Alur Struktur Buku Ajar

alur struktur buku ajar penerbit deepublish
Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Bongkar 5 Alur Struktur Buku Ajar Agar Naskah Tak Membosankan – Bagi seorang dosen, pastinya sudah tahu tuntutan dasar seorang dosen, selain mengajar adalah menulis buku ajar. Jadi setiap buku ajar yang dibuat sengaja disusun dan diperuntukan sebagai buku pegangan peserta didiknya (pembaca). Memang setiap dosen memiliki cakupan berbeda setiap kali menulis buku ajar.

Ada dosen yang sengaja menulis buku ajar yang dikhususkan untuk lingkup universitas. Maksudnya, buku tersebut hanya di gunakan untuk proses belajar mengajar peserta didik di lingkup dosen tersebut mengajar. Ada pula yang buku ajarnya di peruntukan untuk universitas lain atau untuk masyarakat umum.

Hampir sebagian besar dosen yang terbiasa membuat buku ajar, mereka tentu sudah mahir bagaimana membuat struktur buku ajar. Sebaliknya, bagi calon dosen, yang kurang menguasai dunia penulisan buku akan merasa kesulitan. Ternyata menulis buku tidak sekedar menulis mengarang bebas, tetapi ada aturan tersendiri. Berikut lima alur struktur buku ajar.

Alur Struktur Buku Ajar: 1. Rencana Pembelajaran

Alur Struktur Buku Ajar pertama yang tidak kalah diperhatikan bagi penulis adalah rencana pembelajaran. Memang rencana pembelajaran sangat membantu Dosen ketika menulis buku ajar. Lantas, sejauh apa fungsi rencana pembelajaran dalam menulis buku ajar? Bagi seorang guru, rencana pembelajaran membantu guru melakukan kegiatan belajar mengajar.

Berbeda bagi guru/dosen yang menuliskan buku ajar. Tujuan rencana pembelajaran bagi seorang penulis buku ajar juga membantu mengarahkan topic dan tema yang akan dituliskan. Jadi rencana pembelajaran dapat dijadikan penulis sebagai proses scenario pembelajaran.

Karena buku ini diperuntukan untuk peserta didik (pembaca) dari kalangan mahasiswa dan akademis, maka dari segi bahasa di tulis dan di sampaikan bersifat luwes, fleksibel. Sehingga peserta didik tetap memiliki ruang untuk mengamati, melihat dan menganalisis.

Alur Struktur Buku Ajar: 2. Membuat Ilustrasi

Alur struktur buku ajar yang kedua adalah membuat ilustrasi. Bagi penulis buku ajar yang professional, pasti sudah tahu poin ini. Jadi, ketika menulis buku, di bagian dalam disertai ilustrasi. Ilustrasi dalam hal dapat diartikan sebagai sarana komunikasi visual yang ada di dalam naskah.

Penulis buku ajar yang terbiasa, memanfaatkan ilustrasi sebagai salah satu trik dan pelangkap isi naskah. Agar isi buku yang dipaparkan tidak membosankan. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa buku ajar di mata peserta didik, lebih membosankan. Oleh sebab itu, untuk menghindari rasa kebosanan inilah, maka ilustrasi di masukan di dalamnya.

alur struktur buku non fiksi penerbit deepublish

Jadi dapat disimpulkan bahwa ilustrasi dapat diartikan sebagai sarana untuk memudahkan peserta didik memahami pesan buku. Berbicara tentang bentuk ilustrasi, ada beberapa macam bentuk. Ada yang ilustrasi berupa skema, diagram, struktur, table dan ataupun diagram.

Berdasarkan fungsinya, ilustrasi ada beberapa bentuk. Pertama, ilustrasi berbentuk deskriptif, dimana ilustrasi disampaikan untuk mengiring pembaca agar bisa memahami maksudnya. Kedua, ilustrasi berbentuk ekspresif, yang diperuntukan untuk bentuk ilustrasi dalam bentuk konsep maupun gagasan yang masih abstrak sekalipun.

Ketiga, fungsi analisis atau structural merupakan ilustrasi yang disapaikan secara structural yang menjelaskan secara tertulis menggunakan bahasa narasi. Terkahir adalah ilustrasi dalam bentuk kuantitatif, yang sering digunakan untuk menekankan tentang variabel.

Alur Struktur Buku Ajar: 3. Dilengkapi Contoh

Alur struktur buku yang ketiga adalah, disertai dengan contoh. Bisa berbentuk contoh kasus atau contoh soal. Sedangkan keuntungan contoh dalam bentuk analogi sebenarnya berfungsi untuk memberikan kemudahan nalar dan berlogika. Termasuk dalam memudahkan menyerap ilmu yang di awal rumit, menjadi lebih mudah dipahami.

Beberapa penulis selain melengkapi dengan beberapa contoh kasus, mereka akan membuat sebuah rangkuman dibagian akhir ulasan sub bab. Fungsinya untuk mengingatkan kembali materi yang telah di paparkan sebelumnya. Satu sisi, juga akan memudahkan peserta didik kembali mengingat materi.

Alur Struktur Buku Ajar: 4. Disertai Studi Kasus

Alur struktur buku ajar yang keempat adalah membuat studi kasus. Buku ajar tanpa stadi kasus rasanya akan kurang lengkap. Meskipun stadi kasus tampak sepele, sebenarnya studi kasus ini memiliki konten isi yang sifatnya membangun dan memberi warna.

Pembuatan studi kasus pun tidak sembarang. Karena di studi kasus ini secara tidak langsung Anda akan dilibatkan pada upaya mengumpulkan data, melakukananalisis, melakukan tratmen, membuat teknik identifikasi hingga melakukan interpretasi.

isi dari cover buku penerbit deepublish

Meskipun terkesan ribet, studi kasus dalam buku ajar sebenarnya menawarkan kemudahan kepada peserta didik dalam memahami dan menganalisis permasalahan yang kompleks sekalipun. Setidaknya ada dua tujuan utama tujuan studi kasus, yaitu bertujuan secara umum yang dapat dimanfaatkan untuk mengetahui sebab akibat dari suatu masalah.

Tujuan studi kasus yang kedua bertujuan untuk memberikan sosialisasi demi memperoleh data. Di mana kedua tujuan studi kasus ini sama-sama memberikan manfaat dan pengalaman yang lebih mendalam bagi peserta didik.

Menurut Yin, secara teknis, studi kasus dibagi menjadi tiga, yaitu studi kasus yang membandingkan data empiris dengan data prediktif. Kedua, teknik Eksplanasi yang digunakan untuk menganalisa studi kasus. Terakhir dengan studi analisis deret waktu, yang paling sering digunakan untuk pengambilan data dari hasil penelitian eksperimen.

Alur Struktur Buku Ajar: 5. Latihan Soal

Tujuan disertai contoh untuk guna mengukur tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi yang telah penulis sampaikan. Contoh soal ini pulalah yang juga dimanfaatkan oleh guru untuk mengukur kompetensi peserta didik.

Terkait dengan latihan soal yang diberikan, setiap buku ajar satu dengan yang lain memiliki cara berbeda-beda. Ada yang memberikan latihan soal dengan pertanyaan terbuka, ada juga yang memberikan latihan soal dengan langsung melakukan penelitian. Bahkan, ada juga yang memberikan latihan soal yang hanya memberikan pertanyaan ganda.

Itulah lima alur struktur buku ajar yang diperhatikan. Daripada binggung bagaimana menulis buku ajar, Anda dapat menjadikan lima alur struktur ini sebagai landasan dasar menyusun dan membuat buku ajar yang lebih mudah. Andapun tidak perlu binggung mencari referensi. Sekian, semoga dengan ulasan ini mempu meringankan kebimbangan Anda dan membantu. Salam literasi dan selamat mempraktekan.


Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara GRATIS. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini. atau Anda bisa langsung Kirim Naskah dengan mengikuti prosedur berikut ini: KIRIM NASKAH

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang buku ajar, Anda dapat melihat artikel-artikel kami berikut:

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS disini!

Kontributor: Novia Intan


Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

PENERBIT BUKU DEEPUBLISH​

hubungi deepublish

kantor deepublish

Situs ini adalah milik Penerbit Buku Deepublish dengan tujuan untuk membantu para calon penulis buku dalam menyelesaikan serta menyempurnakan naskah bukunya.

Pada situs ini pula Penerbit Buku Deepublish menawarkan kerjasama spesial yang sangat mudah, cepat, transparan, dan tentunya menguntungkan kepada para pendidik Indonesia.

Segala gambar dan konten yang digunakan memiliki hak cipta dari pemiliknya masing-masing. Situs ini dapat diakses secara gratis oleh seluruh netizen di Indonesia.

Klik tombol dibawah ini untuk mengubungi Penerbit Buku Deepublish.

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581 

Telp/Fax kantor : (0274) 453-3427​

Kritik/Saran Pelayanan 1 : 0821 – 3533 – 8522
Kritik/Saran Pelayanan 2 : 0822 – 1148 – 9554

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© Penerbit Buku Deepublish