Cara Menulis Tanggal dalam bahasa Inggris. Apakah kamu tahu bahwa Koentjaraningrat memasukkan bahasa sebagai salah satu unsur-unsur kebudayaan? Hal ini menjadi salah satu bukti betapa pentingnya bahasa dalam keseharian masyarakat. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bahasa diartikan sebagai sistem lambang bunyi yang arbitrer, yang digunakan oleh anggota suatu masyarakat untuk berinteraksi, bekerja sama, bahkan mengidentifikasi diri.

Dikutip dari salah satu artikel Kompas, total bahasa yang digunakan di dunia saat ini diperkirakan lebih dari 7000 (tujuh ribu) bahasa. Fungsi bahasa sebagai identitas diri tentu sangat kuat di sini. Di mana seseorang bisa diidentifikasi sebagai anggota suatu kelompok tertentu tergantung dengan bahasa yang dia gunakan.

download ebook gratis

Keberagaman bahasa yang ada di seluruh dunia membuat setiap bahasa memiliki ciri khasnya tersendiri. Bahasa satu dengan bahasa lainnya seringkali memiliki banyak perbedaan, mulai dialek dan struktur kalimat yang berbeda. Bahkan, bahasa yang sama juga bisa memiliki tata bahasa, dialek atau logat, kosa kata. Bahkan penulisan yang berbeda, Bahasa Inggris misalnya. Penggunaan Bahasa Inggris bisa dibedakan berdasarkan dua gaya yang terkenal yakni, British English dan American English.

Perlu kamu tahu, bahasa Inggris gaya British merupakan standar dialek berbahasa Inggris yang digunakan di kawasan Britania Raya, yakni Skotlandia, Wales, Kernowek, Irlandia, dan Inggris. Sedangkan Bahasa Inggris American, seperti namanya, merupakan dialek berbahasa Inggris yang dituturkan oleh masyarakat di daerah Amerika. Keduanya memiliki perbedaan yang signifikan, bahkan dalam penulisan tanggal, bulan, dan tahun.

Bagi kamu yang sering menulis berita, jurnal, bahkan surat dalam Bahasa Inggris dan mengharuskanmu menulis tanggal, bulan, dan tahun, maka kamu perlu mengetahui bagaimana cara menulisnya dengan benar. Berikut adalah cara menulis tanggal, bulan, dan tahun yang benar dalam Bahasa Inggris. Yuk langsung saja bisa kamu simak di bawah ini.

Cara Menulis Tanggal dalam Bahasa Inggris yang Benar Beserta Pelafalannya

Penulisan serta pengucapan angka pada tanggal dalam Bahasa Inggris juga perlu diperhatikan. Penyebutan tanggal dalam Bahasa Inggris ada  yang diucapkan seperti pengucapan angka pada umumnya, misalnya one, two, three, four dan lain-lain. Atau bisa juga kamu ucapkan dengan akhiran, seperti first, second, third, fourth, dan lain-lain. Keduanya dibedakan berdasarkan jenis bilangan, yakni cardinal numbers dan ordinal numbers.

Baca Juga: Pengertian Teks Editorial, Ciri-Ciri, Struktur, Contoh Lengkap

Cardinal numbers dalam Bahasa Indonesia biasa juga disebut sebagai bilangan pokok, sedangkan ordinal numbers merupakan jenis bilangan yang menyatakan tingkatan dari rendah ke tinggi. Nah, biasanya penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris menggunakan ordinal numbers, namun pengucapannya menggunakan jenis bilangan ordinal, dengan akhiran st, nd, rd, maupun th.

1One1stFirst
2Two2ndSecond
3Three3rdThird
4Four4thFourth
5Five5thFifth
6Six6thSixth
7Seven7thSeventh
8Eight8thEighth
9Nine9thNinth
10Ten10thTenth
11Eleven11thEleventh
12Twelve12thTwelfth
13Thirteen13thThirteenth
14Fourteen14thFourteenth
15Fifteen15thFifteenth
16Sixteen16thSixteenth
17Seventeen17thSeventeenth
18Eighteen18thEighteenth
19Nineteen19thNineteenth
20Twenty20thTwentieth
30Thirty21stTwenty first
40Forty22ndTwenty second
50Fifty23rdTwenty third
60Sixty60thSixtieth
70Seventy70thSeventeenth
80Eighty80thEightieth
90Ninety90thNinetieth
100One hundred/ a hundred100thOne hundredth/ a hundredth

Cara Menulis Bulan dalam Bahasa Inggris yang Benar

Selain penulisan dan pengucapan tanggal dalam Bahasa Inggris, penulisan bulan juga perlu kamu perhatikan. Penulisan bulan dalam Bahasa Inggris bisa ditulis secara lengkap apa adanya atau bisa juga ditulis dengan menggunakan singkatan. Agar kamu tidak bingung, berikut adalah singkatan-singkatan yang bisa kamu gunakan pada saat akan menulis nama bulan dalam Bahasa Inggris:     

January menjadi Jan

February menjadi Feb

March menjadi Mar

April menjadi Apr

May menjadi May

June menjadi Jun

July menjadi Jul

August menjadi Aug

September menjadi Sep

October menjadi Oct

November menjadi Nov

December menjadi Dec

Singkatan nama bulan dalam Bahasa Inggris biasanya ditulis dengan tiga huruf awal dari nama bulan tersebut. Mudah diingat, bukan? Penggunaan singkatan ini akan memudahkan penulisan nama bulan, terutama untuk nama bulan yang panjang dan memiliki kombinasi huruf yang rumit. Perlu diingat bahwa penulisan nama bulan, baik dengan singkatan maupun tidak, harus diawali dengan huruf kapital atau huruf besar.

Baca Juga: 10 Contoh Teks Persuasif yang Baik dan Benar, Bisa Dijadikan Referensi!

PenulisanTahun yang Benar dalam Bahasa Inggris

Setelah mengetahui penulisan tanggal dan bulan dalam bahasa Inggris yang benar, ada baiknya kamu tahu penulisan tahun yang benar dalam bahasa Inggris. Dikutip dari Grammarly, format penulisan tahun dalam Bahasa Inggris adalah dengan menggunakan angka, kecuali jika berada di awal kalimat. Jika kamu banyak menjumpai penulisan tahun di awal kalimat menggunakan angka, itu adalah contoh penulisan tahun yang salah. Penulisan tahun di awal kalimat, idealnya dieja menggunakan kata.

Dalam penulisan tahun, terdapat perbedaan signifikan antara gaya American English dan gaya British English. Berdasarkan gaya American, sering kali penulis Amerika tidak menggunakan kata hubung ‘and’ dalam menyebutkan tahun yang terhitung setelah 2000. Misalnya 2021, mereka akan menyebutnya dengan two thousand twenty-one. Sedangkan dalam gaya British, tahun disebutkan dengan kata hubung ‘and’.  Misalnya 2021, akan dibaca two thousand and twenty-one. Meskipun begitu, kamu tidak usah khawatir dalam menggunakan dua gaya tersebut karena keduanya benar dan tidak memengaruhi tulisan dan substansinya.

Penulisan Abad dalam Bahasa Inggris yang Benar

Apabila sedang membahas tanggal, bulan, dan tahun, maka tidak ada salahnya jika sekalian membahas keterangan waktu yang lain, yaitu abad. Abad sering kali diartikan sebagai masa seratus tahun. Dalam Bahasa Inggris, penulisan ‘1900s’ berarti merujuk pada tahun antara 1901 hingga 2000. Penggunaan tambahan  huruf ‘s’ menunjukkan sifat jamak karena telah banyak sekali tahun yang terlewati selama seabad itu.

Maka dari itu, penggunaan tanda baca apostrophe atau (‘) dalam penulisan abad merupakan kesalahan yang sering terjadi. Perlu diingat bahwa abad merupakan bentuk jamak, bukan bentuk kepemilikan, jadi tidak perlu menggunakan tanda baca (‘) sebelum huruf ‘s’. Jika kamu ingin menuliskan ‘1900s’ dengan menggunakan ejaan huruf, kamu bisa menulisnya dengan ‘twenty century’  atau ‘nineteen hundreds’. Jangan sampai salah, pakai huruf kecil, ya.

 Baca Juga: 21 Jenis Novel Berdasarkan Genre, Genre Cerita, Serta Isi dan Tokohnya

Penulisan Dekade dalam Bahasa Inggris yang Benar

Dekade merupakan salah satu keterangan waktu yang juga perlu kamu ketahui cara penulisannya dalam Bahasa Inggris. Dekade mengacu pada masa 10 (sepuluh) tahun atau kata lainnya dalam Bahasa Indonesia adalah dasawarsa. Dalam Bahasa Inggris, penulisan dekade umumnya menggunakan format dua digit angka ditambah dengan tanda apostrophe atau (‘) dan huruf s dibelakangnya, contohnya 70’s, 80’s, 90’s dan seterusnya.

Maksud dari bentuk penulisan ini adalah penyingkatan dari empat digit angka dalam penulisan tahun. Fungsinya supaya lebih mudah diucapkan karena tidak terlalu panjang. Selain itu, penulisan dengan format ini juga membantu kamu pada saat akan menyebutkan tahun yang tidak kamu ketahui secara spesifik, jadi penulisan dengan format ini bisa berarti ‘kira-kira’.

Penulisan dekade dalam Bahasa Inggris memang mengharuskan kamu menggunakan tanda apostrophe (‘), berbeda dengan penulisan abad yang justru melarang penggunaan tanda baca tersebut. Jadi, jangan sampai tertukar ya pada saat kamu menulis abad dan dekade dalam Bahasa Inggris. Apabila kamu ingin menuliskan format dekade dengan huruf, kamu bisa menggunakan kata seventies, eighties, nineties, dan seterusnya.        

Cara Menulis Tanggal, Bulan, dan Tahun dalam Bahasa Inggris Berdasarkan Kepentingannya

Berikut 3 cara menulis tanggal dalam bahasa Inggris berdasarkan kepentingannya: 

Penulisan Tanggal, Bulan, dan Tahun dalam Bahasa Inggris Berdasarkan British English dan American English

Gaya berbahasa Inggris British dan American memang cukup memiliki perbedaan yang signifikan. Dikutip dari EF English Centers, setidaknya ada empat perbedaan utama antara Bahasa Inggris British dan Bahasa Inggris American. Perbedaan yang pertama bisa dikenali dari logat atau dialek yang digunakan. Bagi kamu yang gemar menonton film berbahasa Inggris pasti bisa membedakan keduanya melalui dialek yang digunakan.

Perbedaan yang amat mencolok antara keduanya adalah pada pelafalan huruf ‘r’. Pengguna gaya berbahasa Inggris American masih melafalkan huruf ‘r’ pada kata-kata yang mereka ucapkan, sedangkan pengguna gaya Bahasa Inggris British tidak. Mereka hanya melafalkan huruf ‘r’ jika terletak di awal kata saja.

Perbedaan kedua adalah kosa kata. Selain logat atau dialek, beberapa kosa kata pun memiliki perbedaan. Misalnya, kata ‘sampah’ dalam gaya British disebut dengan litter, sedangkan pada gaya American diartikan sebagai garbage. Contoh lain, yaitu istilah ‘musim gugur’ dalam gaya British disebut autumn, namun pada American English disebut fall. Selain kosa kata, ada pula perbedaan dalam penulisan.

Baca Juga: 18 Macam Konjungsi Lengkap dengan Contoh dan Penjelasannya

Ada beberapa kata yang memiliki pelafalan berbeda antara British English dan American English, meskipun keduanya memiliki arti yang sama. Misalnya, kata ‘tetangga’ dalam gaya British ditulis neighbour, sedangkan gaya American ditulis neighbor. Ada juga kata ‘cek’, ditulis cheque dalam gaya British, dan check dalam gaya American.

Perbedaan yang terakhir adalah tata bahasa atau sering kali disebut dengan grammar dalam Bahasa Inggris. Penggunaan tata bahasa yang berbeda antara keduanya dipengaruhi oleh kebiasaan masing-masing pengguna saja. Jadi tidak ada yang salah diantara keduanya, kamu bisa menggunakan keduanya sesuai dengan kebutuhanmu. Orang Amerika lebih sering menggunakan grammar simple past tense untuk mengungkapkan kejadian yang baru saja terjadi. Sementara orang Inggris lebih sering menggunakan grammar perfect present tense untuk menjelaskan kejadian yang sama. 

Bahasa Inggris gaya British dan American juga memiliki perbedaan yang mencolok pada cara penulisan tanggal, bulan, dan tahunnya. Bagi kamu yang sering menyisipkan tanggal, bulan, dan tahun dalam tulisanmu, maka kamu perlu tahu perbedaan keduanya agar tidak salah tulis. Dalam format American, cara penulisan yang digunakan adalah bulan-tanggal-tahun dengan adanya koma sebelum tahun.

Sedangkan pada format British, cara penulisan yang digunakan adalah tanggal-bulan-tahun tanpa adanya koma sama sekali, format yang sama seperti yang digunakan di Indonesia. Jadi, jika kamu menulis 12/03/21 atau 12-3-21, maka dengan gaya American akan dibaca 3 December 2021 dan dengan gaya British akan dibaca 12 March 2021. Beda sekali, bukan? Tetapi, untuk menghindari kesalahan dalam membaca tanggal, bulan, dan tahun, kamu bisa menulisnya dengan format yang berbeda agar lebih mudah dipahami, seperti berikut:

Gaya American       : March 12, 2021 dibaca march the twelfth two thousand twenty one

Gaya British            : 12th March 2021 dibaca the twelfth of march two thousand and twenty one.

Penulisan Tanggal, Bulan, dan Tahun yang Benar dalam Bahasa Inggris Berdasarkan Tingkat Formalitas dan Kesopanan

Ibarat Bahasa Krama, Madya, dan Ngoko dalam budaya Jawa, penulisan tanggal, bulan, dan tahun dalam Bahasa Inggris juga memiliki tingkatan berdasarkan kesopanan dan formalitasnya. Ada beberapa versi penulisan tanggal, bulan, dan tahun dalam Bahasa Inggris yang bisa digunakan tergantung dengan tujuannya. Gaya Bahasa Inggris British dan American disini juga mempengaruhi, karena keduanya memiliki urutan penulisan tanggal, bulan, dan tahun yang berbeda. Berikut adalah contoh penulisan tanggal, bulan, dan tahun yang benar dalam bahasa inggris berdasarkan tingkat formalitas dan kesopanan:

FormatBritish (tanggal-bulan-tahun)American (bulan-tanggal-tahun)
A12th March 2021March 12th, 2021
B12 March 2021March 12, 2021
C12/3/20213/12/2021
D12/3/213/12/21
E12/03/2103/12/21

Format A merupakan format paling formal dalam penulisan tanggal, bulan, dan tahun menggunakan Bahasa Inggris, baik dalam British English maupun American English. Format ini biasanya dipakai dalam penulisan surat resmi, kedinasan, maupun undangan pernikahan. Sedangkan format B masuk dalam golongan penulisan secara umum. Sifatnya tidak terlalu formal, namun tetap menunjukkan rasa hormat serta sopan santun.

Semakin singkat penulisan tanggal, bulan, dan tahunnya, maka semakin santai pula penggunaanya, seperti pada format C, D, dan E. Format ini biasanya digunakan pada saat menulis surat personal untuk orang-orang terdekat, misalnya teman, pacar, keluarga, dan sejenisnya. Tetapi, format E juga bisa digunakan untuk tujuan semi resmi, biasanya digunakan untuk dokumen resmi, seperti faktur. Hampir mirip dengan format B, namun dengan versi penulisan yang lebih singkat.

 Baca Juga: Pengertian Teks Narasi, Jenis, Ciri-Ciri, Struktur, dan Contoh Lengkapnya

Penulisan Tanggal, Bulan, dan Tahun yang Benar dalam Bahasa Inggris Menurut Standar Internasional

Banyaknya versi penulisan tanggal, bulan, dan tahun pada beberapa negara membuat International Organization for Standardization (ISO) membuat ISO 8601 sebagai standar penulisan tanggal, bulan, dan tahun dalam Bahasa Inggris yang bisa diterima di seluruh dunia. ISO 8601 pada dasarnya merupakan suatu standar internasional yang mengatur pertukaran data terkait tanggal dan waktu. Standar tersebut bertajuk ‘Data Elements and Interchange Formats—Information Interchange—Representation of Dates and Times’ atau Elemen dan Format Pertukaran Data—Pertukaran Informasi—Representasi Tanggal dan Waktu. ISO 8601 ini mengatur standar penulisan tanggal, bulan, dan tahun dengan format YYYY-MM-DD atau tahun-bulan-tanggal, contohnya: 2021-03-12.

Standar ini dibentuk dengan tujuan untuk meminimalisir kesalahpahaman pada saat melakukan pertukaran data melintasi batas antar negara di seluruh dunia. ISO 8601 mengatur penulisan tanggal, bulan, dan tahun dengan format YYYY-MM-DD karena  standar ini mengatur data sehingga satuan waktu yang muncul pertama kali dalam untaian data adalah satuan waktu terbesar, yaitu tahun, kemudian dilanjutkan bulan, lalu hari atau tanggal dan berlanjut hingga satuan waktu paling kecil, yaitu detik.

ISO 8601 mengatur standar waktu dengan sistem 24 (dua puluh empat) jam dengan dua macam jenis format, yaitu format dasar atau basic format dan format panjang atau extended format. Format dasar (basic format) waktu adalah [hh] [mm] [ss] atau [jam] [menit] [detik]. Sedangkan format panjang (extended format) dalam ISO 8601 adalah [hh] : [mm] : [ss] atau [jam] : [menit] : [detik].

Nah, itu dia pembahasan lengkap tentang penulisan tanggal, bulan dan tahun dalam bahasa Inggris. Ternyata ada banyak sekali ya format penulisannya. Tetapi kamu tidak perlu bingung, karena penulisannya di seluruh dunia sudah diatur oleh ISO 8601. Semoga dengan membaca artikel ini dapat membantumu.