fbpx

Menilik Lebih Lengkap Tentang Buku Biografi dan Cara Membuatnya

cara menulis biografi pdf penerbit deepublish
Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Ada beragam tema buku yang biasa kita temui. Mulai dari yang fiksi hingga non fiksi. Beragam jenis pula yang bisa kita temui, mulai dari novel, komik, antologi, dongeng, novelet, jurnal/diary, karya ilmiah, panduan, kamus, hingga biografi. Tentu semuanya memiliki ciri khasnya masing-masing sehingga dalam penulisannya pun berbeda. Biografi misalnya, buku biografi merupakan jenis buku yang menceritakan tentang kisah atau keterangan kehidupan seseorang.

Sebuah biografi lebih kompleks daripada sekadar daftar tanggal lahir atau mati dan data-data pekerjaan seseorang. Biografi juga bisa bercerita tentang perasaan yang terlibat dalam mengalami kejadian-kejadian. Biografi bisa ditulis oleh siapa saja, namun jika biografi ditulis sendiri oleh tokohnya dinamakan autobiografi.

Struktur Biografi

Terdapat tiga baik struktur teks biografi. Hal tersebut mengacu pada pengertian biografi, yakni orientasi, peristiwa dan masalah, lalu reorientasi. Secara umum begini penjelasannya:

Orientasi, yaitu bagian dalam tulisan biografi yang berisi tentang pengenalan tokoh atau gambaran awal mengenai tokoh yang sedang diceritakan.

Peristiwa dan Masalah, yaitu bagian dalam tulisan biografi yang berisi mengenai peristiwa yang pernah dialami oleh tokoh. Ini termasuk masalah yang dihadapi dalam upaya mencapai tujuan, serta pengalaman yang menginspirasi yang dialami oleh tokoh.

Reorientasi, yaitu bagian penutup dari sebuah biografi dan sifatnya opsional saja. Pada bagian ini penulis memberikan pandangannya terhadap tokoh yang diceritakan di dalam biografi tersebut.

Ciri-Ciri Biografi

Kita dapat mengenali suatu tulisan biografi dengan memperhatikan karakteristiknya. Adapun ciri-ciri biografi adalah sebagai berikut:

Biografi memiliki struktur baku dalam pembuatannya, meliputi orientasi, reorientasi, dan peristiwa. Isi biografi dibuat berdasarkan fakta (faktual) sesuai dengan kisah hidup tokoh yang diceritakan. Gaya penulisan biografi dibuat dalam bentuk narasi sehingga lebih menarik untuk dibaca.

isi buku biografi penerbit deepublish

Terdapat kisah yang menarik dan menginspirasi dalam kehidupan tokoh biografi sehingga dapat mempengaruhi pembaca. Biografi juga mengandung hal-hal yang dapat memotivasi seseorang sehingga mencontoh atau meneladani kehidupan tokoh dalam biografi tersebut.

Jenis-Jenis Biografi

Biografi dapat dibedakan ke dalam tiga kelompok. Sesuai dengan pengertian biografi di atas, adapun beberapa jenis biografi adalah sebagai berikut:

  1. Biografi Berdasarkan Izin Penulisan 

    Authorized Biography, yaitu suatu biografi yang penulisannya telah mendapatkan izin atau sepengetahuan dari tokoh yang akan diceritakan kisah hidupnya.Unauthorized Biography, yaitu suatu biografi yang penulisannya tidak atas izin dan sepengetahuan tokoh yang akan diceritakan kisah hidupnya. Umumnya penulisan unauthorized biography dilakukan karena tokoh yang akan diceritakan telah wafat.

  2. Biografi Berdasarkan Isinya
    Biografi Perjalanan Hidup, yaitu biografi yang isinya tentang perjalanan hidup seorang tokoh secara lengkap atau mengambil beberapa bagian dari perjalanan hidup yang dianggap berkesan.Biografi Perjalanan Karir, yaitu biografi yang isinya tentang perjalanan karir seorang tokoh mulai dari awal hingga karir yang dilakukan saat ini. Atau dapat juga menceritakan perjalanan karir seorang tokoh dalam mencapai kesuksesan tertentu.
  3. Biografi Berdasarkan Masalah yang Dibahas
    Biografi Politik, yaitu biografi yang isinya tentang kisah hidup tokoh suatu Negara dilihat dari sudut pandang politik. Meskipun melalui riset, pada umumnya biografi politik mengandung sarat akan kepentingan penulis atau tokoh yang diceritakan.Biografi Intelektual, yaitu biografi yang isinya menjelaskan kisah hidup tokoh intelektual dilihat dari sudut pandang ilmiah. Biografi intelektual dibuat melalui berbagai riset dan penulisannya menggunakan bahasa ilmiah.

    Berdasarkan jurnalistik, yaitu biografi yang penulisannya didapatkan dari hasil wawancara langsung dengan tokoh yang akan ditulis kisahnya.

  4. Biografi Berdasarkan PenerbitBuku sendiri, yaitu suatu biografi tokoh yang dijadikan buku oleh penerbit dengan biaya produksi mulai dari penulisan, percetakan dan pemasaran ditanggung sendiri. Tujuan dari penulisan biografi ini adalah untuk dijual dipasaran atau mendapatkan perhatian publik.

    Buku subsidi, yaitu biografi tokoh yang biaya penulisannya dan produksinya ditanggung oleh sponsor. Jika dilihat dari sisi komersil, biografi seperti tidak akan laku atau harga jualnya terlalu tinggi sehingga tidak terjangkau.

Penulisan Biografi

Dalam penulisan biografi terdapat cara-cara yang akan mempermudah Anda dalam menulis. Berikut ini penjelasannya:

Tentukan Tokoh

Hal pertama yang harus dipikirkan saat menulis buku biografi adalah tokoh yang ditulis. Berbeda dengan dengan autobiografi, dalam buku biografi Anda harus mengkonfirmasi terlebih dahulu siapa tokoh yang akan Anda tulis. Apakah masih hidup ataupun sudah wafat, pertimbangannya daripada keduanya sangat berbeda. Maka sebelum menulis buku biografi, pertimbangkan dulu tokoh siapakah yang tepat.

Mengumpulkan Data

Pada proses penyusunannya, kita terlebih dahulu harus mengumpulkan data atau referensi melalui teknik wawancara atau pengumpulan bahan literatur. Pengumpulan bahan literatur tersebut bisa diperoleh dari berbagai informasi yang tersedia di media atau orang-orang terdekatnya. Kita bisa mencari dari kliping, surat kabar, majalah, ataupun internet. Kita juga bisa menggunakan teknik wawancara kepada tokoh bersangkutan atau orang-orang terdekat si tokoh. Teknik wawancara bertujuan untuk menggali berbagai informasi yang lebih mendalam terhadap tokoh yang kita angkat. Apabila tokoh yang kita angkat sudah meninggal, maka wawancara bisa dilakukan dengan orang atau kerabat dekat dari tokoh yang kita angkat.

cara membuat biografi teman penerbit deepublish

Kumpulkan bahan utama dan pendukung sebanyak-banyaknya. Pada sesi pertama ini Anda dapat berfokus kepada kuantitas bahan terlebih dahulu. Biasanya dibutuhkan waktu 2 sampai satu bulan penuh untuk mendapatkan segala sumber untuk penulisan biografi. Waktu dapat lebih singkat ataupun lebih lama tergantung tingkat eksitensi dan influensi tokoh tersebut. Sumber data juga dapat berasal dari video, foto-foto jurnal, dan hardcopy atau softcopy.

Temukan Fakta-fakta Utama

Setelah menemukan bahan, temukan fakta-fakta unik, menarik, dan utama dari kisah hidup seorang yang kita angkat. Fakta tersebut menjadi penting untuk diungkap karena peristiwa penting tersebut dapat berdampak pada kehidupan, baik tindakan atau pemikiran dari tokoh yang kita angkat.

Tentukan Bagian Penting

Selanjutnya, aspek penting lain yang perlu kita ketahui adalah menentukan bagian penting dari kehidupan tokoh yang kita angkat. Berhubung buku yang kita buat adalah model biografi, maka menjadi penting bagi kita untuk menceritakan kisah hidup seseorang secara kronologis. Artinya waktu menjadi salah satu indikator yang bisa kita gunakan untuk mengurutkan setiap peristiwa yang dialami oleh tokoh yang kita angkat.

Tentukan Daya Tarik Tokoh yang Kita Angkat

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan daya tarik dari tokoh yang diangkat. Terlepas dari terkenal atau tidaknya tokoh yang kita angkat, kita harus memiliki argument kuat mengapa tokoh yang kita pilih perlu diangkat. Dengan kata lain, mengapa masyarakat perlu tahu tentang tokoh yang akan kita angkat tersebut. Misalnya, bagaimana pemikiran demokrasi Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Sebagian besar mungkin kita menilai bahwa seorang sultan adalah sosok feodal dengan sistem monarki, namun berbeda ketika kita membaca kisah Sri Sultan HB IX yang menjunjung pemikiran demokrasi.


Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara GRATIS. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini. atau Anda bisa langsung Kirim Naskah dengan mengikuti prosedur berikut ini: KIRIM NASKAH

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang menulis buku, Anda dapat melihat artikel-artikel kami berikut:

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS disini!

Kontributor: Novia Intan


Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

PENERBIT BUKU DEEPUBLISH​

hubungi deepublish

kantor deepublish

Situs ini adalah milik Penerbit Buku Deepublish dengan tujuan untuk membantu para calon penulis buku dalam menyelesaikan serta menyempurnakan naskah bukunya.

Pada situs ini pula Penerbit Buku Deepublish menawarkan kerjasama spesial yang sangat mudah, cepat, transparan, dan tentunya menguntungkan kepada para pendidik Indonesia.

Segala gambar dan konten yang digunakan memiliki hak cipta dari pemiliknya masing-masing. Situs ini dapat diakses secara gratis oleh seluruh netizen di Indonesia.

Klik tombol dibawah ini untuk mengubungi Penerbit Buku Deepublish.

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581 

Telp/Fax kantor : (0274) 453-3427​

Kritik/Saran Pelayanan 1 : 0821 – 3533 – 8522
Kritik/Saran Pelayanan 2 : 0822 – 1148 – 9554

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© Penerbit Buku Deepublish