Promo Terbatas! ⚠️

Cetak buku diskon 35%, bonus tambahan eksemplar dan gratis ongkir se-Indonesia, MAU? Ambil diskon di sini!

⚠️ Cetak buku diskon 35% dan gratis ongkir se-Indonesia, MAU? Ambil diskon di sini!

Cara Download Buku di Google Books, Versi Gratis dan Berbayar

cara download buku di google books

Kesulitan menemukan referensi buku saat menulis karya ilmiah? Jika Anda paham cara download buku di Google Books maka Anda dijamin tidak akan kesulitan lagi. Google Books bisa dijadikan tujuan untuk menemukan referensi buku dalam versi elektronik yang dijamin kredibel. 

Nah, sayangnya Google Books dikenal tidak menyediakan ebook gratis. Benarkah demikian? Ternyata tidak, sebab di Google Books juga bisa menemukan ebook yang sifatnya gratis. Yuk, simak penjelasan berikut agar tahu cara downloadnya! 

Apakah Buku di Google Books Gratis?

Bagi penulis, mencari referensi menjadi kebutuhan dan kewajiban yang akan membantu meningkatkan kualitas dari karya tulisnya. Mencari referensi di masa sekarang ternyata tak susah, apalagi sejak ada internet yang terus berkembang. 

Anda bahkan bisa menemukan referensi dalam format elektronik, contohnya adalah ebook. Namun, bisa tidak ya mendapatkan ebook gratis tapi dijamin kredibel? Jawabannya adalah bisa! Anda bisa mendapatkan ebook gratis di Google Books. 

Google Books adalah layanan pencari buku yang disediakan oleh Google. Anda hanya bisa menemukan buku resmi yang berbentuk elektronik atau ebook di Google Books. Menariknya, Google Books menawarkan juga buku-buku yang sudah susah ditemukan versi cetaknya. 

Lalu, apakah cara download buku di Google Books ini gratis? Dikutip dari situs jalantikus.com, dijelaskan bahwa koleksi buku di Google Books ada yang bersifat gratis dan berbayar. 

Pada ebook berbayar, para pengguna akan diberi akses gratis ke halaman pratinjau. Nah, ketika ingin membaca ebook tersebut dengan lengkap. Barulah muncul kewajiban untuk membelinya. Namun, ada juga ebook yang memang bisa didownload gratis. 

Apakah Buku di Google Books Bisa Didownload?

Pertanyaan yang cukup sering diajukan terkait Google Books adalah bisa tidaknya ebook disini didownload? Jawabannya adalah bisa. Ebook di Google Books ada yang bisa didownload, terkhusus untuk ebook gratis.

Sedangkan untuk ebook berbayar, tombol download akan muncul jika sudah membayar harga buku tersebut sesuai prosedur dari pihak Google Books. Jadi, saat Anda mampir ke Google Books silakan perhatikan status ebook yang dicari, apakah gratis atau berbayar. 

Jika ingin mendownload ebook tersebut, maka saat ebook ini gratis bisa langsung dilakukan. Sebaliknya, saat ebook ini sifatnya berbayar maka mau tidak mau harus membelinya dulu. Baru kemudian ebook tersebut bisa didownload dan tersimpan di perangkat pribadi Anda. 

Selain buku, jurnal juga digunakan untuk referensi. Pertanyaannya, apakah jurnal yang Anda gunakan sudah terpercaya dan memiliki kualitas bagus?

Ketahui ciri-ciri jurnal kredibel dan daftar website untuk menemukan jurnalnya:

Cara Download Buku di Google Book

Lalu, seperti apa cara download buku di Google Books? Nah, seperti yang dijelaskan di awal disini ada dua versi, yakni gratis dan berbayar, dimana masing-masing punya cara download yang berbeda. Berikut penjelasannya: 

1. Cara Download Buku Gratis di Google Books 

Opsi pertama adalah download ebook gratis di Google Books. Simak cara download buku gratis di Google Books:

  1. Buka browser di perangkat Anda dan akses laman https://play.google.com/store/books?hl=en-ID. Awali dengan login ke email di gmail dulu untuk kemudahan download ebook. 
  2. Pada kolom pencarian, ketik judul buku atau bidang keilmuan. Tambahkan keterangan “free”. Klik tombol “Enter” di keyboard. 
ketik keyword di menu pencarian
  1. Hasil pencarian akan menampilkan ebook dengan keterangan”free” alias gratis. Lalu, klik gambar atau judul ebook yang dirasa sesuai. 
  2. Klik tombol “Get for Free” untuk mendownload. Selesai dan ebook bisa dibaca!
download melalui tombol "Get for Free"

2. Cara Download Buku Berbayar di Google Books 

Opsi kedua adalah cara download ebook di Google Books yang sifatnya berbayar. Begini cara download buku berbayar di Google Books:

  1. Buka browser dan akses laman https://play.google.com/store/books?hl=en-ID
  2. Pada kolom pencarian silahkan ketik judul buku, nama pengarang, atau bidang keilmuan buku tersebut. Semakin spesifik semakin relevan hasil pencarian. 
  3. Klik judul buku yang dirasa sesuai. 
  4. Klik tombol “Buy” dan lakukan pembayaran.
Beli melalui tombol "Buy"
  1. Klik tombol “Download” yang sudah tersedia. Selesai dan ebook bisa Anda baca!

TERNYATA, Anda juga bisa mencari buku PDF di Google langsung, lo. Ikuti 6 cara mencari referensi buku di Google. Praktis, tinggal download!

Dari penjelasan cara download ebook untuk referensi di Google Books tersebut, tentu Anda akan semakin mudah menemukan ebook legal dan gratis. Jika ada pertanyaan terkait topik ini, tulis di kolom komentar, ya!

Yuk, bagikan artikel ini ke komunitas Anda dengan mengklik tombol share agar sama-sama tau informasi bermanfaat ini.

Mau menulis tapi waktu Anda terbatas?

Gunakan saja Layanan Parafrase Konversi!

Cukup siapkan naskah penelitian (skripsi, tesis, disertasi, artikel ilmiah atau naskah lainnya), kami akan mengonversikan jadi buku yang berpeluang memperoleh nomor ISBN!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

logo deepublish

Penerbit Deepublish adalah penerbit buku yang memfokuskan penerbitannya dalam bidang pendidikan, pernah meraih penghargaan sebagai Penerbit Terbaik pada Tahun 2017 oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).

Kritik/Saran Pelayanan  : 0811-  2846 – 130

Alamat Kantor

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581

Telp/Fax kantor : (0274) 283-6082

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© 2024 All rights reserved | Penerbit Buku Deepublish - CV. Budi Utama