Bagi para penggemar kegiatan baca dan ingin menambah bahan bacaan pribadi, dijamin merasa senang atas digelarnya acara Book Fair. Acara Book Fair kali ini merupakan acara yang diselenggarakan oleh IKAPI Daerah Jawa Tengah. 

Oleh IKAPI Daerah Jawa Tengah kemudian menggandeng Youth Reinforcement Program mengadakan acara Book Fair tersebut. Kerjasama ini kemudian berhasil menyelenggarakan Book Fair di Solo Youth Edutech Festival 2022. 

Book Fair IKAPI Daerah Jawa Tengah 

Book Fair IKAPI Daerah Jawa Tengah 3 (1)

Memasuki akhir bulan Oktober 2022, IKAPI Daerah Jawa Tengah telah berhasil menjalin kerjasama dengan  Youth Reinforcement Program. Kerjasama ini kemudian mendukung pelaksanaan kegiatan Book Fair yang diselenggarakan di Solo Youth Edutech Festival 2022. 

Acara book fair atau bazar buku ini sendiri rencananya akan diselenggarakan pada 29-30 Oktober 2022 di Solo Square. Dalam kegiatan ini ada banyak penerbit dan toko buku ikut berpartispasi. Salah satunya adalah penerbit deepublish asal Yogyakarta. 

Dalam acara tersebut, penerbit deepublish membuka tenant yang menyediakan sejumlah buku terbitannya. Mayoritas adalah buku-buku pendidikan yang menyasar pembaca kalangan pelajar, mahasiswa, dan juga guru maupun dosen. 

Tak hanya itu saja, penerbit deepublish juga melengkapi koleksinya di ajang Book Fair tersebut dengan beberapa buku inspiratif dan motivasi. Ada beberapa jenis buku yang menarik untuk dibaca supaya bisa menambah wawasan dan pengetahuan. 

Dalam acara yang bertajuk “Bazar Buku Solo Youth Edutech Festival 2022” ini sendiri memiliki beberapa tujuan. Diantaranya adalah: 

1. Pameran dan Bazar Buku

Tujuan pertama dari penyelenggaraan “Bazar Buku Solo Youth Edutech Festival 2022” adalah sesuai tajuk acaranya sendiri. Yakni untuk menggelar acara pameran dan bazar buku. 

Lebih tepatnya adalah kegiatan pameran buku dimana ada banyak tenant yang berasal dari berbagai penerbit terkemuka di daerah Jawa Tengah. Kemudian diselenggarakan juga bazar buku yang menawarkan buku berkualitas dengan harga lebih ekonomis kepada para pengunjung. 

2. Wadah Pengembangan Diri Anak Muda

Acara yang digelar di mall Solo Square ini juga bertujuan menjadi wadah bagi anak muda di Solo dan sekitarnya untuk bisa melakukan pengembangan diri. Pihak penyelenggara kemudian menyediakan beberapa zona di area pameran dan bazar. 

Area-area ini kemudian memiliki beberapa fokus untuk mendukung pengembangan diri anak-anak muda. Misalnya Zona Intrapersonal yang bisa mendorong para anak muda selaku pengunjung acara untuk mengenal diri sendiri. 

Dalam zona ini, para pengunjung bisa mengetahui bagaimana menilai kemampuan diri, bagaimana agar bisa lebih percaya diri, dan kemudian paham juga bagaimana mengendalikan emosi negatifnya secara positif agar bisa terus berprestasi. 

3. Wadah Kolaborasi Anak Muda 

Acara yang juga dihadiri oleh Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka ini juga bertujuan menjadi wadah kolaborasi anak muda. Yakni melalui penyediaan beberapa zona untuk mendorong kolaborasi dan kreativitas anak muda di Solo dan sekitarnya. 

Contohnya adalah Zona Ekonomi Kreatif yang membantu para pelaku usaha di bidang kreatif membuka tenant dan memperkenalkan produk maupun brand perusahaan mereka. 

Dalam acara yang digagas oleh IKAPI Daerah Jawa Tengah ini sendiri sudah diisi oleh usaha ekonomi kreatif di bidang desain; perfilman, video dan fotografi; Industri musik, Penerbitan dan Percetakan.

4. Memeriahkan Acara Solo Great Sale 

Acara Bazar Buku Solo Youth Edutech Festival 2022 juga memiliki tujuan untuk ikut serta memeriahkan acara Solo Great Sale (SGS). SGS sendiri adalah ajang ajang belanja dengan diskon besar-besaran selama satu bulan penuh di kota Solo. 

Acara SGS ini diketahui diselenggarakan mulai Minggu, 25 Oktober 2022 sampai Minggu, 30 Oktober 2022. Atau selama lima hari, dan untuk memeriahkannya pihak IKAPI Daerah Jawa Tengah menggelar acara di Solo Square tersebut. 

5. Memeriahkan Hari Sumpah Pemuda 

Tak hanya itu saja, penyelenggaraan Bazar Buku Solo Youth Edutech Festival 2022 juga bertujuan untuk memeriahkan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober 2022. 

Rencana awal, kegiatan pameran dan bazar buku ini diselenggarakan pada 28 Oktober 2022. Namun kemudian karena satu dan lain hal diputuskan untuk diundur sehari, yakni pada tanggal 29 Oktober 2022 dan berlangsung lancar. 

Ragam Zona untuk Pengembangan Diri Anak Muda 

Acara Bazar Buku Solo Youth Edutech Festival 2022 sendiri pada dasarnya merupakan bagian dari acara Solo Youth Edutech Festival 2022 atau SYEF 2022. Dalam acara ini, memang menyasar kalangan anak muda agar bisa mengembangkan diri. 

Mendukung tujuan tersebut, maka area pameran dan bazar kemudian dibagi menjadi beberapa zona yang menyesuaikan kebutuhan anak muda dalam mengembangkan diri. Zona-zona yang dimaksudkan antara lain: 

1. Zona Intrapersonal 

Zona yang pertama adalah Zona Interpersonal, yaitu zona yang meliputi pengembangan intrapersonal skill atau kemampuan untuk mengenali diri sendiri. Melalui zona ini diharapkan, para anak muda yang berkunjung bisa mengenal diri sendiri. 

Misalnya bisa mengenal potensi yang dimiliki sehingga bisa dikembangkan. Kemudian bisa juga menjadi zona terbaik bagi anak muda untuk bisa lebih percaya diri dengan diri dan kemampuannya. 

2. Zona Intrapersonal 

Berikutnya adalah Zona Intrapersonal yang mendorong anak muda mengembangkan intrapersonal skill. Interpersonal skill merupakan kemampuan seseorang untuk melakukan komunikasi untuk membangun dan menjaga hubungan yang efektif.

Kemampuan interpersonal yang tinggi memungkinkan individu untuk menangani dan memecahkan permasalahan dalam organisasi. Interpersonal skill meliputi problem solving, kepemimpinan, public speaking dan manajemen konflik.

3. Zona Ekonomi Kreatif 

Zona berikutnya adalah Zona Ekonomi Kreatif, sesuai namanya zona ini ditujukan untuk menggelar pameran ekonomi kreatif yang ditekuni anak muda. Sekaligus mendorong lebih banyak anak muda terjun di bidang ekonomi kreatif. 

Ekonomi kreatif merupakan proses ekonomi yang termasuk kegiatan produksi dan distribusi barang serta jasa di dalamnya yang membutuhkan gagasan dan ide kreatif serta kemampuan intelektual dalam membangunnya.

4. Zona Digital 

Zona Digital adalah zona yang mendorong para anak muda untuk mengasah keterampilan digital atau digital skill yang dimiliki. Yakni sebuah keterampilan yang membuat anak muda bisa menguasai teknologi masa kini untuk berbagai kebutuhan. 

5. Zona Go Global 

Terakhir adalah Zona Go Global yang mendorong anak muda di Solo bahkan di Indonesia untuk menjadi masyarakat internasional. Khususnya dalam melaksanakan kegiatan usaha agar bisa memasarkan produk ke pasar dunia. 

Ragam Acara yang Diselenggarakan 

Acara bertajuk Bazar Buku Solo Youth Edutech Festival 2022 sendiri kemudian tidak hanya berisi ajang pameran dan bazar buku saja. Dalam penyelenggaraannya ada banyak ragam acara mewarnai dua hari pelaksanaannya. Berikut detailnya: 

  1. Rembug Enom – Gibran Rakabuming Raka (Walikota Surakarta) 
  2. Self Development – Adeline Windy (Certified Yoga Teacher) 
  3. Leadership for Millennials & Gen Z – Shafira Al-Farisi (Founder Beasiswa 10.000) 
  4. Personal Branding – Fauzan Al-Rasyid (Influencer Bahasa) 
  5. Bedah Buku – Rangga Almahendra (penulis 99 cahaya di langit eropa) 
  6. Serba Serbi Tes Bahasa Inggris – Direct English Solo 
  7. UMKM Menembus Pasar Global – Solo Creative Space/Solopreneur 
  8. F&B Bisnis – Solo Tourism Academy 
  9. Marketing Strategic- MarkPlus. 

Selain yang disebutkan, juga ada kegiatan lomba yang diikuti para peserta dari kalangan pelajar SMA di kota Solo dan Sekitarnya. Acara besar untuk anak muda ini diharapkan bisa mencapai tujuannya dan bisa diselenggarakan rutin setiap tahunnya. 



Tahukah Anda bahwa salah satu cara untuk meningkatkan poin KUM adalah menerbitkan buku. Aturan ini tertuang dalam PO PAK 2019.

Sayangnya, kesibukan dalam mengajar, membuat dosen lupa dengan kewajiban lainnya yaitu mengembangkan karir. Maka dari itu, Penerbit Deepublish hadir untuk membantu para dosen meningkatkan poin KUM dengan menerbitkan buku.

Kunjungi halaman Daftar Menerbitkan Buku, agar konsultan kami dapat segera menghubungi Anda.

Selain itu, kami juga mempunyai E-book Gratis Panduan Menerbitkan Buku yang bisa membantu Anda dalam menyusun buku. Berikut pilihan E-Book Gratis yang bisa Anda dapatkan: