4 Tempat yang Mungkin Cocok Untuk Menulis Buku

menulis buku

Dalam menulis buku, tempat di mana Anda menulis menjadi salah satu faktor eksternal yang akan menentukan mood ketika menulis.

Menulis buku pada dasarnya adalah aktivitas panjang yang sebenarnya melelahkan. Tidak hanya membutuhkan banyak waktu untuk menyelesaikan tulisan Anda, menulis buku juga akan menyita banyak energi untuk melakukan pengumpulan dan pemetaan terhadap data yang Anda miliki. Selain itu, Anda juga perlu mengumpulkan mood yang baik ketika membuat buku. Artinya faktor internal (mood) juga akan berdampak pada kualitas tulisan yang Anda buat. Ketika mood sedang tidak baik, maka Anda akan merasa terpaksa ketika menulis buku. Kondisi tersebut pada akhirnya akan berdampak pada keruntutan tulisan yang Anda buat. Bisa jadi ada beberapa bagian yang kemudian tidak konsisten akibat mood buruk yang Anda paksakan untuk terus menulis. Di sisi lain, mood pada dasarnya juga tidak hanya dipengaruhi oleh diri Anda sendiri, tetapi juga ada faktor lain yang mempengaruhi mood Anda.

Kejadian atau peristiwa yang Anda alami setiap hari pada dasarnya akan berpengaruh besar pada mood yang Anda miliki saat itu, terutama setelah peristiwa tersebut terjadi. Sebagai contohnya, mood akan runtuh ketika Anda sempat dimarahi oleh dosen karena ketidaksabaran Anda terhadap mereka. Kemarahan yang mereka lampiaskan kepada Anda tentu akan berdampak pada perasaan Anda. Secara tidak langsung, mood Anda juga akan menjadi buruk sehingga tidak bisa melakukan hal-hal yang dianggap serius, termasuk untuk membuat tulisan. Kondisi tersebut akan berbeda ketika Anda baru saja mendapatkan kejutan dari teman-teman dekat Anda. Kejutan tersebut tentu membawa mood baik karena Anda bahagia atas kejutan yang diberikan teman dekat Anda. Dengan kata lain, mood pada dasarnya juga dipengaruhi oleh faktor eksternal yang Anda alami.

Salah satu faktor eksternal yang tidak kalah penting adalah tempat di mana Anda akan menyelesaikan tulisan Anda. Tidak sedikit orang yang mengakui bahwa tempat menjadi pertimbangan penting ketika mereka ingin menulis buku. Hal penting lain yang perlu Anda ketahui yaitu setiap orang pada dasarnya memiliki kriteria tempat yang nyaman untuk menulis. Ada sebagian orang yang lebih suka menulis di tempat yang cenderung sepi, tetapi ada juga mereka yang lebih suka menulis di tempat yang lebih rame. Fenomena tersebut muncul karena pada dasarnya setiap orang memiliki seleranya masing-masing. Apabila tempat yang diinginkan tersebut bisa diraih, maka hal tersebut secara tidak langsung juga akan berdampak pada mood yang terbangun. Ketika mood tersebut pada titik yang baik, maka proses pengerjaan tulisan juga akan semakin baik. Kondisi tersebut pada akhirnya akan menghasilkan tulisan yang berkualitas.

Berkaca dari hal tersebut, tulisan ini selanjutnya akan membahas beberapa tempat yang bisa digunakan untuk mengerjakan tulisan yang ingin Anda buat.

  1. Taman

Taman adalah salah satu tempat menarik yang untuk dikunjungi. Biasanya taman digunakan sebagai tempat untuk refreshing atau menghabiskan waktu, baik di pagi ataupun sore hari. Di beberapa negara maju, seperti di Eropa, taman menjadi tempat favorit yang bisa digunakan untuk mengerjakan tugas. Tidak sedikit orang-orang yang melakukan aktivitas menulis buku di tempat tersebut. Hal itu tidak dapat dilepaskan dari sifat taman itu sendiri yang cenderung sejuk dan teduh sehingga membuat pengunjung yang datang merasa cukup nyaman untuk menghabiskan waktu. Selain itu, taman dengan pemandangan yang indah juga akan memberikan inspirasi tersendiri bagi Anda ketika menulis. Artinya Anda akan bisa menemukan banyak inspirasi di tempat seperti taman dengan pemandangan yang indah. Di Indonesia pada dasarnya masih belum banyak taman yang nyaman untuk dijadikan tempat untuk menulis. Oleh karena itu, Anda perlu pandai untuk memilih taman yang layak untuk dijadikan tempat menulis.

 

  1. Café

Tempat lain yang juga menarik untuk dijadikan referensi adalah café. Setiap café yang ada di wilayah Anda biasanya akan memiliki corak yang berbeda. Artinya ada café-café yang memang dikhususkan bagi mereka yang ingin menjadikannya sebagai tempat untuk mengerjakan berbagai pekerjaan, khususnya dalam hal menulis atau mengerjakan tugas. Café menjadi tempat referensi menarik karena sifatnya tempatnya yang cenderung nyaman dan santai. Artinya tempat tersebut tidak terlalu formal dan memang diperuntukkan bagi mereka yang ingin ‘ngobrol’ santai ataupun mengerjakan tugas. Selain itu, setiap café biasanya juga memiliki fasilitas yang menunjang seperti wifi ataupun menu makanan dan minuman yang ditawarkan. Bahkan ada beberapa café yang memang dibuka dalam waktu 24 jam sehingga memungkinkan orang untuk mengerjakan tugas hingga larut malam. Fasilitas itulah yang kemudian menunjang aktivitas Anda ketika mengerjakan sesuatu.

 

  1. Perpustakaan

Perpustakaan menjadi salah satu tempat yang bisa jadi nyaman untuk dijadikan referensi dalam mengerjakan tugas. Adapun perpustakaan yang dimaksud bisa berarti perpustakaan daerah ataupun kampus. Hal tersebut menjadi cocok untuk dijadikan tempat menulis karena fasilitas yang ada di dalamnya. Selain biasanya menyediakan fasilitas wifi, perpustakaan juga menawarkan fasilitas ruangan yang nyaman untuk ditempati. Suasana yang cenderung kondusif dan tidak ramai menjadi salah satu pertimbangan mengapa perpustakaan menjadi tempat yang layak untuk dijadikan referensi. Meskipun demikian, perpustakaan tidak bisa memberikan waktu yang relatif lama bagi pengunjungnya. Dengan kata lain, Anda tidak bisa mengerjakan berbagai pekerjaan di perpustakaan hingga larut malam. Tidak sedikit perpustakaan yang hanya buka sampai sore hari. Oleh karena itu, tempat ini memiliki kekurangan pada aspek ketersediaan waktu yang ditawarkan kepada pengunjung.

 

  1. Rumah

Tempat terakhir yang bisa dijadikan referensi untuk menulis buku adalah rumah. Rumah pada dasarnya bisa menjadi pilihan pertama dan sekaligus terakhir yang bisa Anda gunakan untuk mencari kenyamanan dalam menulis. Tidak sedikit orang yang mengakui bahwa tempat ternyaman untuk menulis adalah di rumah sendiri. Suasana yang sudah biasa Anda hadapi menjadi alasan kuat mengapa rumah menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan tempat ketika menulis buku. Ketika Anda sedang melakukan aktivitas menulis, rumah pada dasarnya juga menyediakan berbagai fasilitas yang Anda butuhkan seperti internet (bila Anda memasang), makanan, dan minuman. Anda bisa juga bisa menentukan berbagai hal yang ingin Anda lakukan di rumah yang membuat Anda semakin nyaman untuk melakukan aktivitas kepenulisan. Oleh karena itu, banyak orang yang menyelesaikan pekerjaannya di rumah daripada di kantor.

Untuk membuat tempat Anda untuk menulis semakin nyaman, maka salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah merapikan tempat kerja Anda sendiri. Akan menjadi lebih menyenangkan apabila Anda memiliki ruangan kerja sendiri di dalam rumah. Ruangan kerja tersebut tentu akan difungsikan untuk tempat menulis buku. Bahkan Anda bisa mendesain ruangan Anda sesuai dengan selera Anda masing-masing, mulai dari warna cat hingga berbagai aksesoris yang membuat Anda nyaman. Apabila tempat kerja Anda berada di dalam kamar Anda sendiri, Anda juga pada dasarnya bisa mendesain kamar Anda sesuai dengan keinginan Anda. Rumah sebagai tempat tinggal Anda justru bisa Anda ubah sesuai dengan keinginan Anda dalam rangka menunjang kinerja Anda dalam menghasilkan buku. Dengan demikian, Anda akan bisa selalu terpacu untuk menghasilkan tulisan yang berkualitas karena mood Anda juga akan dipengaruhi oleh tempat dimana Anda berada.

[Bastian Widyatama]

 



This post has been seen 665 times.
(Visited 91 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *