6 Manfaat Menjaga Kesehatan Dengan Cara Menulis Buku

royalti penulis buku

Rasakan 6 Manfaat Menjaga Kesehatan Dengan Cara Menulis Buku.

Apakah Anda memiliki dorongan dan ketertarikan menulis buku? Hanya terkendala pendidikan? Anggapan bahwa menulis itu harus memiliki lulusan dan berpendidikan tinggi itu tidak dapat dijadikan patokan. Sebaliknya, menulis dapat dilakukan oleh siapa saja.

Siapapun bisa menjadi penulis dan merasakan manfaat dari menulis buku. Rahasia dan kunci sukses menjadi penulis buku adalah keuletan, kedisiplinan dalam berlatih menulis dan kemampuan melakukan perenungan. Dengan cara-cara sederhana kecil seperti inilah yang justru mampu menjadikan tulisan Anda mengalir, berisi dan memberikan manfaat menulis.

Sebelum masuk ke ulasan kali ini, kapan terakhir Anda menulis? Terakhir kali yang Anda tulis apa? Apakah menulis buku ajar, menulis diary atau yang lain. Siapa yang menyangka jika menulis memiliki manfaat. Tidak hanya memberikan manfaat secara finansial, popularitas saja. Tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan. Di jamin setelah mengetahui manfaat menulis buku, Anda pun akan menjadi pribadi yang lebih produktif menulis tentunya.

Setidaknya dengan modal yang disinggung sebelumnya, akan mengarahkan pada tujuan akhir menulis. Yaitu memberikan manfaat. Baik bermanfaat untuk diri penulis ataupun untuk pembaca yang menikmati tulisan Anda. Berbicara tentang manfaat menulis buku, apa saja sih manfaat yang akan dirasakan? Artikel kali ini akan mengulas beberapa ulasan berikut ini.

Manfaat Menulis Buku – Mengatur Emosi

Siapa yang menyangka jika menulis buku ternyata dapat membantu memulihkan emosi. Jadi cocok bagi Anda yang merasa kesulitan mengontrol emosi, bisa mencoba cara ini. Kok bisa menulis bisa mengontrol emosi? Ternyata ketika Anda menulis, Anda akan di tuntut untuk mengungkapkan pikiran, perasaan dan secara tidak langsung dituntut untuk membuat kata-kata dan kalimat.

Tidak hanya itu, manfaat menulis buku juga sering dimanfaatkan untuk mengobati seperti sakit traumatis. Bahkan, bisa menyembuhkan sakit seperti psikosomatis, depresi dan masih banyak lagi. Fakta ini ternyata sudah diamini oleh para peneliti di dunia loh.

manfaat menerbitkan buku

Memang dari segi tulisan yang ditulis, tidak selalu berbentuk tulisan buku ajar atau apa. Tetapi lebih ke dalam bentuk tulisan diary. Jadi, penulis menuliskan apa yang dia pikirkan, rasakan dan menulis tentang apa saja yang menjadi kendala. Cara-cara semacam inilah yang juga sering dimanfaatkan untuk menterapi pasien.

Di dalam ilmu psikologi, ada istilah katarsis. Katarsis adalah teknik untuk menyalurkan emosi yang terpenjara. Dengan katarsis, akan membantu penulis meyalurkan kecemasan, ketegangan, emosi yang terpendam. Sebenarnya bentuk katarsis ini ada banyak bentuk, tidak hanya menulis saja. Termasuk menggambar, melukis dan masih banyak bentuk lain.

Manfaat Menulis Buku – Mengubah Sudut Pandang Berfikir

Manfaat menulis buku juga membantu mengubah sudut pandang berfikir seseorang. Nah, apabila Anda memiliki bakat menulis secara ekspresif, mengindikasikan bahwa Anda memiliki cara berfikir yang beragam. Di dunia kedokteran, juga menggunakan cara ini untuk mengubah sudut pandang pasien terhadap penyakit yang dideritanya.

Seperti hasil penelitian dari Jurnal The Oncologist 2008 menunjukan bahwa tulisan ekspresif mampu membantu pasien kanker meningkatkan kualitas hidup dan mengubah cara berfikir positif. Menariknya lagi, manfaat menulis selama 20 menit saja sudah berhasil mengubah cara berfikir pasien. Itu sebabnya, sebagian orang yang menulis buku banyak yang memiliki kepribadian, jiwa dan sudut pandang yang lebih baik dan lebih sehat, dibandingkan mereka yang tidak melakukan aktivitas sama sekali.

Jadi jika seorang penulis memiliki ide, ulasan yang tajam wajar. Karena dari segi pemikiran dan sudut pandang, para penulis sudah terlatih. Bukan berarti Anda yang baru mulai menulis tidak bisa melakukannya. Anda juga masih tetap bisa melakukan dengan beberapa inisiatif. Yaitu dengan banyak membaca dibarengi dengan perbanyak menulis.

Mengubah sudut pandang berfikir tidak bisa dilakukan begitu saja. Butuh proses dan waktu. Jadi tidak dilakukan secara instan. Sebenarnya ini tidak berlaku untuk membaca buku saja, mengikuti diskusi juga bisa membantu Anda memiliki cara berfikir yang berbeda dan unik.

Manfaat Menulis Buku – Melatih Dalam Mengkoordinasi

Kenapa bisa dikatakan bisa melatih dalam mengkoordinasi? Ketika Anda memiliki passion di dunia menulis, Anda pun perlahan juga akan terbentuk kepribadiannya menjadi pribadi yang lebih terorganisir. Terorganisir dalam membagi jadwal, memenuhi deadline menulis. Dimana, yang awalnya hanya untuk mengorganisir terkait jadwal menulis, pelan tapi pasti ke depan akan membantu Anda pula dalam mengatur dan memanajemen hingga ke kebiasaan kecil sehari-hari.

Memang terbilang kecil dan sepele. Namun hal-hal kecil inilah yang akan membantuk karakter Anda. Bahkan, dalam hal mengatur waktu, manajemen pekerjaan pun akan lebih disiplin dan tepat waktu. Padahal memiliki jiwa disiplin itu sesuatu yang sepele, mudah namun sulit di praktekan. Hanya sedikit orang yang bisa melakukannya. Setidaknya dengan membiasakan diri menulis dan tegas pada waktu, Anda akan lebih mudah dalam menghadapi banyak hal.

Sebenarnya mengorganisir tidak sekedar mengorganisir tentang manajemen waktu. Tetapi melatih Anda dalam mengorganisir ide. Berbicara tentang ide, sebagian besar penulis, baik penulis professional maupun penulis pemula, salah satu kesulitan terbesar adalah mengkoordinasi ide. Rerata kesulitannya adalah ide sulit ditangkap, bahkan dicari pun juga sulit.

Sebaliknya, orang yang memiliki disiplin waktu yang baik, dan aktif berfikir, lebih mudah menemukan ide yang datang tiba-tiba. Ide yang datang secara tiba-tiba inilah yang sebenarnya dapat Anda catat, dan dijadikan sebagai sumber ide untuk buku-buku yang hendak di tulis. Kumpulkan semua ide yang sempat muncul. Kemudian, nantinya ketika sudah siap menulis, Anda bisa mengembangkan ide-ide tersebut dengan lebih siap.

Manfaat Menulis Buku – Mengobati Insomnia

Manfaat menulis buku bagi kesehatan adalah membantu menghilangkan insomnia. Sebenarnya cara ini cara paling mudah. Anda yang mengalami kesulitan tidur (insomnia) bisa menuliskan sesuatu hal di carik kertas. Di sinilah Anda dapat mengeluarkan segala unek-unek yang Anda rasakan. Berdasarkan hasil studi yang dilakukan oleh Applied Psychology: Health and Well-Being menemukan, sampel yang sebelum tidur meluangkan waktu selama 15 menit sebelum tidur. Mereka menuliskan apa saja rasa syukur yang ditemukan. Alhasil, lebih bisa tidur berkualitas.

Ini sebenarnya sama saja dengan rasa emosi. Ketika seseorang menahan rasa emosi, jika dipaksakan dan ditahan, pada akhirnya akan meledak. Ledakan inilah yang dapat menimbulkan reaksi yang berbeda dari satu orang ke orang lain. Tergantung dari mental masing-masing orang. Ketika seseorang berhasil mengeluarkan tekanan, maka tubuh manusia bisa lebih ringan dan lebih enjoy.

Nah, bagi yang mengalami kesulitan tidur, tidak ada salahnya untuk melakukan cara ini. Cara ini lebih efektif dan efisien, daripada menggunakan obat-obatan yang dapat menimbulkan ketergantungan dan menimbulkan efek samping. Setidaknya cara katarsis semacam inilah cara alamiah yang paling baik. Dan tentunya sudah banyak yang membutktikannya.

Manfaat Menulis Buku – Melatih Kecakapan Berbicara

Manfaat menulis buku selain baik untuk kesehatan, ternyata juga dapat melatih kecakapan dalam berbicara. Setidaknya dengan sering menulis, Anda pun memiliki perbendaharaan kata yang lebih banyak. Perbendaharaan kata yang banyak inilah yang dapat dijadikan sebagai media perbendaharaan kata dalam berkomunikasi lisan.

manfaat penulis

Seperti yang kita lihat, banyak penulis-penulis terkenal, mereka seringkali dimintai untuk mengisi pelatihan menulis, mengisi seminar atau bedah buku. Sebagian besar mereka juga cakap untuk memaparkan gagasan dan pesan lewat berbicara. Padahal kita tahu, untuk bisa berbicara di depan umum dan mampu membuat penonton tergerak hatinya untuk berubah baik itu butuh skill. Salah satunya skill atau keahlian dalam berbicara. Bagi seorang penulis, kelancaran dalam berbicara juga menjadi poin peruntungan tambahan.

Sebaliknya, bagi orang yang tidak memiliki kecakapan dalam berbicara tentu akan merasa kesulitan. Ketika dimintai pendapat selalu ragu, selalu minder dan tidak tampil percaya diri di depan umum. Jika Anda mengalami keluhan semacam ini, Anda bisa melatih dengan membiasakan membaca dan menulis. Maka dengan sendirinya otak akan berkembang dan merangkum semua memory yang sudah didapatkan.

Manfaat Menulis Buku – Memperbaiki Suasana Hati

Manfaat menulis buku, khususnya buku ekspresif juga mampu memperbaiki suasana hati dan menstimulus otak untuk berfikir lebih baik. Hasil jurnal Advance in Psychiatrik treatment menyebutkan bahwa menulis memberikan keuntungan pada perkembangan otak. Jadi otak memimiliki kemampuan untuk mengontrol suasana hati atau emosi dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang.

Apa saja sih kentungan tersebut? Misal membentuk suasana hati lebih baik, mengurangi depresi, meningkatkan kesejahteraan. Bahkan juga membantu dalam menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi hati dan paru-paru. Contoh-contoh tersebut sebenarnya tidak selamannya disebabkan Karena makanan, justru dipicu oleh perintah syaraf otak.

Oleh sebab itu, setiap kali suasana hati tidak enak, perlu bertanya, apakah karena faktor perintah otak atau karena faktor eksternal. Bentuk eksternal bisa disebabkan oleh faktor perilaku orang lain, atau tidak suka dengan sifat atau karakter dari oranglain.

Itulah enam manfaat menulis buku yang seringkali di abaikan. Ternyata menfaat menulis buku selain menguntungkan secara materi dan popularitas, ternyata juga baik untuk kesehatan. Apakah Anda juga ingin mengembangkan bakat dan passion Anda di dunia tulis menulis?

Kesempatan menjadi penulis pada dasarnya selalu terbuka lebar. Bahkan, peluang menjadi penulis buku ajar sangat prospek. Hanya saja butuh ketekunan, kegigihan dan butuh kesabaran. Jika Anda bisa melewati semua hal tersebut, sudah dapat dipastikan Anda akan menemukan manfaat menulis buku yang lebih banyak. Lebih dari yang di paparkan pada artikel kali ini.

Semoga dengan ulasan manfaat menulis buku ini bermanfaat. Anda pun juga bisa mewujudkannya. Apakah Anda masih ragu dan masing bingung bagaimana memulainya? Anda bisa mencobanya dari sekarang, dari apa saja yang Anda tidak pahami dan akhirnya paham seiring berjalannya waktu. Semoga bermanfaat. Salam literasi.


Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara GRATIS. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri dan DAFTAR JADI PENULIS atau Anda bisa langsung Kirim Naskah dengan mengikuti prosedur.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang manfaat menulis buku, Anda dapat melihat artikel-artikel kami berikut:

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS!

Kontributor: Novia Intan

(Visited 1 times, 2 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.