Pada hari Rabu, tanggal 28 Oktober 2020. Asosiasi Pendidikan Diploma Farmasi Indonesia (APDFI) bekerjasama dengan penerbit buku deepublish mengadakan webinar berjudul Kiat Sukses Menulis Buku Hasil Penelitian.

Tujuan dari kegiatan ini sendiri adalah :

  • Menjelaskan kepada guru dan dosen manfaat dan pentingnya menghasilkan karya tulis berupa buku ajar dan hasil riset
  • Menginformasikan kepada guru dan dosen kendala-kendala dalam menerbitkan buku dan menjelaskan cara cerdas mengatasi kendala tersebut
  • Menjelaskan strategi dan teknik menulis buku yang layak
  • Menyajikan pertimbangan-pertimbangan agar naskah menjadil layak terbit
  • Menjadikan peserta kegiatan dapat menerbitkan buku ajar dan hasil riset

Sebagai pemateri utama, yaitu Prof. Dr. Sutikno, S.T., M.T. Beliau merupakan dosen jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Semarang yang juga seorang penulis buku.

download ebook gratis

Pemaparan materiyang diberikan oleh Prof. Dr. Sutikno ini adalah mengenai kiat menulis buku ajar.

Selain itu beliau memberikan tips dan trik agar dosen mampu menulis buku dan menyelesaikan buku. Tips dan trik ini penting untuk diberikan kepada peserta yang hampir seluruhnya adalah dosen.

Karena dosen biasanya sibuk untuk melakukan kegiatan mengajar dan yang lainnya, sehingga kekurangan waktu untuk menulis buku.

Selain pemateri pertama ada juga pemateri kedua dari penerbit deepublsih, yaitu Muhammad Artova Al-Kindi S.M yang menjelaskan mengenai sistem penerbitan di penerbit deepublish.

Selain itu Artova juga memberikan penjelasan kepada peserta webinar mengenai manfaat yang diperoleh dari menuliskan buku.

Pada kegiatan tersebut, dilakukan juga penandatanganan kerjasama institusi yang dilakukan oleh perwakilan dari peserta kegiatan webinar tersebut.

Kegiatan webinar ini dikiuti oleh 52 universitas yang tersebar di daerah Jawa Timur, Bali dan Kalimantan, dilakukan melalui zoom untuk agar tetap mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemi covid saat ini.

Baca juga : Menulis Buku Referensi dari Hasil Penelitian? Kuasai 9 Syaratnya di Sini