ukuran default Legal, beberapa orang di Indonesia juga menggunakan ukuran default Letter. Sebab detail ukurannya tidak terpaut jauh dengan ukuran kertas F4, yakni 21,59 x 27,94 cm atau 8,50 x 11,00 inci. 

Membutuhkan ukuran kertas yang lain untuk menulis buku? Catat ukuran kertas lain dengan cek disini: [Bonus Template]

Cara Mengatur Ukuran Kertas F4 di Word

Memahami bahwa ukuran kertas F4 tidak tersedia dalam pilihan default di Ms Word. Maka pengguna bisa mengatur ukurannya di lembar kerja secara manual. Namun, Anda juga bisa mencoba memakai ukuran default dari kertas yang nyari sama. 

Ada dua pilihan, dimana yang pertama adalah ukuran default kertas Legal dan yang kedua adalah ukuran Letter. Meskipun ukuran kedua jenis kertas ini tidak sama persis dengan standar ukuran kertas folio. 

Namun perbedaannya sangat tipis, jika dicetak maka tidak akan terlihat berbeda alias sama. Berikut cara mengatur ukuran kertas Legal maupun Letter di lembar kerja Ms Word: 

  1. Buka lembar kerja di Ms Word. 
  2. Masuk ke menu “Page Layout”. 
  3. Lalu klik panah ke bawah “Page Setup”. Tunggu sampai muncul jendela Page Setup. 
  4. Setelah muncul, silahkan klik di halaman “Paper” dalam jendela tersebut. 
  5. Nantinya bisa klik panah ke bawah pada pilihan “Paper Size”. Maka akan ada pilihan Legal dan Letter, silahkan dipilih salah satu. 
  6. Klik tombol “Ok”. Selesai. 

Cara Menambahkan Ukuran Kertas F4

Bagaimana jika ingin memakai ukuran kertas F4 secara langsung di Ms Word? Maka bisa melakukan pengaturan secara manual, atau menambahkan ukuran kertas folio tersebut. Berikut langkah-langkahnya: 

  1. Buka lembar kerja di Ms Word. 
  2. Masuk ke menu “Page Layout”. 
  3. Lalu klik pada sub menu “Size”. 
  4. Klik pilihan “More Paper Size” dan klik “Custom Size” 
  5. Masukkan ukuran kertas F4 secara manual dengan mengganti “Width” dan “Height”. Dari ukuran default menjadi 21,6 x 35,5 cm. 
  6. Klik tombol “OK”. Selesai!

Baca Juga: