Aplikasi pembelajaran daring. Penularan virus COVID-19 yang tinggi membuat segala aktivitas kehidupan kita dibatasi terutama aktivitas di luar rumah. Aktivitas mulai dari kegiatan kerja, hiburan hingga belanja kebutuhan pun terpaksa harus dibatasi. Tidak terkecuali kegiatan pembelajaran yang lebih banyak dilakukan secara daring. Supaya proses belajar lancar, diperlukan aplikasi pembelajaran daring

Kebijakan social distancing atau pembatasan sosial yang dikerahkan oleh banyak pemerintah dunia pun disambut dengan dikeluarkannya surat edaran oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). 

download ebook gratis

Dalam surat edaran tersebut dituliskan bahwa kegiatan pembelajaran tidak boleh dilakukan secara tatap muka langsung dan harus diselenggarakan secara jarak jauh dari rumah masing-masing (study from home).

Kebijakan study from home menunjukkan bahwa dengan situasi yang tidak memungkinkan untuk bertemu sekalipun kegiatan pembelajaran merupakan hal penting yang harus tetap berjalan. Pembelajaran daring atau online pun menjadi jawabannya. 

Pembelajaran daring merupakan kegiatan belajar melalui medium internet. Pembelajaran daring memungkinkan pengajar juga siswa tetap dapat bertemu meski tidak secara tatap muka langsung. 

Pembelajaran daring biasanya dilakukan melalui platform atau aplikasi khusus yang membantu kegiatan pembelajaran dapat dilakukan. 

Beberapa aplikasi bahkan memungkinkan kegiatan pembelajaran dilakukan selayaknya di ruang kelas. Dengan guru menyampaikan materi dan siswa dapat menerimanya secara langsung.

Terdapat banyak aplikasi atau platform yang membantu terlaksananya pembelajaran daring. Salah satu yang mungkin hampir semua orang tahu adalah aplikasi telekonferensi Zoom yang memungkinkan banyak orang dalam waktu bersamaan bisa saling terhubung secara audio-visual. 

Baca Juga: Pengertian Modul Pembelajaran : Ciri-ciri, Kelebihan dan Kekurangannya

Beragamnya aplikasi dan platform pembelajaran daring di luar sana terkadang bisa membuat kita bingung dalam hal pemilihannya. Kekurang tahuan kita tentang aplikasi yang ada membuat kita kesulitan untuk memilih aplikasi mana yang baik untuk kegiatan pembelajaran daring. Nah, jangan khawatir dalam artikel kali ini kita akan cari tahu rekomendasi aplikasi-aplikasi pembelajaran daring yang ada di luar sana? Sudah siap? Yuk, kita simak bersama. 

Rekomendasi Aplikasi Pembelajaran Daring

Di bawah ini ada sedikit dari banyaknya rekomendasi aplikasi atau platform di luar sana yang bisa kita gunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran daring. Setiap aplikasi atau platform tentunya memiliki karakteristik yang berbeda-beda. 

Nah, dalam pemilihannya nanti kita bisa sesuaikan saja aplikasi mana yang cocok dengan kebutuhan kita. Yuk, langsung saja kita bahas satu persatu.

Ruangguru

Aplikasi pembelajaran daring ruang guru

Masyarakat Indonesia pasti sudah kenal banget dengan aplikasi satu ini. Beberapa kali kita bisa menemui namanya di berbagai media. Ruangguru berdiri di bawah naungan PT Ruang Raya Indonesia sebuah perusahaan teknologi yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan. Ruangguru didirikan oleh seorang pengusaha muda, Adamas Belva Syah Devara. 

Ruangguru menyediakan berbagai layanan belajar di antaranya adalah layanan kelas virtual, platform ujian daring, video belajar berlangganan, marketplace les privat dan konten-konten pendidikan lainnya. Untuk mengakses layanan tersebut kita akan dikenakan biaya tertentu.  

Ruangguru sendiri termasuk salah satu layanan belajar terbesar di Indonesia lho, dengan lebih dari 22 juta pengguna, 300.000 guru dan 100 lebih bidang pelajaran. Aplikasi ini menunjang pembelajaran pada semua jenjang kelas sekolah dengan kurikulum pelajaran yang berstandar nasional. 

Rumah Belajar

Aplikasi pembelajaran daring rumah belajar

Platform pembelajaran daring yang kedua adalah platform yang dikeluarkan oleh Kemendikbud nih dengan nama Rumah Belajar. Rumah Belajar hadir sebagai media pembelajaran daring yang dapat dimanfaatkan oleh siswa juga guru mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat. Pembelajaran melalui Ruang Belajar didukung dengan fitur seperti video, audio, gambar hingga animasi interaktif sehingga kegiatan belajar menjadi lebih menarik dan menyenangkan. 

Baca Juga: Cara Praktis Membuat Modul Pembelajaran

Beberapa fitur layanan yang ada pada Ruang Belajar di antaranya adalah: Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Digital, Bank Soal, Buku Sekolah Elektronik, Peta Budaya, Karya Bahasa dan Sastra dan masih banyak fitur lainnya. Ke semua fitur ini bisa dimanfaatkan oleh pengajar juga siswa secara gratis lho.  

Untuk mengaksesnya kalian bisa mengunduh aplikasi yang tersedia di layanan Google Play atau App Store atau bisa juga melalui halaman websitenya langsung

Google Classroom

Aplikasi pembelajaran daring google class room

Salah satu fitur dari Google nih yaitu Google Classroom atau Google Kelas. Google Kelas adalah aplikasi pembelajaran daring berbasis web yang dibuat untuk mempermudah kegiatan pembelajaran antara pengajar dengan siswa tanpa harus bertatap muka secara langsung.  

Google Kelas merupakan layanan dari Google for Education yang memang berfokus untuk membantu aktivitas komunikasi kita. Karena Google Kelas merupakan layanan dari Google for Education, aplikasi ini secara otomatis terhubung dengan layanan Google for Education lainnya seperti Gmail, Google Docs, Google Workspace, Google Calendar dan lain sebagainya. Hal ini tentunya akan memudahkan aktivitas pembelajaran kita. 

Google Kelas memungkinkan pengajar untuk mengatur dan menilai proses belajar siswa sambil tetap terhubung. Siswa juga dapat dengan mudah mengakses kelas yang akan diikuti, menerima materi dan mengumpulkan tugas langsung melalui Google Kelas. Pengajar dan juga siswa juga dapat berinteraksi secara langsung dalam kegiatan belajar mengajar. 

Baca Juga: Ingin Membuat Buku Ajar Berkualitas? Kuasai 10 Manfaat Rancangan Pembelajaran Dalam Menulis!

Fitur layanan pada Google Kelas dapat diakses dengan gratis dan tersedia dalam bentuk aplikasi seluler yang dapat kita unduh di layanan Google Play Store maupun App Store. 

Edmodo

Aplikasi pembelajaran daring edmodo

Edmodo merupakan layanan berbasis pendidikan di bawah perusahaan teknologi dari Amerika Serikat. Edmodo menawarkan alat komunikasi, kolaborasi juga pembinaan bagi pengajar dan sekolah. Layanan pada Edmodo memungkinkan pengajar untuk berbagi konten, mendistribusikan kuis, tugas juga mengelola komunikasi antara pengajar, siswa, hingga orangtua. 

Tampilan Edmodo yang hampir menyerupai laman media sosial memberikan kemudahan kepada penggunanya untuk mengakses layanan yang disediakan. Pengelolaan yang mudah juga fitur solutif yang ditawarkan terhadap perkembangan teknologi informasi bagi dunia pendidikan, menjadikan Edmodo sebagai salah satu jaringan pembelajaran sosial yang cukup diminati di dunia.  

Salah satu fitur unggulan pada Edmodo adalah laporan hasil belajar yang bisa disampaikan langsung kepada orangtua siswa. Selain itu, fitur lainnya di antaranya adalah: Parent Code, Adward Badge, Polling, Assignment, Gradebook, Quiz, File and Link, dan Library. Untuk mengaksesnya kita bisa membuka halaman resmi (situs web) Edmodo melalui browser atau mengunduh aplikasi selulernya di Google Play Store dan App Store.

Quipper

Aplikasi pembelajaran daring quipper

Quipper adalah layanan pendidikan yang pertama kali didirikan di bawah perusahaan teknologi London, Inggris pada tahun 2010 lalu. Di Indonesia sendiri, Quipper mulai banyak diminati dan dimanfaatkan layanannya pada tahun 2015, di mana sebanyak 5 juta lebih siswa dan 350.000 guru di seluruh Indonesia terdaftar dengan layanan Quipper. 

Quipper memiliki empat fitur utama yang dapat menunjang pembelajaran daring. Pertama adalah Quipper School merupakan sistem manajemen untuk belajar antara pengajar dengan siswa untuk jenjang SMP dan SMA. Kedua adalah Quipper Video yaitu, E-Learning berbasis video untuk belajar mandiri siswa. 

Baca Juga: 7 Macam Metode Pembelajaran yang Kerap Digunakan

Ketiga adalah Quipper Video Master Class, fitur premium dari Quipper Video yang memungkinkan adanya pembelajaran interaktif melalui video. Lalu yang keempat adalah Quipper Campus yaitu layanan portal informasi mengenai kampus atau universitas. 

Zenius

Aplikasi pembelajaran daring zenius

Kembali ke aplikasi pembelajaran daring dalam negeri nih. Zenius adalah salah satu aplikasi yang cukup lama berkiprah dalam memberikan layanan pendidikan bagi masyarakat Indonesia. Zenius didirikan sejak tahun 2007 oleh dua orang muda, Sabda PS dan Medy Suharta. 

Zenius memberikan layanan pembelajaran daring bagi siswa SD hingga menengah ke atas. Dengan membayar biaya tertentu, siswa bisa mengakses layanan Zenius berupa soal-soal latihan format PDF (buku elektronik) hingga video-video berisi materi pelajaran. 

Pengajar juga bisa mengakses pada layanan bank latihan soal sebagai bahan pembelajaran mandiri untuk siswa. Salah satu fitur unggulan di Zenius adalah Fitur Live Teaching yang memungkinkan siswa untuk dapat berinteraksi langsung sekaligus bertanya kepada pengajar saat proses kegiatan belajar-mengajar berlangsung. 

KelasKita

Aplikasi pembelajaran daring kelas kita

Masih di aplikasi pembelajaran daring dalam negeri, KelasKita merupakan aplikasi kelas virtual yang memberikan layanan belajar-mengajar bagi sekolah-sekolah melalui online education models. Didirikan di Bandung, aplikasi ini menawarkan empat program yaitu kelas privat, kelas sertifikat, kelas gratis dan kelas premium. 

Kelas privat adalah kelas yang layanannya hanya dapat diakses oleh sebuah perusahaan. Kelas sertifikat adalah kelas yang dapat diakses dengan gratis tetapi sertifikatnya berbayar. Kelas gratis adalah kelas yang seluruh konten di dalamnya dapat diakses dengan gratis oleh siapa pun. Dan yang terakhir, kelas premium adalah kelas berbayar yang dapat mengakses layanan interaktif dan tanya-jawab

KelasKita memiliki layanan pembelajaran yang beragam. Penggunanya bisa belajar tentang hal-hal seperti pemrograman, desain grafis, Bahasa, otomotif, robotik, jaringan komputer dan lain sebagainya. KelasKita dapat diakses oleh setiap orang dari berbagai tingkat studi mulai dari SD, SMP, SMA bahkan perguruan tinggi juga umum. 

Brainly

brainly

Aplikasi selanjutnya adalah Brainly. Brainly merupakan sebuah situs web belajar yang memungkinkan penggunanya saling berdiskusi melakukan tanya jawab yang berkaitan dengan pelajaran dan materi di sekolah. 

Brainly dapat diakses oleh siapa saja melalui aplikasi seluler atau melalui browser.  Brainly juga menyediakan jawaban-jawaban terpercaya yang memang dijawab oleh pakar atau ahli di bidangnya. Dengan hampir 25 kategori pelajaran siswa bisa dengan mudah mencari jawaban atau materi dari pelajaran yang sedang dipelajarinya.

Baca Juga: Template Modul Pembelajaran dan Tips Membuatnya

Format Brainly sebenarnya berbeda dengan aplikasi pembelajaran daring sebelum-sebelumnya. Ia lebih menyerupai forum diskusi yang membahas tentang pelajaran tertentu. Dengan forum diskusi ini memungkinkan siswa untuk melakukan kegiatan belajar secara mandiri. 

Pahamify 

pahamify

Pahamify adalah platform belajar daring yang memungkinkan siswa untuk mengakses berbagai konten materi pelajaran, materi keahlian dan materi tentang pengetahuan lainnya. Pahamify berada dibawah naungan PT Pahami Cipta Edukasi yang merupakan perusahaan teknologi pendidikan (edtech). Pahamify menyediakan puluhan ribu video, pembelajaran premium beranimasi, kuis juga ringkasan sebagai media pembelajarannya. 

Pahamify terkenal dengan cara penyampaiannya pembelajarannya dengan menggabungkan sains, filmmaking juga gamifikasi. Sesuai dengan klaimnya, aplikasi pembelajaran buatan negeri ini mengedepankan fun learning dalam fitur layanannya.

Tidak hanya konten berupa materi pelajaran, Pahamify menyediakan fitur layanan Career Center, yaitu sebuah layanan konseling yang dikelola oleh psikolog dari Universitas Indonesia. Fitur ini membantu siswa agar lebih mengenali minat bakat dirinya sejak awal. Fitur ini juga membantu siswa yang memiliki masalah baik masalah akademik maupun non-akademik. 

MejaKita

mejakita

MejaKita adalah platform pembelajaran daring yang mengedepankan diskusi tanya-jawab antar pelajar di Indonesia. Platform ini juga memberikan layanan yang memungkinkan pelajar untuk saling mengunggah materi pelajaran yang mereka miliki. Dengan fitur tersebut siswa akan sangat terbantu untuk dapat berdiskusi tentang tugas rumah, soal-soal pelajaran, serta berbagi catatan materi pelajaran.

Penyajian materinya dikelompokkan menurut tema dan menunjang tingkat studi dari SD, SMP, dan SMA. Mengakses layanan pada MejaKita juga dapat dikatakan cukup mudah. Kita cukup melakukan registrasi dengan mendaftarkan alamat email. Setelah itu seluruh materi juga ruang diskusi di MejaKita akan dapat kita akses secara gratis. 

IndonesiaX

indonesiaX

Situs web belajar atau kursus daring IndonesiaX merupakan situs pembelajaran daring terbuka besar-besaran (Massive Open Online Courses/MOOC) yang melibatkan kerjasama dengan berbagai universitas dan institusi pendidikan. 

Setiap orang yang mengakses situs ini dapat menikmati layanan berupa pemberian materi kursus secara gratis. IndonesiaX memungkinkan penggunanya untuk mengunduh transkrip kursus video baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. 

Bagi setiap pengguna yang mengikuti kursus daring yang tersedia di IndonesiaX juga akan menerima sertifikat yang tentunya akan bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi serta karir ke depannya.

IndonesiaX sangat cocok untuk kita yang ingin mendapatkan materi untuk meningkatkan pendidikan juga keterampilan. Mengingat materi kursus yang diberikan dapat diakses dengan gratis tetapi juga dengan kualitas yang tinggi karena materi disampaikan oleh orang-orang terbaik di bidangnya. 

Kipin School 4.0

kipinschool 4.0

Kipin school 4.0 adalah aplikasi pembelajaran daring yang menyediakan layanan berupa materi pelajaran sekolah mulai dari buku pelajaran sekolah, video pelajaran sekolah, latihan tryout hingga komik literasi. Kipin School 4.0 memberikan layanan yang menunjang tingkat studi dari SD hingga Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan. 

Kipin School 4.0 juga menyediakan layanan berupa sistem ujian daring juga berbagai latihan ujian untuk memudahkan siswa mengikuti ujian sekolah. Salah satu layanan yang diunggulkan dalam Kipin School 4.0 adalah menyedikan raturan buku bacaan untuk menambah kemampuan literasi siswa. Untuk meningkatkan ketertarikan siswa membaca buku bacaan ini, Kipin School 4.0 menyediakannya melalui komik atau buku bergambar yang pasti lebih disukai oleh siswa.

Zoom

zoom

Salah satu aplikasi yang paling populer belakangan ini adalah Zoom. Sebenarnya aplikasi ini lebih pada aplikasi telekonferensi yang memungkinkan orang dalam jumlah banyak untuk saling terhubung dalam waktu bersamaan secara audio-visual. Meski begitu, sekarang ini Zoom lebih populer digunakan untuk membantu dilaksanakannya pembelajaran daring. 

Zoom memungkinkan kelas-kelas daring berupa penyampaian materi pelajaran oleh pengajar dapat langsung tersampaikan kepada siswa. Zoom memungkinkan pembelajaran juga dilakukan secara dua arah sehingga siswa bisa langsung memberikan feedback terhadap materi yang disampaikan oleh pengajar. 

Salah satu fitur pada Zoom yang sangat berguna adalah fitur merekam atau screen record. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk merekam materi yang sedang disampaikan. Dengan fitur ini, kita jadi tidak perlu khawatir lagi  untuk ketinggalan materi. Cukup dengan merekam materi yang diberikan kita dengan mudah akan bisa mengakses kembali melalui video rekaman yang tersimpan. 

Cisco Webex

Rekomendasi yang terakhir masih dengan aplikasi telekonferensi. Cisco Webex merupakan salah satu aplikasi panggilan video yang dapat menunjang aktivitas pembelajaran daring. Secara umum aplikasi ini memiliki fitur yang tidak jauh berbeda dengan Zoom. 

Salah satu yang menjadi kelebihannya adalah kualitas video yang disuguhkan yakni bisa mencapai standar High Definition (HD). Meski begitu dengan kelebihan tersebut, Cisco Webex membutuhkan data internet yang cukup banyak. Oleh karenanya disarankan untuk memiliki jaringan Wi-Fi yang stabil apabila ingin menggunakan Cisco Webex. 

cisco webex

Nah, itu tadi dia 14 aplikasi pembelajaran daring yang bisa kita gunakan untuk menunjang kegiatan belajar-mengajar agar tetap berjalan di tengah kondisi pandemi seperti ini. Semoga membantu untuk menemukan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhanmu, ya!