Promo Terbatas! ⚠️

Cetak buku diskon 35%, bonus tambahan eksemplar dan gratis ongkir se-Indonesia, MAU? Ambil diskon di sini!

⚠️ Cetak buku diskon 35% dan gratis ongkir se-Indonesia, MAU? Ambil diskon di sini!

6 Cara Mencari Referensi Buku di Google (+Google Hack)

cara mencari referensi buku di google

Internet bisa menjadi andalan para akademisi untuk menemukan referensi buku, sudahkah mengetahui cara mencari referensi buku di Google? Sebab, selama ini tidak sedikit yang kesulitan menemukan referensi buku saat mencari di internet. 

Pada dasarnya, menemukan buku di internet memang butuh trik tersendiri. Sebab biasanya akan mengandalkan mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, dll yang tentu mengarahkan ke laman bukan ke file buku. Jadi, bagaimana solusinya? 

Cara Mencari Referensi Buku di Google 

Ada beberapa trik atau cara mencari referensi buku di Google yang bisa dicoba untuk langsung menemukan yang sesuai dan bisa diunduh. Berikut detail penjelasannya: 

1. Lewat Google Books 

Cara pertama untuk menemukan buku dari internet adalah melalui Google Books. Google Books biasanya dituju para pencari buku di internet dan para penulis untuk mempublikasikan karyanya. 

Disini bisa ditemukan banyak buku, hanya saja sebelum bisa diunduh dan dibaca isinya. Anda perlu membelinya terlebih dahulu. Memastikan isi buku sesuai kebutuhan, Anda bisa membaca halaman pratinjau yang disediakan. 

2. Mengunjungi Toko Buku Online

Cara mencari referensi buku di Google berikutnya adalah dengan mengetik nama toko buku online di kolom pencarian. Anda nantinya bisa terhubung dengan laman resmi toko buku tersebut dan bisa membeli buku yang dirasa sesuai. Misalnya Amazon, Gramedia, dll. 

3. Mengunjungi Perpustakaan Online 

Berikutnya adalah dengan mengunjungi laman perpustakaan online. Baik itu Perpusnas maupun perpustakaan daerah seperti iJakarta, iJogja, dll yang menyediakan buku-buku cetak maupun elektronik yang bisa dipinjam. 

4. Google Hack dengan Filetype 

Bagaimana jika ingin mendapatkan referensi buku secara gratis di Google? Anda bisa mencoba Google hack dengan mengetik “filetype” saat melakukan pencarian. Formatnya adalah bidang keilmuan buku – filetype – PDF (bisa doxc, doc, dll). 

Dengan format pencarian tersebut maka Google akan merekomendasikan buku dengan format file sesuai kebutuhan. Jika mencari ebook dengan format PDF, maka Google akan merekomendasikan format yang sesuai dan bisa diunduh. 

google hack keyword - filetype - pdf

5. Mencari Buku dari Daftar Pustaka Referensi 

Jika saat ini Anda menyusun skripsi atau mungkin melakukan penelitian dengan topik yang terbilang masih baru. Maka biasanya akan kesulitan menemukan referensi yang relevan, apalagi jika topik ini belum pernah atau jarang diangkat peneliti lain. 

Solusi atau cara mencari referensi buku di Google dengan kondisi ini adalah dengan mengandalkan daftar pustaka dari referensi yang digunakan. Berikut langkah-langkahnya: 

  1. Buka referensi yang Anda gunakan, jika jurnal silahkan buka jurnal tersebut. 
  2. Masuk ke bagian daftar pustaka dan cari buku yang dijadikan referensi, sebaiknya buku yang diterbitkan 5 tahun terakhir. 
  3. Copy judul buku tersebut lalu buka browser dan paste judul buku di kolom pencarian Google. 
  4. Jika menemukan  buku tersebut dalam format yang bisa diunduh, entah itu PDF atau doc dan docx. maka silahkan diunduh. Jika harus dibeli dulu maka baca bagian pratinjau sebelum membelinya agar dijamin relevan. 
  5. Lakukan berulang sampai menemukan referensi yang relevan dengan topik Anda. 

Itulah beberapa pilihan cara mencari referensi buku di Google, beberapa membantu mendapatkan buku dari internet secara gratis. Beberapa cara lainnya perlu membeli buku yang dimaksud atau yang berhasil ditemukan untuk bisa membaca dan menjadikannya referensi. Semoga bermanfaat. 

Selain buku, Anda juga membutuhkan referensid dari jurnal. Ketahui website, cara, hingga ciri-ciri jurnal yang kredibel yang bisa dijadikan referensi:

Mau menulis tapi waktu Anda terbatas?

Gunakan saja Layanan Parafrase Konversi!

Cukup siapkan naskah penelitian (skripsi, tesis, disertasi, artikel ilmiah atau naskah lainnya), kami akan mengonversikan jadi buku yang berpeluang memperoleh nomor ISBN!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

logo deepublish

Penerbit Deepublish adalah penerbit buku yang memfokuskan penerbitannya dalam bidang pendidikan, pernah meraih penghargaan sebagai Penerbit Terbaik pada Tahun 2017 oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).

Kritik/Saran Pelayanan  : 0811-  2846 – 130

Alamat Kantor

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581

Telp/Fax kantor : (0274) 283-6082

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© 2024 All rights reserved | Penerbit Buku Deepublish - CV. Budi Utama