6 Catatan Menerbitkan Buku di Penerbit Indie

menerbitkan buku

Jika tujuan Anda menerbitkan buku karena passion, maka Anda bisa memilih penerbit indie. Menerbitkan secara indie lebih efektif dan efisien.

Menulis buku secara Indie ternyata lebih menjanjikan dan menguntungkan. Teruntuk bagi Anda yang tengah bimbang menerbitkan buku.  Ternyata menerbitkan buku secara mandiri justru lebih menguntungkan. Kenapa? Karena penulis dapat memperoleh keuntungan/royalti lebih besar. Berikut 6 catatan menerbitkan buku secara indie.

  • Sistem Pre Order

Secara opersional, menerbitkan buku secara indie lebih efektif dan efisien. Sayangnya, kenyataan ini masih belum dipahami oleh banyak orang. Banyak yang beranggapan bahwa menerbitkan secara  indie dan mayor lebih diuntungkan secara mayor. Kenyaaannya juga tidak demikian. Penulis indie juga tetap bisa merasakan keuntungan dengan sistem ini.

Cara menguntungkan menerbitkan secara indie dapat dilakukan dengan sistem Pre Order (PO). Sistem Pre order hanya mencetak buku berdasarkan permintaan. Beda dengan penerbit besar yang mencetak dalam jumlah besar, jika buku tidak laku, maka buku-buku tersebut akan diretur, sehingga terjadi penumpukan di gudang buku. Jika buku yang di retur banyak, itu berarti banyak buku yang tidak laku dan menyebabkan pembengkakan.

  • Siapa Pengguna Penerbit Indie

Ada yang bilang penerbitan PoD dengan sebutan penerbit indie. Lantas, siapa pengguna jasa PoD? Sebenarnya Penerbit indie tidak di khususkan untuk kalangan tertentu. Semua orang berhak menggunakan jasa ini. Hanya saja, sampai detik ini persaingan dunia perbukuan, khususnya di kalangan penerbit lebih ketat. Maka banyak penulis-penulis yang lari ke penerbit indie.

Stereotip masyarakat yang berkembang ada yang beranggapan bahwa penerbit indie sebagai tempat penulis yang naskahnya tidak diterima penerbit mayor. Anggapan ini yang sebenarnya sedikit menyudutkan. Tapi, ada satu sisi potisitif yang sebenarnya bisa kamu jadikan kekuatan dan memilih penerbit indie sebagai tujuan Anda.

Anda tahu penulis-penulis besar yang mengawali karyanya lewat penerbit indie? misalnya Virginia Woolf, Ezra Pound, Thomas Paine dab Beatrix Potter. Sedangkan dari penulis lokal ada Dee Lestari, yang tetap memilih jalur penerbitan indie.

Dari gambar di atas memperlihatkan bahwa menerbitkan buku secara indie tidak selamannya buruk. Nyatanya, mereka tetap eksis dan akhirnya dilamar penerbit Mayor?!. Anda pun juga demikian, Anda juga bisa membesarkan nama Anda sendiri lewat karya yang dicetak secara mandiri. Karena untuk menjadi besar itu perlu perjuangan dan usaha.

  • Apa kelebihan Penerbit Indie?

Kelebihan penerbit indie secara teknis diproses lebih cepat. Prosesnya tidak berbelit-belit dan tidak mengantri lebih lama. Jika menerbitkan di penerbit mayor keputusan naskah diterima atau tidak memakan waktu 3 bulan bahkan ada juga yang setahun baru memperoleh konfirmasi. Khusus jasa penerbitan di Penerbit Deepublish, secara teknis lebih murah. Karena dari teknis layout naskah dan ISBN tidak dibebankan harga, melainkan gratis.

  • Keluwesan Mencetak Buku

Menerbitkan buku dengan jumlah berapapun pasti akan dilayani. Inilah kelebihan dari penerbit indie. Jadi, semisal Anda ingin mencetak 2 naskah atau 5 naskah, tetap akan dilayani. Bahkan jika Anda ingin mencetak lebih dari 500 eksemplar pun anda tetap bisa lakukan. Kunci utama dari cetak Indie adalah, Anda dapat mencetak buku sesuai dengan banyak uang yang Anda miliki.

Proses percetakan pun tidak dibatasi waktu. Misal, bulan ini ingin mencetak 5 eksemplar buku. Dua bulan kemudian Anda juga ingin mencetaknya. Maka semua ini boleh-boleh saja. Dengan kata lain, Anda bebas memutuskan kapan dan berapa jumlah buku yang ingin Anda cetak, semua keputusan bergantung pada keputusan Anda.

  • Berapa Biaya Cetak Menerbitkan Secara Indie

Biaya cetak menerbitkan buku secara indie bervariatif. Lagi-lagi menyesuaikan isi dompet yang Anda miliki. Jika Anda hanya mamiliki uang sejumlah 300.000,- Anda bisa menerbitkan buku dengan badget tersebut. Nah, Selama proses penerbitan buku, ada beberapa hal yang Anda perhatikan, terkait dengan biayannya ada beberapa elemen.

Harga cetak buku tergantung dari jumlah eksemplar yang ingin dicetak, tergantung jumlah halaman, jasa editing naskah, jenis ukuran kertas, layout, ISBN dan full color atau hitam putih. Khusus di Penerbit Deepublish jasa desain cover, layout, proof reaad, editing naskah, registrasi nomor ISBN dan cetak dummy Anda peroleh secara gratis. Sedangkan di penerbit lain masing-masing dibebankan jasa sendiri-sendiri. Jika Anda tertarik ingin menerbitkan buku di tempat kami dan penasaran perkiraan biaya cetak, bisa menghubungi kami di sini.

  • Sistem Penjualan di Penerbit Indie

Hal yang sering ditanyakan saat menerbitkan di penerbit indie adalah sistem penjualannya. Karena sistemnya berbeda dengan penerbit mayor, maka penjualan buku yang Anda terbitkan penjualannya diserahkan kepada penulisnya.

Misal Pak Irvan seorang dosen Psikologi menerbitkan buku ajar secara Indie, sejumlah 100 eksemplar. Pak Irvan pun menjual buku karyanya ke para mahasiswanya, sebagai pedoman buku ajar di kelasnya. Dari hasil penjualan buku tersebut, Pak Irvan memperolah keuntungan lebih besar dibandingkan penulis yang menerbitkan buku di penerbit mayor.

Khusus penerbit Deepublish, selain penulis buku yang menjual karya bukunya. Penerbit Deepublish juga ikut membantu memasarkan buku penulis. Hasil penjualan buku yang Deepublish jual, akan disetorkan kepada penulis. Penjualan buku Deepublish fokus diterbitkan melalui marketplace.

Itulah beberapa hal yang sering menjadi pertanyaan calon penulis terkait menerbitkan buku secara indie. Sekedar mengingatkan saja, keputusan ada ditangan Anda, apakah ingin mencetak secara indie, atau secara mayor. Kembali lagi juga pada niatnya. Jika tujuannya mencari prestige, maka pilihannya adalah peneribit mayor. Jika tujuan Anda menerbitkan buku karena passion, maka Anda bisa memilih penerbit indie. BACA JUGA TEKNIK MENULIS BUKU.

Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara gratis. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang teknik menulis anda dapat melihat Artikel-artikel berikut:

  1. Metode dan Trik Penerbit Buku Melirik Naskah
  2. Cara Mudah Membuat Outline Buku Ajar
  3. Membuat Lead yang Menarik Saat Menulis Buku
  4. 9 Persiapan Cara Menerbitkan Buku Sendiri

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS di sini!

Jika Anda menginginkan EBOOK GRATIS tentang CARA PRAKTIS MENULIS BUKU, silakan download.

Referensi:

https://penerbitdeepublish.com/percetakan-murah-penerbit-buku-b1/, diakses pada tanggal 16 Januari 2018.

https://hot.detik.com/art/2467413/ini-besaran-biaya-terbitkan-buku-sendiri, diakses pada tanggal 16 Januari 2018.

http://salehajuliandi.com/penerbitan-mayor-vs-penerbitan-indie-lebih-baik-mana/, diakses pada tanggal 16 Januari 2018.



This post has been seen 2279 times.
(Visited 1,259 times, 7 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *